Advertorial Bisnis Online

BRIZZI, BRI e-money



Brizzi, uang isi ulang BRI

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata Brizzi pertama kali? kalau saya sih kebayang dinginnya yogurt dengan tekstur lembut dan rasanya yang manis ... Gak nyambung ya? Tapi memang benar cuma itu yang kebayang, dan kata itu juga dipakai BRI sebagai produk e-money dengan tulisan kecil dibawah tulisan Brizzi yaitu uang isi ulang BRI (nyambung gak sih?)

Setelah melakukan penelitian tentang BRIZZI, dapat juga alasan kenapa Bank BRI mengekor BCA dan Bank Mandiri dengan keluarnya flash BCA, e-tol Mandiri, indomaret pra bayar (by mandiri), alfamart dsb. Kalau memang benar mengekor dengan produk yang sama, lalu apa juga sih kelebihan BRIZZI dibanding pendahulunya? Simak nih keterangan berikut .. ..


Apa Itu BRIZZI

Brizzi adalah salah satu jenis produk e-money yang dikeluarkan oleh Bank BRI sebagai pengganti uang tunai untuk melakukan pembayaran. Jadi ya sama saja ya seperti flash BCA dan kartu prabayar lain.

Kalau dilihat dari fisiknya maka terlihat banget bahwa BRIZZI ini tidak memiliki magnetic stripe dan menggunakan chip dengan model contacless alias chipnya ditanam ke kartunya. Tidak memiliki logo Maestro, Visa, Link, ATM Bersama, ataupun Prima. satu-satunya tulisan pada kartu hanyalah Bank BRI melayani dengan setulus hati dibalik kartu BRIZZI.

Nah setelah diamati ulang satu lagi lho yang gak ada di kartu BRIZZI adalah masa berlaku kartu. Ini artinya kartu BRIZZI dapat berlaku selama-lamanya, tentunya bila belum rusak, belum dicuri, masih bisa terbaca nomor kartunya dsb hehehe. Ok lanjut ya!


Kelebihan BRIZZI

Nah kalau menurut kita sama dengan FLASH BCA, lalu apa sih kelebihan BRIZZI? Ternyata menurut informasi dari pihak BRI ada beberapa kelebihan BRIZZI dibanding Flash BCA diantaranya :

Perdana Brizzi Gratis!

Kartu Perdana tidak diperjual belikan alias diberikan secara gratis! Kalaupun ada Unit Kerja BRI yang menjualnya dengan harga tertentu, kemungkinan besar besaran tersebut sudah dimasukkan dalam saldo BRIZZI. Ini artinya kita diminta langsung melakukan deposit BRIZZI seharga kartu tersebut.

Tidak harus memiliki rekening BRI

Tidak seperti kartu flash BCA yang mengharuskan pemiliknya memiliki rekening BCA, pengguna BRIZZI tidak diharuskan memiliki rekening BRI. Jadi bisa saja kita mendapatkan BRIZZI di Kantor BRI tanpa memiliki nomor rekening BRI. Kalau begitu bagaimana cara kita bisa deposit uang di dalam BRIZZI? Tenang akan saya jelaskan di bawah ya.

TopUp Online BRIZZI

Nah menyambung kelebihan sebelumnya, BRIZZI ini bisa di topup dari e-channel manapun yang sudah bekerja sama dengan BRI. Misalkan kamu punya kartu ATM dengan logo ATM Bersama, Link ataupun Prima, maka coba deh menu transfer atau pembayaran. Pada menu itu masukkan kode bank BRI, yaitu 002 kemudian diikuti dengan 16 digit nomor kartu BRIZZI.

Sama seperti dompet

BRIZZI ini sama persis seperti dompet digital. BRIZZI bisa dipindah tangankan kepada siapapun dan bahkan bisa jadi media untuk memberikan sumbangan atau istilah surabayanya: bowoh (ide gila) tapi jangan lupa diisi dulu kartunya lho.

Berhubung sama persis seperti dompet, kalau kartu BRIZZI ini hilang, ya sudah. Bank BRI tidak bertanggung jawab atas penggunaan kartu tersebut dan kartu tersebut tidak bisa di blokir. Mungkin karena inilah kartu ini hanya dibatasi maksimal diisi Rp. 1 Juta oleh Bank Indonesia. (hehehe jadi kepikir ide gila lain yaitu jadi bahan untuk suap menyuap, kalau gak dibatasi lho ya isinya ....)

