Advertorial Bisnis Online

Perbedaan Antara Woofer Speaker dan Subwoofer Speaker



Kalau pembaca lagi ingin membeli sebuah sound system dengan nada nyaring dan mantab, pastinya kepikiran membeli home theater. Nah apa saja sih yang harus diperhatikan dalam pembelian sound system mewah tersebut?

Pada kesempatan ini penulis akan mengulas tentang poin utama home theater yaitu pada speaker systemnya. Speaker yang suaranya mantab harus memiliki kemampuan untuk mengeluarkan suara dengan nada tinggi, tengah dan rendah dengan adanya system speaker tersendiri yang terdiri dari tiga bagian yaitu tweeter, middle adan woofer/subwoofer.

Lalu apa saja perbedaan antara woofer dan subwoofer? Dan kenapa ada dua buah system speaker di kategori low frekuensi tersebut?

Speaker Woofer digunakan untuk mengeluarkan suara bass dengan nada rendah sedangkan Sub Woofer adalah speaker bass yang dapat menghasilkan suara yang lebih rendah lagi. Subwoofer speaker biasanya memiliki dua buah speaker woofer dengan tujuan agar suara bass yang dihasilkan lebih keras dan seimbang dengan nada suara yang dikeluarkan oleh tweeter dan middle.

Speaker sub woofer biasanya memiliki amplifier low pas filter sehingga suara nada rendah bisa dipastikan dikeluarkan seutuhnya dengan kualitas dan kekuatan suara yang dibutuhkan. Sub Woofer sendiri biasanya dibangun dari speaker woofer biasa yang diberi apmplifier low pas filter. Jadi sebuah home theater yang bagus haruslah memiliki tweeter, midle dan sub woofer dengan amplifier tersendiri yang dikenal juga dengan nama power.

Berbeda dengan woofer, subwoofer menghasilkan suara yang lebih rendah dibawah bass yang dihandle oleh woofer. Nah speaker woofer bisa dibuat dengan pinggiran tanpa karet sedangkan speaker subwoofer biasanya menggunakan pinggiran karet agar pergerakannya lebih fleksible

Kinerja Tweeter, Middle, Woofer maupun Subwoofer dalam menghasilkan suara jernih amat sangat tergantung dari sumber sinyal dan Pre Amp dan Power Amplinya. Penyesuaian keluaran speaker apakah 4 Ohm atau 8 Ohm maupu 16 Ohm harus juga sesuai dengan keluaran amplifier agar menghasilkan suara yang lebih jernih.



10 komentar:

  1. Maaf mau nanya klo power 400 Watt bagusnya pake speaker yg mna, wofer atau subwofer,,,mksh.

    BalasHapus
  2. Pertanyaannya adalah apa yang membedakan sehingga subwoofer bisa menghasilkan bass lebih rendah dari woofer....
    Hari gini secara fisik mirip bentuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuai ulasan penulis, perbedaan secara fisiknya adalah adanya karet.

      tulisan kami diatas :
      speaker woofer bisa dibuat dengan pinggiran tanpa karet sedangkan speaker subwoofer biasanya menggunakan pinggiran karet agar pergerakannya lebih fleksible

      coba search di google mengenai fisiknya.
      tetapi bisa saja speaker woofer di tambahin karet supaya dikira sub woofer >.<

      Hapus
    2. Maaf mau tanya, bagai mana kita mengetahui brp ohm amp fire kita 8-16ohm...
      Bagaimana caranya kita tau brp watt amp fire kita mengeluarkan daya, saya mengunakan 8 tip sanken dengan 2 rangkaian power 4kanan 4 kiri tpi saya lupa typenya dan trafo 10amp 32volt.
      Trimakasih sebelumnya

      Hapus
  3. "Sub Woofer sendiri biasanya dibangun dari speaker woofer biasa yang diberi apmplifier low pas filter".
    Bisa ya? Coba ah, trm ksh infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mencoba membuat sub woofer sendiri

      Hapus
  4. Anton Sulis (newbie)29 Desember 2016 21.24

    Woofer adalah speaker berfrekwensi rendah biasa digunakan untuk mendengarkan suara Bass dalam musik elektronik, sebagaimana lagu2 Jazz, classics dll. Perkembangan woofer selanjutnya di ilhami oleh film a.l. Earthquake (1974) dll. Di film tersebut diperlukan sistem speaker surround dan sistem Bass yang bisa menggetarkan tembok2 dan lantai bioskop untuk menghasilkan efek gempa bumi yang bisa menggetarkan telinga dan jantung penonton. Woofer penggetar lingkungan itu akhirnya mendapat julukan subwoofer sehubungan dgn frekwensi rendah yang dihasilkan bisa sampai 15 Hertz, suatu frekwensi yang tidak kedengaran (sub audible) tetapi efek getarannya benar2 ngeri di telinga dan jantung kita. Sistem Subwoofer ini akhirnya diterima oleh masyarakat kesatuan sistem audio!? Bagi yang ingin membahas sistem speaker dengan multiple coil dan multiple magnet seperti pembahasan diatas, ada suatu informasi menarik di youtube https://www.youtube.com/watch?v=WB8SNHgwwz8 dan bagaimana kemampuan subwoofer dengan frekwensi sub audible dalam menggetarkan lingkungan silahkan menikmati https://www.youtube.com/watch?v=11ombwxjMoA seru banget!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. matur suwun koreksinya di tulisan kami tentang sub woofer

      Hapus
  5. Anton Sulis (newbie)30 Desember 2016 08.09

    ralat:
    ... diterima oleh masyarakat kesatuan sistem audio!?

    seharusnya:
    ... diterima oleh masyarakat sebagai suatu kesatuan sistem audio!?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas koreksinya. kami akan melakukan editing tulisan tentang "Perbedaan Antara Woofer Speaker dan Subwoofer Speaker" dalam waktu dekat

      Hapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::