Advertorial Bisnis Online

Agen Brilink BRI

Mengingat banyaknya pertanyaan seputar Brilink BRI dan produk Laku Pandai, penulis mencoba menjelaskan apa yang dimaksud dengan brilink dan bagaimana cara mendaftar menjadi agen brilink dan apa saja keuntungan menjadi agen brilink.

Sesuai dengan informasi resmi yang ada pada halaman web BRI pada halaman (http://www.bri.co.id/articles/210), Brilink ditulis sebagai berikut :

BRILink merupakan perluasan layanan BRI dimana BRI menjalin kerjasama dengan nasabah BRI sebagai Agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real time online menggunakan fitur EDC miniATM BRI dengan konsep sharing fee.

Produk dan Layanan Agen BRILink sebagai berikut:

Laku Pandai menurut POJK No.19/POJK.3/2014 adalah kegiatan menyediakan layanan perbankan dan/atau layanan keuangan lainnya yang dilakukan tidak melalui jaringan kantor, namun melalui kerjasama dengan pihak lain dan perlu didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi. Layanan Laku Pandai tersedia di agen BRILink untuk unbanked/unserved people dalam rangka keuangan inklusif.

T-Bank mendukung Layanan Keuangan Digital (LKD) sesuai PBI No.16/8/PBI/2014 dan SE BI No.16/12/DPAU mengenai Penyelenggaraan Layanan Keuangan Digital Dalam Rangka Keuangan Inklusif Melalui Agen Layanan Keuangan Digital Individu. T-Bank adalah produk uang elektronik berbasis server milik BRI yang menggunakan nomor handphone yang didaftarkan sebagai nomor rekening. Layanan T-Bank tersedia di Agen BRILink agar dapat dimanfaatkan bagi masyarakat sebagai “rekening” tabungannya dan diperoleh dengan kemudahan registrasi tanpa harus ke datang ke unit kerja.

MiniATM BRI adalah Electronic Data Capture (EDC) yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan non tunai sebagaimana halnya transaksi keuangan non tunai yang disediakan ATM.

Bila baca tulisan diatas sudah jelas, maka gak perlu lanjut baca yang dibawah. bila belum jelas, simak baik-baik tulisan gaya blogwriter.

Pengertian Agen Brilik

Agen Brilink adalah nasabah BRI yang bersedia menggunakan mesin EDC BRI untuk menjadi perpanjangan tangan BRI dalam melayani nasabah yang lain. Mesin EDC tersebut bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi seperti yang ada di ATM <== makanya disebut mini atm.

Keuntungan menjadi Agen Brilink

Karena telah bersedia menjadi perpanjangan tangan BRI, Agen Brilink berhak mendapatkan sebagian dari biaya yang menjadi pendapatan bank. Komposisi sharenya adalah 50% Bank dan 50% Agen Brilink belum termasuk pajak.

Bagaimana Cara menjadi Agen Brilink

Menurut beberapa agen yang sudah duluan menjadi partner BRI, cara menjadi agen sangat mudah. Kita hanya diharuskan telah memiliki usaha apapun itu bentuknya. Setelah itu tinggal datang ke Kantor BRI terdekat. Mereka mungkin meminta surat keterangan usaha dan KTP serta informasi lokasi usaha.

Syarat pertama yang sengaja saya munculkan adalah telah memiliki usaha. Hal ini dimaksudkan karena semua Agen Brilink tidak boleh menjadikan usaha sebagai Agen Brilink sebagai usaha utama atau bahkan usaha tunggal.

Syarat Transaksi

Pertimbangannya mungkin begini, agen brilink yang telah memiliki usaha dengan customer banyak, tentunya lebih cepat meng - generate fee bagi agen dan BRI. Agen Brilink yang kurang customer akan sulit mendapatkan fee. Fee inilah sebetulnya yang digunakan Bank untuk menutup biaya operasional berupa langganan internet pascabayar di mesin EDC dan menutup biaya investasi itu sendiri.

Nah minimal transaksi  yang diberlakukan adalah 200 trx per bulan. Sedangkan bila terjadi kekurangan transaksi maka Bank dapat memberikan pinalty sebesar Rp. 1.000 tiap transaksi yang kurang.

Misalkan transaksi seorang agen hanya sebanyak 150 transaks, maka agen dikenakan pinalty sebesar Rp. 50.000 (50 x Rp. 1.000). Namun tenang saja, biaya 50rb itu masih lebih kecil bila dibandingkan fee yang didapat oleh Agen Brilink ditambah biaya lain-lain yang bisa dikenakan kepada customer Agen Brilink.

Berminat menjadi agen brilink? Tulis komentar di bawah, penulis akan bantu meneruskan informasi tersebut ke rekan penulis yang ditugasi untuk melayani permintaan mesin Brilink :D

2 komentar:

  1. saya sudah hampir 5 bulan mengajukan menjadi agen BRILINK,,, SMS dari bank BRI juga sudah saya terima bahwa saya sudah terdatar... cuma anehnya sampai sekarang mesin EDCnya belum saya terima,,, mohon bantuan dan informasinya

    BalasHapus
  2. Saya juga kasusnya sama ..sudah hampir mau 5 bulan mengajukan sebagai agen BRILInk...sms dari BRI juga sudah saya terima ,,,klo saya sudah terdaftar sebagai agen BRILink...padahal saya sementara memakai PPOB saya dulu...mesin EDC dan fasilitas lain belum saya terima juga..saya mengajukan sudah dari akhir Nov2016. Atas perhatiannya dan petunjuknya...saya harapkan selalu...makasih

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::