Advertorial Bisnis Online

HIV / AIDS

HIV/AIDS


Stay alive, stay away from drugs and free sex!

Pembaca pusat informasi pasti pernah mendengar tentang HIV/AIDS, atau bahkan malah sudah tahu tanggal berapa dunia merayakan "hari HIV/AIDS"

Pengertian HIV/AIDS

AIDS merupakan kependekan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome. AIDS adalah sindroma menurunnya kekebalan tubuh yang disebabkan oleh HIV. Karena menurunnya tingkat kekebalan tubuh maka Orang yang menderita HIV/AIDS amat mudah tertular berbagai macam penyakit.

Obat HIV/AIDS

Sampai dengan sekarang ini belum diketemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit HIV/AIDS. Salah satu cara yang dapat kita lakukan hanyalah langkah pencegahan agar tidak tertular HIV/AIDS. Untuk itulah kita perlu mengetahui tentang cara penularannya terlebih dahulu

Tanda-tanda HIV/AIDS

Sebelum mengenal cara pencegahan dan bagaimana penularan HIV/AIDS perlu diketahui tanda-tanda terjangkitnya AIDS yaitu :
- Kehilangan berat badan secara drastis
- Diare yang berkelanjutan
- Pembengkakan pada leher dan ketiak
- Batuk terus menerus
- Demam dalam waktu yang lama

Penularan HIV/AIDS

Virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) terdapat di dalam cairan tubuh seseorang yang telah terinfeksi. Cairan yang dimaksud adalah darah, air mani atau cairan vagina.

Sebelum HIV berubah menjadi penyakit AIDS, penderita masih tampak sehat hingga batas waktu 5 sampai dengan 10 tahun. Pada fase ini walaupun mereka terlihat sehat, mereka dapat menularkan virus penyebab AIDS kapan saja dengan cara :

1. Berhubungan Seksual (Oral, Anal, Vaginal)
2. Penggunaan Jarum Suntik
3. Ibu hamil kepada janin
4. Ibu menyusui kepada bayi

Mitos Mengenai AIDS

Beberapa persepsi yang salah telah beredar di masyarakat luas mengenai penularan AIDS dan bagaimana AIDS tidak menular. Hal yang benar dalam tidak menularnya aids adalah sebagai berikut :

AIDS tidak menular melalui gigitan nyamuk/serangga, bekerja bersama orang yang terinfeksi HIV/AIDS, berbagai makanan menggunakan peralatan makan bersama dan penggunaan toilet bersama.

Rekan pembaca pusat informasi, mari kita dukung gerakan say no to drugs and free sex! Bila anda mengetahui seseorang yang kemungkinan mengidap HIV/AIDS jangan dikucilkan, bila anda merasa dia perlu melakukan tes maka berikanlah masukan kepadanya bahwa dokter akan merahasiakan hasil tes HIV/AIDS kepada siapapun kecuali atas izin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::