Lalu bagaimana kalau kartunya rusak, pengen diganti karena sudah mbulak (usang) atau sudah gak keren lagi bentuknya (terlipat dsb)?

Menurut informasi dari pihak Bank, Kartu BRIZZI dapat diganti kok selama nomor kartu BRIZZI masih dapat dikenali baik yang tertera pada fisik atau melalui reader.

Terus bagaimana cara mengisi ulang kartu BRIZZI (Topup Online)? Bagaimana alur menggunakan kartu BRIZZI ketika berbelanja? Bagaimana cara mematikan karti BRIZZI? Bagaimana aku bisa menanyakan banyak hal lain tentang BRIZZI?

Kalau kamu masih memiliki sejuta pertanyaaan seperti yang saya tulis diatas, maka tenang deh, berikut adalah data yang aku copy paste persis dari sumbernya, kalau masih ada yang belum jelas mending ke BRI terdekat deh atau telp ke 14017


Info Saldo
  1. Pilih menu BRIZZI di EDC.
  2. Piilh menu “Info Saldo”.
  3. Reader meminta nasabah untuk menempelkan kartu BRIZZI.
  4. Nasabah menempelkan kartu BRIZZI.
  5. Reader dan EDC menampilkan nomor kartu, status kartu dan saldo kartu.
  6. EDC menampilkan pilihan apakah nasabah ingin mencetak saldo atau tidak. Jika ya, maka EDC akan mencetak saldo. Jika tidak, kembali ke menu awal.

Info Deposit
  1. Pilih menu BRIZZI di EDC.
  2. Pilih menu “Info deposit”.
  3. Reader meminta nasabah untuk menempelkan kartu BRIZZI.
  4. Nasabah menempelkan kartu BRIZZI.
  5. Reader dan EDC menampilkan nomor kartu dan saldo deposit.
  6. EDC menampilkan pilihan apakah nasabah ingin mencetak saldo deposit atau tidak. Jika ya, maka EDC akan mencetak saldo. Jika tidak, kembali ke menu awal.

Pembayaran
  1. Pilih menu BRIZZI di EDC.
  2. Pilih menu “Pembayaran”.Reader meminta nasabah untuk menempelkan kartu BRIZZI.
  3. Petugas merchant mengetik nominal yang akan dibayarkan.
  4. Reader menampilkan jumlah nominal yang harus dibayarkan dan menampilkan pesan untuk mendekatkan kartu BRIZZI.
  5. Nasabah mendekatkan kartu BRIZZI ke reader.
  6. Reader menampilkan sisa saldo.
  7. EDC mencetak struk transaksi pembayaran untuk customer.
  8. EDC menampilkan pilihan untuk mencetak struk pembayaran untuk merchant (merchant copy).
  9. Petugas merchant mencetak dan menyimpan struk pembayaran.

Top up Online
  1. Pilih menu BRIZZI di EDC.
  2. Pilih menu “Top Up Online”.
  3. Nasabah menggesek kartu ATM.
  4. Nasabah memasukkan nominal yang akan ditambahkan (Top up) ke dalam saldo kartu BRIZZI.
  5. Nasabah memasukkan PIN kartu ATM.
  6. Reader menampilkan pesan untuk mendekatkan kartu BRIZZI.
  7. Nasabah mendekatkan kartu BRIZZI.
  8. Reader menampilkan sisa saldo di kartu.
  9. EDC mencetak struk transaksi Top Up online.


Top up Deposit
  1. Pilih menu BRIZZI di EDC.
  2. Pilih menu “Top Up Deposit”.
  3. Nasabah menggesek kartu ATM.
  4. Nasabah memasukkan nominal yang akan ditambahkan (Top up) ke dalam saldo deposit.
  5. Nasabah memasukkan PIN kartu ATM.
  6. Nasabah memasukkan nomor kartu yang akan di Top Up.
  7. EDC mencetak struk Top up Deposit.


