Advertorial Bisnis Online

Western Union



Pencairan Western Union

Berbeda dengan bentuk posting saya yang biasanya, kali ini saya ingin membagi pengalaman pada saat mencairkan Western Union sebagai pembayaran dari Google Adsense atau yang sekarang juga dikenal dengan AdChoices. Nah berhubung postingan ini berhubungan dengan pencairan western union, maka saya berilah judul blog kali ini dengan nama pencairan western union.

Awalnya saya bimbang setelah mencapai minimum payout Google Adsense yaitu $100,38 saya masih bertanya-tanya bisa tidak ya saya mencairkan western union, karena ada satu hal yang tidak saya sadari yaitu nama yang saya cantumkan pada account google kurang! Iya betul namanya kurang satu suku kata, nama belakang saya tidak tercantum hiks .. .. padahal nama pada KTP dan nama pada pengiriman western union harus sama (setidaknya itu yang saya baca dari blog maupun forum sebelah)

Selang 3 minggu dari akhir bulan dimana account saya mencapai minimum payment, google mengirimkan email bahwa pembayaran dari dia sedang dalam perjalan ("your payment is on its way"). Bahagialah saya, walaupun menyisakan duku bahwa namanya beda .. .. tetapi pengiriman itu tidak kunjung datang dan ini sudah mencapai hampir 2 bulan sejak Google mengirimkan email tersebut.

Setelah browsing sana sini (menggunakan HP dimalam hari pula) kemudian saya menemukan bahwa nomor PIN Western Union bisa dilihat pada payment history dengan nama MTCN (Money Transfer Control Number). Saya kemudian mencari tahu apa saja yang diperlukan untuk pencairan Western Union dan hasilnya ternyata cukup mudah. Untuk pencairan western union kita hanya diwajibkan untuk membawa/mengetahui informasi :

1. Copy Identitas (KTP/SIM)
2. Nama Pengirim ("Tentunya google inc")
3. Nomor PIN Western Union atau dikenal juga dengan MTCN
4. Alamat Pengirim

Nah berbekal handphone jadul merk Nokia ini yang memuat informasi diatas (kecuali KTP donk), saya kemudian pergi ke Kantor Pos terdekat. Berbekal sedikit kemampuan komunikasi rupanya dia bisa memahami bahwa perbedaan nama antara nama penerima western union dan KTP itu tidak masalah. Hore masalah saya teratasi!

Berhubung slip penarikan/pencairan western Union agak ribet dan sulit untuk diisi (maklum baru pertama kali) saya kemudian meminta tolong kepada petugas Kantor Pos mengenai tata cara pengisian. Dan ajaibnya ternyata cukup diisi informasi diri kita sesuai KTP, Nama Pengirim serta nomor PIN atau yang juga dikenal dengan MTCN (Money Transfer Control Number)

Menunggu sebentar kira-kira 3 menit, kemudian petugas tersebut mencari info pencairan western union atas nama saya dengan menggunakan MTCN tersebut pada komputernya. Dia kemudian mencetak slip pencairan dan meminta saya menandatanganinya. Hore $100,38 sudah cair menjadi Rp. 839.000,-. Jumlahnya memang kecil dan sangat kecil bila mengingat kurs saat ini mencapai diatas Rp. 8600 per dollar.

Rupanya setelah saya tanya mereka yang memiliki pengalaman di bidang transfer uang ke luar negeri. Western Union memang dikenal memiliki rate khusus yang cenderung semena-mena dalam artian sangat menguntungkan mereka.

Tetapi tidak apa-apa dibanding harus terkena biaya pencairan cek ke luar negeri yang kadang mencapai $25 .. ..

Kalau kamu ada pengalaman maupun pertanyaan seputar western union, bagi saja disini. Ayo kita bantu sesama blogger dan bareng-bareng menjadi pahlawan devisa untuk negara kita ini!

4 komentar:

  1. saya sudah 6 hari tidak bisa mencairka pembayaran adsense saya di WU hanya karena sedikit perbedaan nama......huuuft

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cairkan di kantor pos atau indomaret. setau saya yang paling penting dari WU hanya MTCN (money transfer control number) --> semacem PIN

      harusnya perbedaan nama tidak masalah, seperti pengalaman saya pada post diatas

      Hapus
  2. Istri saya sudah mengirim uang lewat western union atas nama saya, tapi kertas pengiriman itu kesingsal gk tau dimana, minta tolong gimana caranya untuk mengetahui kode MTCN itu agar saya bisa ambil uang nya...makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba minta tolong istri ke kantor Western Union tempat dia mengirim dana.

      harusnya nomor tersebut bisa di cetak ulang atau di info ulang ke istri

      Hapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::