Advertorial Bisnis Online

Install BBM di Komputer


BlackBerry Messenger atau yang dikenal dengan nama BBM merupakan salah satu layanan chatting dengan ukuran komunitas yang sangat besar. Keputusan RIM untuk membuka layanan BBM kepada OS Mobile lain seperti Android dan iOS rupaya disambut baik oleh pengguna android dan iOS terbukti dari jumlah download aplikasi tersebut baik di Google Play dan Application Store yang sangat tinggi.

Beragam perangkat Android dari yang harganya murah sampai dengan yang harganya tinggi bisa menggunakan aplikasi BBM bila berjalan di sistem operasi Android 4.0 ke atas atau yang dikenal dengan ICS. Perangkat android bermerk Cina pun memanfaatkan momen ini dengan menempel stiker marketing baru yaitu bisa untuk BBM misalnya HP Mito, Evercross, IMO, eTouch, S-Nexian dsb.

Dengan mudah pengguna Android HP Cina bisa mecari cara untuk menginstall BBM di HP Cina dengan merk apapun seperti Mito, Evercross, IMO, eTouch maupun S-Nexian. Tentunya bila Sistem Operasi sudah memenuhi persyaratan instalasi BBM yaitu ICS ke atas maka HP Cinapun bisa nge-Ping Blackberry kelas atas macam Z10 atau Z30 sekalipun.

Nah pertanyaan berlanjut, bagaimana dengan keluarga windows dan system operasi yang lain? Apakah bisa menginstall BBM di Windows Phone atau PC dengan Sistem Operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7 maupun Windows 8?

Sebetulnya RIM berpendapat pengguna windows phone belum layak untuk diberikan layanan BBM seperti halnya di Android dan iPhone. Mereka juga mengatakan bahwa dukungan BBM untuk PC tidak akan diberikan sementara waktu. Dengan begitu BBM di Windows Phone dan BBM di PC belum bisa dilakukan secara official.

Namun demikian berbekal browsing di Internet, penulis ingin membagi pengalaman langkah-langkah menginstal dan menggunakan BBM di komputer sebagaimana berikut :

Untuk menggunakan BBM di PC, kita memerlukan emulator android atau virtualisasi android dengan pilihan software Bluestack atau Genymotion.

Pada awalnya penulis menggunakan genymotion untuk memvirtualisasi android, namun berhubung dukungan genymotion terhadap google apps dan arm translation dihapuskan, penulis beralih ke Bluestack dengan produk Bluestack App Player.

Langkah instalasi BBM di Komputer (PC) dengan sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7 maupun Windows 8 adalah sbb:

Download aplikasi Bluestack App Player pada situs resminya yaitu bluestack.com. Ikuti petunjuk yang ada untuk mendownoad. Setelah itu jalankan aplikasi installer Bluestack App Player. Aplikasi secara otomatis akan akan mendownload file yang diperlukan, tunggu sampai selesai.

Setelah selesai jalankan aplikasi Bluestack App Player. Aplikasi tersebut akan melakukan loading sama seperti halnya android pertama kali dihidupkan. Setelah selesai loading, klik search di kiri atas dan isikan "blackberry limited". Bluestack App Player akan memberikan konfirmasi ada beberapa file yang harus diinstall, install file yang diminta satu persatu.

Klik search lagi dan isikan blackberry limited kembali. Kali ini google akan menanyakan ID google yang akan digunakan, gunakan id yang sudah ada atau buatlah id baru bila perlu. Kali ini akan ada pilihan search play for blackberry limited dibawah dan klik pada tulisan tersebut

Akan muncul menu pencarian blackberry limited terbuka di google play layaknya di android dan pilih BBM dari Developer Blackberry Limited. Atau apabila anda sudah memiliki file BBM.apk, jalankan saja file tersebut dan file itu langsung terinstall di Bluestack App Player.

Namun demikian penulis menyarankan hanya menginstall file asli dari Google Play agar file yang didapatkan lebih reliable (tidak sering trouble dsb)

Setelah terinstall, jalankan aplikasi BBM dan gunakan Blackberry ID yang sudah ada atau buat baru Blackberry ID nya menggunakan alamat email kita. Setelah itu baru deh aplikasi BBM di PC bisa dijalankan.

O iya sekedar sharing, penulis menggunakan Bluestack App Player pada Asus X201E dengan spesifikasi lumayan kecil sbb :

Prosesor : Intel(R) Celeron(R) CPU 847 @ 1.10 GHz (2CPUs)
Memory : 4096 MB RAM
OS : Windows 8 x64

Bluestack, BBM dan Path berjalan dengan mulus layaknya menjalankan yahoo messenger di masa lalu, selamat mencoba, kalau ada yang kurang jelas, bisa disampaikan di kotak komentar :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::