Aktivasi Deposit
  1. Pilih ke menu BRIZZI di EDC.
  2. Pilih menu “Aktivasi Deposit”.
  3. Nasabah menggesek kartu ATM.
  4. Reader menampilkan pesan untuk mendekatkan kartu BRIZZI.
  5. Nasabah mendekatkan kartu BRIZZI ke reader.
  6. Reader menampilkan saldo kartu dan sisa saldo deposit.
  7. EDC menampilkan pilihan untuk mencetak struk.

Reaktivasi
  1. Pilih ke menu BRIZZI di EDC.
  2. Pilih menu “Reaktivasi”.
  3. Reader menampilkan pesan untuk mendekatkan kartu BRIZZI.
  4. Nasabah mendekatkan kartu BRIZZI ke reader.
  5. Reader menampilkan nomor kartu, saldo kartu, saldo deposit dan status kartu.
  6. EDC menampilkan pilihan untuk mencetak struk.

Redeem
  1. Pilih ke menu BRIZZI di EDC.
  2. Pilih menu “Redeem”.
  3. Reader menampilkan pesan untuk mendekatkan kartu BRIZZI.
  4. Customer Service mendekatkan kartu BRIZZI ke reader.
  5. Reader menampilkan nomor kartu, saldo kartu, saldo deposit, total saldo setelah dikurangi biaya administrasi, biaya administrasi dan status kartu.
  6. EDC mencetak struk.

Settlement
  1. Pilih ke menu BRIZZI di EDC.
  2. Pilih menu “Settlement”.
  3. EDC mencetak struk settlement.
  4. Petugas menyimpan struk settlement.

56 komentar:

  1. BRIZZI tu sama am FLAZZ ga?jd tanpa minimun pembelian,bisa di gunain di mesin EDC BCA ga?mksh saya tunggu jwbannya..

    BalasHapus
  2. @awittri
    Brizzi memang diperuntukkan sebagai dompet digital pengganti uang receh. Karena itulah tidak terdapat minimum pembelian dengan menggunakan Brizzi.

    Sama seperti Flash BCA dan e-card Bank mandiri yang hanya dapat digunakan pada tiap-tiap mesin EDC bank tersebut. Kartu Brizzi hanya bisa digunakan pada mesin EDC Brizzi milik Bank BRI.

    BalasHapus
  3. Brizii top up nya sulit. Udah dicoba gagal terus. Katanya harus daftar dulu.

    Lagian ini adalah kartu prabayar yg nilainya harus ditulis di kartu, jadi harus update saldo.

    BalasHapus
  4. kmaren pada saat acara CFD senayan ane sempet mampir d stand bri dan mendapatkan vocer yg ditukarkan dengan brizzi, dan bisa di "jajan"kan langsung d tenant2 yg sudah disediakan,

    menurut ane promosi nya bagus, karna kita yg belum mengetahui produk baru, dituntun dengan step2 yg memudahkan kita untuk mengenal produk baru.

    terima kasih bri

    BalasHapus
  5. @rofik

    terima kasih sudah mencoba BRIZZI. memang sebagai salah satu Bank BUMN, BRI sepertinya sedang mencoba memperkuat posisinya pada produk yang dekat dengan masyarakat modern.

    BalasHapus
  6. kenapa brizzi tidak memberikan pengamanan internal untuk pengguna nya.. sehingga keamanan jika sewaktu-waktu hilang dapat dipertanggungjawabkan.. dan knp kesan nya masih setengah-setengah untuk peluncuran produk nya mulai dari info tentang produknya.. karna menurut saya seharusnya ini adalah gebrakan yang good dari BRI..

    BalasHapus
  7. @anomin

    Memang kebijakan BRI sepertinya ingin agar kartu BRIZZI tersebut menjadi pengganti uang kecil. Jadinya sama seperti uang / bank note, bila hilang bank tidak bertanggung jawab atas kehilangan uang tersebut. Dalam hal ini kartu BRIZZI.

    BalasHapus
  8. kl untuk penelian brizzi niy paling bagus diteliti ttg apa yah? internal control ato proses aceptance dr masyarakat?? karna brizzi adalah produk baru, akan sangat menerik kl untuk bahan penelitian.. apakah ada saran???

    BalasHapus
  9. @anonim

    Kalau mau mengadakan penelitian, coba teliti seberapa besar pengaruh BRIZZI dalam mendongkrak kinerja perusahaan (dalam hal ini bisa Laba, Fee Base Income, Image Perusahaan) secara BRI kan besar di pedesaan lewat BRI Unit maupun Teras BRI.

