Advertorial Bisnis Online

Peluang di balik Krisis






Pada kehidupan ini, umumnya kita senantiasa dihadapkan pada berbagai macam pilihan. Semua hal yang kita temui adalah hasil dari pilihan-pilihan yang telah kita putuskan. Namun demikian rupanya ada berbagai macam pilihan yang sulit terutama di saat yang genting atau terjadi krisis. Bagaimana kita menyikapinya pada ranah bisnis maupun perdagangan saham yang kita tekuni?

Pembaca pusat informasi sebetulnya tidak perlu kawatir mengenai krisis atau bencana. Kata krisis (wei-ji) dalam bahasa cina sebetulnya terbentuk dari dua kata yaitu bahaya (wei-xian) dan peluang (ji-hui). Jadi apakah suatu masalah atau krisis hanya menjadi bahaya atau bahkan malah berbalik menjadi peluang sebetulnya itu murni tergantung pada diri kita sendiri.

Pada perdagangan saham misalnya, ketika saham yang telah kita tekuni sebelumnya turun tajam karena rumor tertentu, misalkan seperti turunnya saham perbankan belakangan ini karena terjadinya krisis di Amerika, Eropa dan China saham perbankan akan turun drastis.

Mereka yang memilih krisis hanya sebagai bahaya, tentunya akan menjual sahamnya malah menghindarinya pada waktu ini. Namun demikian bagi yang melihatnya sebagai peluang mungkin juga akan menjual tetapi mereka tidak menghindarinya, justru tetap memantunya dan membeli kembali pada saat harga saham tersebut dinilai sudah terlalu murah.

Sedangkan pada bisnis umumnya, ketika bencana terjadi seperti adanya kebakaran pada stan pasar yang kita miliki, kemungkinan akan ada pembangunan atau peremajaan baru. Bagi mereka yang melihat sebagai peluang, mereka dapat saja segera mengkaji sisi pasar mana yang lebih menguntungkan dan langsung mencari stand kosong untuk ditempati apabila dijual oleh mereka yang melihat kebakaran hanya sebagai bencana.

Itu hanya menurut saya, bagaimana menurut pembaca pusat informasi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::