Advertorial Bisnis Online

Agen Brilink BRI

Mengingat banyaknya pertanyaan seputar Brilink BRI dan produk Laku Pandai, penulis mencoba menjelaskan apa yang dimaksud dengan brilink dan bagaimana cara mendaftar menjadi agen brilink dan apa saja keuntungan menjadi agen brilink.

Sesuai dengan informasi resmi yang ada pada halaman web BRI pada halaman (http://www.bri.co.id/articles/210), Brilink ditulis sebagai berikut :

BRILink merupakan perluasan layanan BRI dimana BRI menjalin kerjasama dengan nasabah BRI sebagai Agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real time online menggunakan fitur EDC miniATM BRI dengan konsep sharing fee.

Produk dan Layanan Agen BRILink sebagai berikut:

Laku Pandai menurut POJK No.19/POJK.3/2014 adalah kegiatan menyediakan layanan perbankan dan/atau layanan keuangan lainnya yang dilakukan tidak melalui jaringan kantor, namun melalui kerjasama dengan pihak lain dan perlu didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi. Layanan Laku Pandai tersedia di agen BRILink untuk unbanked/unserved people dalam rangka keuangan inklusif.

T-Bank mendukung Layanan Keuangan Digital (LKD) sesuai PBI No.16/8/PBI/2014 dan SE BI No.16/12/DPAU mengenai Penyelenggaraan Layanan Keuangan Digital Dalam Rangka Keuangan Inklusif Melalui Agen Layanan Keuangan Digital Individu. T-Bank adalah produk uang elektronik berbasis server milik BRI yang menggunakan nomor handphone yang didaftarkan sebagai nomor rekening. Layanan T-Bank tersedia di Agen BRILink agar dapat dimanfaatkan bagi masyarakat sebagai “rekening” tabungannya dan diperoleh dengan kemudahan registrasi tanpa harus ke datang ke unit kerja.

MiniATM BRI adalah Electronic Data Capture (EDC) yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan non tunai sebagaimana halnya transaksi keuangan non tunai yang disediakan ATM.

Bila baca tulisan diatas sudah jelas, maka gak perlu lanjut baca yang dibawah. bila belum jelas, simak baik-baik tulisan gaya blogwriter.

Pengertian Agen Brilik

Agen Brilink adalah nasabah BRI yang bersedia menggunakan mesin EDC BRI untuk menjadi perpanjangan tangan BRI dalam melayani nasabah yang lain. Mesin EDC tersebut bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi seperti yang ada di ATM <== makanya disebut mini atm.

Keuntungan menjadi Agen Brilink

Karena telah bersedia menjadi perpanjangan tangan BRI, Agen Brilink berhak mendapatkan sebagian dari biaya yang menjadi pendapatan bank. Komposisi sharenya adalah 50% Bank dan 50% Agen Brilink belum termasuk pajak.

Bagaimana Cara menjadi Agen Brilink

Menurut beberapa agen yang sudah duluan menjadi partner BRI, cara menjadi agen sangat mudah. Kita hanya diharuskan telah memiliki usaha apapun itu bentuknya. Setelah itu tinggal datang ke Kantor BRI terdekat. Mereka mungkin meminta surat keterangan usaha dan KTP serta informasi lokasi usaha.

Syarat pertama yang sengaja saya munculkan adalah telah memiliki usaha. Hal ini dimaksudkan karena semua Agen Brilink tidak boleh menjadikan usaha sebagai Agen Brilink sebagai usaha utama atau bahkan usaha tunggal.

Syarat Transaksi

Pertimbangannya mungkin begini, agen brilink yang telah memiliki usaha dengan customer banyak, tentunya lebih cepat meng - generate fee bagi agen dan BRI. Agen Brilink yang kurang customer akan sulit mendapatkan fee. Fee inilah sebetulnya yang digunakan Bank untuk menutup biaya operasional berupa langganan internet pascabayar di mesin EDC dan menutup biaya investasi itu sendiri.

Nah minimal transaksi  yang diberlakukan adalah 200 trx per bulan. Sedangkan bila terjadi kekurangan transaksi maka Bank dapat memberikan pinalty sebesar Rp. 1.000 tiap transaksi yang kurang.

