Advertorial Bisnis Online

Memaksa Menyusui



Dengan konsep belajar dari pengalaman, kami ingin menyampaikan yang kami alami yang mungkin berguna bagi pengguna lain, salah satunya adalah konsep memaksa menyusui

Ketika terlahir anak kedua kami, satu hal yang kami inginkan adalah pemberian ASI yang lebih banyak dibandingkan dengan anak kami yang pertama. Asalannya cukup masuk akal yaitu anak kami yang pertama terkena alergi susu sapi sehingga daya tahan tubuhnya tidak lebih baik daripada anak-anak seusianya.

Kami sering membaca mengenai ASI eksklusif dan Inisiasi menyusui dini di majalah maupun di internet namun demikian rupanya hal itu sangat sulit dilakukan. Inisiasi menyusui dini tidak mungkin dilakukan oleh istri saya yang melahirkan melalui bantuan operasi Caesar karena dokter memberikan suntikan tidur dan hingga 5 jam kemudian barulah istri saya terbangun.

#1 Poin penting dalam memaksa menyusui adalah usahakan melahirkan normal karena anda bisa melakukan inisiasi menyusui dini dengan bantuan suster untuk meletakkan bayi di dada ibu segera setelah lahir.

Berbekal pengalaman sedikitnya ASI yang keluar maka kami mencari informasi kembali mengenai hal ini dan menemukan berbagai artikel yang menyebutkan bahwa produksi ASI sangat ditentukan oleh kebutuhan bayi akan ASI.

#2 Poin penting disini adalah bayi tidak membutuhkan makanan apapun selain ASI.

Ibu mungkin ingin memberikan susu botol dengan alasan produksi ASI kurang dan takut bayi mengalami penyakit kuning. Disini memang terjadi dilemma antara terus memaksa bayi mendapatkan ASI atau takut bayi mengalami penyakit kuning karena kurang minum.

#3 Poin penting disini adalah teruslah memberikan ASI ketika tidak tampak gejala bayi kuning dan berhentilah merasa kasihan karena melihat bayi kehausan.

Pemberian susu botol kepada bayi justru akan mengurangi ASI karena bayi yang mendapatkan susu formula cenderung tidur lebih banyak (mungkin karena dia lebih kenyang). Ironisnya hal ini bukannya membantu bagi bayi namun malah membahayakan bayi dan mengurangi persediaan ASI ibu. Kami menyebutnya demikian karena hormon pembentuk ASI hanya dibentuk ketika bayi menyedot ASI dari puting susu. Hormon inilah yang kemudian mengatur produksi ASI.

#4 Poin penting disini adalah ingatlah bagaimana ASI dibuat dan berhentilah memberikan susu formula

Baiklah itulah beberapa hal yang saya pelajari dalam menyusui bayi. Intinya adalah memaksa bayi untuk minum ASI dan memaksa ibu untuk memproduksi lebih banyak ASI untuk diberikan kepada bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::