    Nah dalam hal ini ada banyak sekali bahan lain yg bisa diteliti seperti :
    - Acceptance masyarakat
    - Seberapa banyak EDC BRIZZI lawan produk pesaing
    - Posisi Brand Image BRI dengan BRIZZI
    - dll

    BalasHapus
  10. selamat pagi, sy kemarin mencoba topup sebesar 50.000 untuk kartu BRIZZI sy di atm BRI tp menggunakan kartu atm bank lain.
    nah, itu saldonya apakah langsung masuk ke BRIZZI sy atau harus update deposit?
    atau cara aktifasi saldo depositnya menggunakan cara lain?
    terimakasih :)

    BalasHapus
  11. brizzi bisa digunakan dimana aja di semarang???kok infonya sdikit bgt

    BalasHapus
  12. BRIZZI mulai bekerja sama dengan Indomaret, Alfamart maupun Hypermart.

    Pada toko2 tersebut seharusnya sudah bisa bertransaksi dengan menggunakan kartu BRIZZI dari Bank BRI.

    Namun demikian menurut pengalaman pribadi penulis belum semua indomaret menggunakan BRIZZI walaupun terdapat sign BRIZZI pada toko mereka

    BalasHapus
  13. BRIZZI mulai bekerja sama dengan Indomaret, Alfamart maupun Hypermart.

    Pada toko2 tersebut seharusnya sudah bisa bertransaksi dengan menggunakan kartu BRIZZI dari Bank BRI.

    Namun demikian menurut pengalaman pribadi penulis belum semua indomaret menggunakan BRIZZI walaupun terdapat sign BRIZZI pada toko mereka,,, sampai saat ini indomaret blm bisa bertransaksi lewat brizzi....minta infonya dong yg sudah bisa transaksi lewat brizzi dimana saja yah,,,,untuk wilayah tangerang selatan ,dimana yah?????

    BalasHapus
  14. Payah pegawai BRI CABANG BLITAR gak ada yg bisa aktifasi deposit..pegawai nya perlu dikasih penyuluhan lagi tuh tentang BRIZZI.
    jgn terlalu bodoh.

    BalasHapus
  15. Payah pegawai BRI CABANG BLITAR gak ada yg bisa aktifasi deposit..pegawai nya perlu dikasih penyuluhan lagi tuh tentang BRIZZI.
    jgn terlalu bodoh.

    BalasHapus
  16. @ichsan yuan
    mohon maaf untuk wilayah tangerang selatan penulis belum memiliki data selengkap itu.


    @yudi Hariyanto
    Aktifasi deposit seharusnya dapat dilakukan di tiap2 EDC BRI yang dilengkapi dengan CLR (Contactless Reader) dengan logo BRIZZI.

    Seluruh uker BRI baik Teras, BRI Unit, Kantor Cabang Pembantu maupun Kantor Cabang BRI yang dilengkapi CLR tersebut seharusnya bisa melakukan deposit dan aktivasi.

    Barangkali pada saat aktivasi, terdapat gangguan jaringan EDC sehingga proses tersebut gagal dan terjadi salah paham pada saat menjelaskan.

    BalasHapus
  17. Wah sayangnya anda jauh coba kalo dekat saya suruh langsung ke lokasi beberapa waktu yg lalu..saya sampai 4 kali ke BRI CABANG BLITAR,dan saya telpon ke 14017 beberapa kali untuk masalah ini.dan baru hari ini selesai saldo pun sudah aktif..

    BalasHapus
  18. Bagaimana cara cek saldo brizzi [d̲̅i̲̅] hp bb yach?

    BalasHapus
  19. Iya brizzi merepotkan, aktivasi di indomaret karyawan2nya malah tdk bisa apa2, mestinya di latih dulu sampai semua siap..

    BalasHapus
  20. Bagi anda yg mau mempunyai kartu BRIZZI yg bergambar / foto sendiri. Silahkan membuka website:
    " http://indonesianexpress.wordpress.com "

    Semoga ada manfaat nya bagi anda.

    BalasHapus
  21. ada minimal top-up depositnya gak??

