Advertorial Bisnis Online

Membersihkan Spons Absorber Canon PIXMA 1980


Printer Canon merupakan salah satu merk printer yang menjadi andalan beberapa pengguna di Indonesia mulai dari pelajar, mahasiswa, warnet, rental hingga kantoran. Anda mungkin pernah mengalami blinking pada printer Canon sehingga printer tidak dapat digunakan.

Blinking pada printer ini biasanya dapat diatasi dengan cara melakukan reset printer canon. Namun demikian rupanya ada beberapa kasus yang membut proses ini gagal. Ini disebabkan karena ada masalah lain seperti spons absorber penuh (Spon Absorber Full)

Spons Absorber merupakan tempat pembuangan tinta pada printer bila catridge digunakan pada proses pencetakan. Catridge bisa saja meneteskan sedikit tinta hingga pada akhirnya spons absorber full.

Spons Absorber terdapat di bagian bawah printer dan memang harus dibersihkan bila blink ini terjadi terus menerus. Untuk membersihkan tempat pembuangan tinta ini ada bisa melakukannya sendiri dengan cara sebagai berikut :

Buka casing printer Canon PIXMA 1980 dengan hati-hati,

Pertama-tama kamu buka pakai obeng kecil casing sisi kanan dan sisi kiri printer,

http://i670.photobucket.com/albums/vv67/countessvamp/absorber1.jpg

Kemudian teruskan dengan membuka body casing bagian atas printer, kamu buka dulu baut bagian depan lalu baru buka bagian belakang. lihat gambar ini

http://i670.photobucket.com/albums/vv67/countessvamp/absorber2.jpg

http://i670.photobucket.com/albums/vv67/countessvamp/absorber3.jpg


Setelah itu buka baut yang menempel di body printer dan pengait-pengaitnya. Sekedar tips, usahakan untuk mengingat tempat asalnya dengan memberi tanda untuk mempermudah proses pemasangan kembali casing printer.

http://i670.photobucket.com/albums/vv67/countessvamp/absorber4.jpg


Angkat penutup absorber kemudian keluarkan gabus absorber dari bak penampung. Masukkan gabus absorber pada wadah yang berisi air hangat. Untuk menghindari agar tangan anda tidak terlalu kotor gunakan sarung tangan plastic. Cuci dan peras gabus hingga dipastikan gabus bersih dari tinta.

Jemur gabus absorber yang telah dicuci di terik matahari hingga kering. Bila memang printer ingin cepat dipakai, tidak mengapa gabus yang belum kering dipasang kembali pada tempatnya. Pastikan selang saluran pembuangan sudah benar mengarah ke gabus absorber.

Sebelum casing printer dipasang kembali, ada baiknya selang pembuangan dikeluarkan dari dalam printer dan disediakan tempat khusus untuk pembuangan tinta. Kini printer dalam kondisi lebih fresh dalam menyerap tinta. Resiko melubernya tinta absorber ke bagian lain dari printer bisa di hindari dan printer lebih siap untuk mencetak.

Bila masih terjadi blink pada printer, cobalah untuk mereset kembali printer Canon PIXMA 1980 dengan cara sebagai berikut :

1. Cabut kabel Power
2. Tekan dan tahan Tombol “Power” (On/Off)
3. Masukkan kembali kabel Power
4. Tekan “Reset” dan lepaskan
5. Lepaskan tombol “Power”
6. Apabila berhasil lampu Alarm akan menyala.
dan jika masih blinking juga, kamu coba lagi beberapa kali. Tapi kalo masih blink juga. Ada jalan terakhir yaitu kamu bawa ke tempat service. Berarti printer kamu perlu uang service lebih

2 komentar:

  1. Balasan
    1. terima kasih atas komentarnya bos, kami senang info membersihkan spons absorber ini berguna bagi pembaca lain.

      Hapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::