Misalkan transaksi seorang agen hanya sebanyak 150 transaks, maka agen dikenakan pinalty sebesar Rp. 50.000 (50 x Rp. 1.000). Namun tenang saja, biaya 50rb itu masih lebih kecil bila dibandingkan fee yang didapat oleh Agen Brilink ditambah biaya lain-lain yang bisa dikenakan kepada customer Agen Brilink.

Berminat menjadi agen brilink? Tulis komentar di bawah, penulis akan bantu meneruskan informasi tersebut ke rekan penulis yang ditugasi untuk melayani permintaan mesin Brilink :D

43 komentar:

  1. saya sudah hampir 5 bulan mengajukan menjadi agen BRILINK,,, SMS dari bank BRI juga sudah saya terima bahwa saya sudah terdatar... cuma anehnya sampai sekarang mesin EDCnya belum saya terima,,, mohon bantuan dan informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan mesin nya masih belum tersedia. berhubung banyaknya masyarakat yang ingin bergabung menjadi agen bank BRI, stok mesin terkadang tidak selalu tersedia.

      Hapus
    2. Kalo saya sudah mulai aktif n tidak pake mesin brilink.tapi cuama pakai hp.

      Hapus
  2. Saya juga kasusnya sama ..sudah hampir mau 5 bulan mengajukan sebagai agen BRILInk...sms dari BRI juga sudah saya terima ,,,klo saya sudah terdaftar sebagai agen BRILink...padahal saya sementara memakai PPOB saya dulu...mesin EDC dan fasilitas lain belum saya terima juga..saya mengajukan sudah dari akhir Nov2016. Atas perhatiannya dan petunjuknya...saya harapkan selalu...makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, mungkin casenya sama ya, sudah terjawab di pertanyaan diatas

      Hapus
  3. Apa masalahnya sehingga EDC dan fasilitas lainnya belum diserahkan sementara SMS sudah diterima bahwa agen sudah terdaftar.Baleho sudah dipajang, Neon box sudah terpasang...? Kendalanya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar, pengajuan sudah disetujui. itulah kenapa sms notifikasi agen sudah diterima.

      mesin belum bisa diserahkan karena adanya keterbatasan stok

      Hapus
  4. saya pengajuan dari november 2016 sampai sekarang belum terelaisasi, mohon info

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini casenya juga sama dengan yang diatas ya kak

      Hapus
  5. Saya sudah terdaftar di brilink mobile,baru sebulan menjalankan usaha ini tiba tiba user saya terblokir hanya karna salah ketik huruf.mohon infonya agar usernya bisa di gunakan lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengaktifan user bisa menghubungi marketing yang bertugas maintain ya.

      Hapus
  6. alhamdulillah sudah berjalan 2 thn jadi agent brilink, dan hasilnya sangat membantu perekonomian saya... makasih BRI 😊😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. luar biasa sekali, saya ikut senang bila BRILINK bisa meningkatkan kesejahteraan kita bersama ^.^

      Hapus
  7. Mau tanya nih kenapa bukak brilink mobile no hp selalu tidak terdaftar yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudahkah melakukan registrasi bilink mobilenya

      Hapus
  8. Saya sudah beberapa bulan yang lalu mengajukan brilink sampai skr blm juga turu, trus Daftar e_bankking gangguan trus sudah tiga Hari Saya ke bank masih gangguan

    BalasHapus
    Balasan
    1. BRI sangat mencari calon agen brilink yang potensial. rasanya kemungkinannya kecil bila pengajuan brilink mobile tidak segera di approve

      Hapus
  9. Saya ingin menjadi agen brilink. Bisakah anda membantu??

    BalasHapus
  10. Saya ingin menjadi agen brilink,tp masalhnya saya belum punya usaha sendiri tetapi dirumah ada usaha kecil²an punya ibu apakah boleh sperti itu??

    BalasHapus
  11. Numpang tanya gan.Saya mengajukan menjadi agen brilink mobile,setelah satu bulan mendapat sms no agent, merchant dan outlet brilink,berikut passwordnya.Ketika saya masuk ke link outlet brilink mobile ada notifikasi bahwa rekening merchant belum terdaftar.Tambahan info Iternet Banking aktif.Solusi nya bagaimana? Trima kasih infonya.

    BalasHapus
  12. Saya pernh pengajuan agen bri link namun tidak disetujui dengan alasan toko saya berdekatan dengan unit dan teras bri masuk dalm radius 1 km, kira2 saya harus mengurus kemna agar bisa jdi agen?

