Advertorial Bisnis Online

Unsur - unsur Iklan


Iklan adalah sebuah informasi yang bertujuan untuk mendorong membujuk memberikan pengaruh pada khalayak ramai atau banyak orang agar tertarik pada barang/jasa yang ditawarkan

Tujuan iklan

1. Memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu produk jasa.

2. Memengaruhi khalayak ramai tentang suatu produk jasa.

3. Menyarankan seseorang untuk membeli dan menggunakan suatu produk jasa yang diiklankan.

4. Memberi informasi tentang produk jasa.

5. Menarik khalayak ramai

Ciri-ciri iklan yang baik dan benar

1. Informatif

2. Komunikatif

3. Bahasanya singkat dan padat

4. Menarik

Bentuk iklan pun bermacam-macam:

1. Iklan Baris Iklan baris yaitu iklan kecil (singkat) berisi penawaran/informasi tentang sesuatu yang terdiri atas beberapa baris saja. Iklan baris disebut juga iklan mini.

Ciri-ciri iklan baris yaitu:

1. Terdiri atas 2 sampai 3 baris. Informasi yang terkandung di dalamnya hanya informasi penting soja. Ditulis secara singkat, padat, namun jelas.

2. Dikelompokkan sesuai dengan jenis barang atau jasa yang ditawarkan.

3. Berupa kalimat-kalimat pendek dan biasanya menggunakan singkatan singkatan untuk menghemat tempat.

4. Sebagian iklan baris dilengkapi dengan gambar ukuran kecil dan tidak berwarna

5. Dilengkapi dengan nomor telepon penjual untuk dihubungi pembeli.

6. Tidak menggunakan ilustrasi gratis,


7. Biaya pemasangan tergolong murah karena tidak membutuhkan tempat yang lebar


2. Iklan kolom

Iklan kolom adalah iklan yang pemuatannya memanfaatkan beberapa bagian kolom dari halaman surat kabar.

Ciri-ciri iklan kolom adalah sebagai berikut.

1. Terdiri atas ilustrasi/gambar/foto/bagan dan kata-kata

2. Ukurannya lebih besar daripada iklan baris, bahkan ada yang penuh satu halaman koran.

3. Berisi penawaran, ajakan, dan bujukan untuk membeli produk/barang yang ditawarkan. Bisa juga berupa iklan pribadi atau keluarga yang berisi misalnya berita pernikahan, berita duka cita, atau ucapan terima kasih.


Untuk lebih mengenal unsur-unsur dan ciri-ciri bahasa iklan pada media elektronik, ayo kita simak penjelasan berikut:

Setiap media elektronik memiliki karakteristik yang berbeda. Iklan di televisi sangat berbeda dengan iklan di radio maupun iklan di intemet

Berikut unsur-unsur yang ada dalam iklan televisi, iklan radio, dan iklan internet.

1. Unsur-unsur iklan televisi, yaitu

• Suara Suara dalam iklan televisi dapat berupa suara manusia, suara hewan/ tumbuhan, musik, atau sekadar efek suara.

• Gambar Gambar dapat berupa produk yang ditawarkan atau dapat berupa orang yang menggunakan produk tersebut.

• Gerak Gambar bergerak untuk lebih menarik perhatian masyarakat.

• Tulisan Tulisan yang singkat dan mudah terlihat, sebagai penjelasan dari produk.

2. Unsur-unsur iklan radio, yaitu Iklan radio hanya terdiri dari satu unsur saja yaitu suara. Suara tersebut dapat berupa suara/kata-kata manusia yang teratur, musik, dan efek suara (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam).

3. Unsur-unsur iklan internet, yaitu

Suara Iklan di internet dapat berupa video yang memiliki unsur suara.

• Gambar Gambar dapat berupa produk yang ditawarkan, atau dapat berupa orang yang menggunakan produk tersebut.

• Tulisan Tulisan yang singkat dan mudah terlihat sebagai penjelasan dari produk

Gerak

Baik gambar maupun tulisan dalam iklan di internet, semuanya bergerak. Gambar gerak dalam iklan di internet dapat berupa video atau animasi

Ciri-ciri bahasa iklan elektronik sebenamya tidak jauh berbeda dengan iklan di media cetak, yaitu • komunikatif, informatif, • mudah dimengerti dan diingat masyarakat, • menarik perhatian, dan • mengajak penonton untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.


Berdasarkan isinya, iklan dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu

1. Iklan pengumuman atau pemberitahuan Iklan pengumuman atau pemberitahuan adalah iklan yang bertujuan menarik perhatian khalayak umum tentang suatu hal, misalnya iklan duka cita.

2. Iklan penawaran (niaga) Iklan penawaran (niago) yaitu iklan yang bertujuan menawarkan sesuatu, misalnya iklan barang.

3. Iklan layanan masyarakat Iklan layanan masyarakat yaitu iklan yang bertujuan untuk memberikan penerangan tentang suatu hal. Misalnya, larangan menggunakan narkoba, larangan merokok di tempat umum, dan lain-lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::