    BalasHapus
  22. @toko online

    pada BRIZZI tidak dikenakan minimal topup deposit,, deposit bisa dilakukan dalam nominal berapapun

    BalasHapus
  23. Apakah sudah di fikir matang2 mw menggunakan e-money seperti brizzi. Keunggulannya apa? Perasaan kerugiannya lebih banyak bagi pengguna . Kalo brizzi ilang. Uang pun hilang???? Apa bedanya dengan pecahan uang

    BalasHapus
  24. @bizi

    Pro dan Kontra akan pemakaian e-money memang telah disadari. Sesuai dengan perkembangan, produk e-money tentunya memiliki nilai lebih karena dianggap lebih praktis daripada membawa uang receh.

    Misal untuk biaya dengan nominal tertentu yang bersifat tetap seperti parkir motor, mobil, airport tax maupun pembayaran biaya TOL akan lebih efisien bila menggunakan e-money.

    Memang saat ini disadari pula bahwa penggunaan e-money belum populer dan bahkan pada kasus tertentu pembayaran menggunakan e-money justru lebih lama dari pada pembayaran tunai karena kondisi jaringan komunikasi yang kurang reliable (sering putus), kasir yang belum di edukasi dsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brizzi saja sampao sekarang tidak bisa digunakan utk naik busway dan belanja di indomaret... Hoax th BRI mna bukti kemudahaannya? Saya salah satu korban brizzi dalam hal nh... Saya dlu di tawarkan ok saya buka flaz brizi th... Nominl 500rb... Slrg mw pke kgk bs... Gmn critanya?

      Hapus
  25. gw nemu kartu brizzi..
    klo ngcek saldo atau mau transaksi pembayaran,meski masukin pasword gt ga?(kaya mo narik d ATm gt)

    apa kita kasih org kasir,a trs tinggal trima beres aja..

    BalasHapus
  26. @adi

    kartu brizzi diberlakukan seperti layaknya uang tunai namun dalam bentuk elektrik.

    untuk transaksi pembelian (termasuk cek saldo) tidak menggunakan fasilitas keamanan seperti pin / password.

    BalasHapus
  27. Untuk pengisian saldo e-money brizi
    Bisa anda laku kan melalui hp anda
    Bukan hanya kartu brizi sja tp untuk smua transasksi bisa anda lakukan melaui hp anda
    Dan akan mendpat kan bagi hasil dri smua transasksi
    www.sbi-indonesia.com/?id=sucses
    Atau hub : 081906660641

    BalasHapus
  28. @Ariansyah

    Saya tambahkan, maksud dari info Pak Ari Yansah adalah BRIZZI bisa di topup dari aplikasi mobile banking melalui smartphone.

    Untuk mendapatkan aplikasi tersebut bisa download di BlackBerry World, Apps Store maupun Google Play

    Aplikasi tersebut tergolong mobile jacket dimana si aplikasi akan mengirimkan sms ke nomor sms center BRI. Hal ini lebih aman daripada sms biasa karena isi sms yang dikirimkan tidak tercatat pada sent item.

    BalasHapus
  29. Bri cabang kendari dan unit2nya tidak ada yang paham tentang BRIZZI ini.
    Saya mengambil brizzi di cabang kendari (terbesar di tingkat provinsi), lalu mengisinya dg topup deposit via sms banking. Tetapi gagal waktu mencoba memakainya untuk transaksi di hypermart. Tampaknya kartu ini butuh aktivasi/upgrade isi saldonya dulu sebelum bisa dipakai transaksi.
    Jadi saya akhirnya kembali ke bank, beberapa Costumer service bahkan supervisornya memberi jawaban simpang siur semua karena satu2nya CLR milik bank tidak terhubung dg EDC -beneran ini di kantor cabang provinsi?-
    Akhirnya mereka meminta saya menulis surat complain untuk dikirim ke pusat dengan janji depositnya akan di kembalikan dalam rekening tabungan max 7 hari kerja.
    Saya tambah bingung, mau aktivasi deposit BRIZZI kok malah dijanjikan untuk dikembalikan ke saldo tabungan?
    Tampaknya 2th BRIZZI belum berhasil juga mensosialisasikan bahkan di kepada CS cabang. Cukup disayangkan.
    Dan BRIZZI ini hanya bisa jadi pengisi dompet sementara ini, sampai CS provinsi paham tentang kartu ini.