    BalasHapus
  13. mau tannya gan,,untuk agen brilink mobile dikenakan target 200 trx/bulan & finalty ga,? krna saya dah terdaftar dan coba satu dua transaksi,ternyata masih banyak kendala (menurut saya) diantaranya ,tk ada menu cek saldo,tranfer ATM dan tarik tunai,nasabah mesti punya no HP terdaftar ( mungkin utk OTP ) pdahal tk semua nasabah mendaftarkn no HP,lain dengan yang pake EDC semua bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banyak kendalanya jika ada yang tarik tunai susah

      Hapus
    2. brilink mobile masih belum sempurna menunya belum komplit

      Hapus
  14. Gan ko pengajuan brilink sekarang tidak di kasih edc yah kenapa..

    BalasHapus
  15. Untuk transaksi brilink mobile yang ingin tarik tunai caranya masukan no atm pelanggan lalu ketik pin atm nya,saya pernah nyoba berhasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi nanti dana nya masuk ke rekg kita (agen) Gak...??Kalau gak kan rugi kita bayarin orang....

      Hapus
  16. Yang saya ketahui pengajuan agen brilink EDC untuk sementara di stop dulu.paling yang bisa agen brilink mobile.

    BalasHapus
  17. Dua hari ini saya di telpon mengatasnamakan bri link dari pusat...
    Saya mendapatkan hadiah.. Dari ponit bri link...apa kah benar ada point berhadiah dari brilink.. Mohon infonya

    BalasHapus
  18. sama seperti sy itu dapat telepon, kataya dapat pocer, tapi di bisa meyebutkan no nik sy, itu benar dri brilink/tidak?

    BalasHapus
  19. Bagaimana cara melakukan transaksi lewat android

    BalasHapus
  20. Bulan november yang lalu, saya mendaftar agen brilink.
    Sampai skrg blm dpt mesin
    Saya sdh dpt sms dari bri beserta pin
    Mhn solusi

    BalasHapus
  21. Saya juga sudah mengajukan agen BriLink lebih dari setahun & udah ada konfirmasi dari BRI namun edc belum jua dikirim
    Kira2 kapan edc akan di kirim?

    BalasHapus
  22. Mau tanya biasa berapa lama agen brilink mendapatkan mesin edc nya

    BalasHapus
  23. Saya menjadi agen brilink sudah hampir 1thn,skrg sudah dua hari mesin EDC reversal terus tiap melakukan transaksi baik cek saldo atau yg lain.mohon pencerahannya sebagai info saya pakai EDC tipe D210

    BalasHapus
  24. bukankah untuk pembukaan agen brilink ada aturan jarak terdekat ? tapi kenapa di samping saya malah bisa buka agen baru ?

    BalasHapus
  25. Kakak saya kurang lebih sudah 1 thn.lebih memakai BRI Link,baru baru ini mengalami penipuan yg mengatas namakan pihak BRI pusat dgn modus mengatakan bahwa kakak saya mendapat point terbesar dari BRI Link..pihak yg mengaras namakn dr BRI pisat tsb tahu semua data2 kakak saya darj nomor ktp sampai dengan id,akhitnya kk saya diarahkan untuk memencet nomor di BRI link...akhirnya kj saya kehilangan saldo 600 rb dari 2 x transaksi....apa tanggung jawab dr pihak BRI sehingga dara nasabahnya bisa ada pd pihak lain...dan kmana kk saya bisa mengadukan kasus ini

    BalasHapus
  26. saya juga udah 6 bulan daftar.user id dan pswrd sudh dikirm mlalui sms..edc juga blum datang...skrg sy mau coba mlalui handphone..tp sms user id dan paswod hilang..bagaimana caranya kita mnegetahui user id dan paswor tersebut?

    BalasHapus
  27. Gan saya mau tanya pas menerima edc untuk yang pertama kali kan edc nya udh dikasih kartu simpati dari pihak bank cuman jaringan nya ga bagus boleh ga saya ganti ke kartu yg lain cuman kartu paket biasa

    BalasHapus
  28. Gimana cara kita mencek keanggotaan kita di brilink

    BalasHapus
  29. Boleh..tpi tujuannya untuk apa ya??

    BalasHapus
  30. Sudah satu bulan ini,untuk transaksi agen brilink mobile biaya administrasi per transaksi sesama BRI Rp 3000. Rasanya keberatan.

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::