    BalasHapus
  30. @Anonim

    Service Level Agreement (SLA) secara rutin menjadi penilaian perusahaan yang bergerak di bidang layanan termasuk Bank. Pihak MRI maupun internal Bank biasa melakukan benchmark untuk mengetahui tingkat layanan termasuk pemahaman dari Customer Service Bank.

    Dengan alasan ini seharusnya kita selaku nasabah bisa menanyakan dengan jelas penggunaan BRIZZI pada mereka entah di Kantor Cabang maupun Kantor Unit.

    Namun demikian penulis juga memiliki pengalaman pribadi dimana tidak semua mesin BRIZZI dapat digunakan untuk transaksi.

    Diantaranya alasan yang paling sering terjadi adalah mesin rusak atau pihak kasir belum mengetahui cara memakai mesin tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget,,,itu Gan,,,saya juga sangat kecewa.....saya sudah mencobanya di beberapa tempat..tetapi hasilnya 0 BESARRR...

      Hapus
    2. Ada juga kemungkinan Kasir tidak bisa menggunakan EDC BRIZZI karena dia adalah kasir baru yang belum mendapat sosialisasi penggunaan BRIZZI.

      Hapus
    3. Tadi siang saya topup brizzi di bri capem lembuswana samarinda, teller ma supervisornya kelabakan karena saldo gak masuk. Akhirnya bisa setelah supervisor nelpon entah kemana. Ckckck....

      Hapus
  31. Apakah top up brizzi bisa di lakukan dgn uang tunai?

    BalasHapus
  32. @ferry Lunardi

    Brizzi saat ini belum mendukung isi ulang dengan menggunakan uang tunai. Pengisian dapat dilakukan melalui e-channel seperti EDC BRI atau menu transfer yang ada di ATM maupun Mini ATM di dalam EDC

    BalasHapus
  33. Apa bdanya saldo deposit dg saldo online?
    Lalu yg d gunakan untk pmbyaran saldo yg mana
    Harus ada saldo mengendapny jg gak?tlong d jwb scptny
    Terimakasih

    BalasHapus
  34. @ludhfi saldo online dalah saldo yg digunakan langsung saat bertransaksi. Saldo deposit adalah saldo tersimpan yang harus diaktifkan dulu menjafi saldo online (saldo aktif). Jadi gambaran transaksinya Saldo Deposit => Saldo online => transaksi. Saldo onoine harus mengendap minimal 20rb

    BalasHapus
  35. Saya mempunya brizzi. Saldonya masih cukup banyak. Namun selalu gagal ketika transaksi pembayaran. Mau sau tutup. Cara membalikkan uang sisa saldo bagaimana ya. Tks

    BalasHapus
  36. Kemarin ke CS BRI infonya proses selama sebulan. Mana pelayanannya tidak memuaskan. Hanya difotokopi dan dtulis no. Hp. Saya. Sangat tidak profesional.

    BalasHapus
  37. Semenjak saya pake BRIZZI, BRI e-money saya tidak bisa menggunakannya,,dikarenakan sering eror,,,gimana solusinya kalo sering kejadian seperti ini Gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf errornya seperti apa? e-money BRI baru BRIZZI.

      Kl yang rusak kartunya bisa diganti di uker BRI terdeket dengan catatan nomor kartu masih bisa terbaca.

      Kl kartu tidak aktif, bisa diaktifkan dulu sebelum bertransaksi

      Hapus
  38. kalau kartu brizzi yg gambar bis itu bisa isi ulang di bank yg bekerja sama atau tidak mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua Kartu Brizzi baik yang dibranding (ada logo lain) maupun tidak (hanya tulisan Brizzi saja), dapat diisi ulang melalui EDC BRI dan ATM BRI atau Non BRI.

      Tidak harus diisi melalui rekening BRI atau Kartu ATM BRI, bisa diisi ulang dari kartu debet bank lain.

      Kl dari ATM Bank Lain bisa pake menu transfer, nanti masukkan kode bank BRI dan masukkan nomor kartu BRIZZI.

      Setelah itu aktifkan deposit di EDC BRI.

      Hapus
  39. Saya sudah lama jdi pengguna BRIZZI, Penggunaannya enak dan mudah, pengisian juga mudah tp yg merepotkan aktifasi saldonya harus cari EDC BRI yg ada CONTACTLESS READERnya, semisal dipusat perbelanjaan atau indomart tp langkah aktifasinya tidak semua kasir paham betul, seperti kurang soaialisasi mengenai cara aktifasi deposit, kalau harus ke KCP bri terdekat kok makan waktu sekali, mudah2an BRI memberi cara yg lebih mudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, penggunaan Brizzi sangat mudah karena selain bisa topup secara langsung, bisa topup juga dari ATM baik BRI maupun bank lain dengan memasukkan nomor kartu BRIZZI.

      Aktifasi deposit langkahnya mudah kok, seharusnya semua kasir paham caranya karena menu tersebut ada di Mesin EDC BRI.

      Hapus
  40. min, kalo saldo di kartu brizi ditarik tunai bisa apa enggak? atau saldonya ditransfer ke rekening BRI kita bisa apa enggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut pengalaman penulis, terdapat Menu Redeem pada EDC BRI. Menurut petugas kasir menu tersebut digunakan untuk menihilkan saldo Brizzi tetapi harus disisakan saldo mengendap Rp. 20.000

      Penihilan saldo kartu hanya bisa dilakukan di Kantor BRI dan tidak bisa digunakan di toko (merchant) biasa yang menggunakan EDC BRI + Brizzi

      Hapus
  41. Brizzi mulai diperkenalkan/digunakan oleh Panghuni Lembaga Pemasyarakatan (Narapidana & Tahanan) apakah tidak rawan pencurian/pemerasan sesama penghuni krn sipemegang dianggap orang berduit.

    BalasHapus
  42. Terima kasih telah memberi masukan dgn menuliskan komentar.

    Mohon maaf sebelumnya penulis kurang mengerti teknis penggunaan brizzi di Lapas. Namun demikian dari beberapa info yg masuk, penghuni lapas biasa melakukan transaksi keuangan dengan bentuk uang tersendiri. Menurut kami seharusnya Brizzi digunakan sebagai alternatif pengganti uang tersebut.

    Poin kami disini adalah terdapat resiko pencurian / pemerasan yang sama ketika penghuni memiliki uang dgn bentuk lain tsb dibanding penghuni memiliki kartu brizzi.

    Karena saldo kartu brizzi tidak terlihat, penyimpanan kartu tsb harusnya lebih mudah dibanding penyimpanan uang bentuk lain oleh penghuni.

    BalasHapus
  43. Tadi pagi saya isi brizzi di atm bri yg seratus ribu untuk pembayaran tiket busway, pas saya pulang kerja saat mau menempel kan kartu nya saldo saya kosong padahal saat pengisian berhasil di topup, gimana caranya supaya saldo saya gak ngendap di brizzi dan dapat di gunakan kembali. Makasi tolong di bls

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terdapat dua jenis saldo brizzi yaitu :
      --> saldo deposit
      --> saldo aktif.

      Pengisian melalui ATM BRI dengan mengisi nomor kartu BRIZZI secara otomatis masuk ke dalam saldo deposit.

      Saldo tersebut harus diaktifkan dulu pada EDC BRI dengan menu aktif deposit sehingga saldo deposit "pindah" ke saldo aktif

      Saldo Aktif itulah yang dikenali mesin BRIZZI dan digunakan untuk bertransaksi.

      Hapus
    2. Cara pengaktifan nya ada dimana

      Hapus
  44. Aktivasi saldo brizzi bisa dilakukan di seluruh edc bri yg mendukung brizzi. Ada menu aktif deposit yg bisa digunakan oleh merchant brizzi. Sebagai customer kita bisa meminta kasir u aktif deposit.

    Bila tidak bisa coba ke uker Bri terdekat u aktif deposit atau redeem u/ mencairkan saldo brizzi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samping kantor saya ada kcp bri tapi tidak ada mesin brizzinya dan saya di suruh ke cabang bri nya. Bisa gak tanpa saya harus ke cabang bri saldo saya balik lagi ke atm

      Hapus
  45. @Tia

    Penihilan Saldo Brizzi harus dilakukan di edc BRI yang ada di Unit Kerja BRI.

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::