Advertorial Bisnis Online

Isi Ulang dan Topup Kartu Tol Elektronik

Cara Isi Ulang dan Topup Kartu TOL



Semangat Pagi pembaca pusat informasi, per Oktober 2017 pemerintah merencanakan semua pembayaran di pintu tol wajib menggunakan uang elektronik. Penyelenggara layanan TOL memang saat ini sudah bekerja sama dengan perbankan untuk mendukung rencana elektronifikasi jalan TOL yang diprogramkan oleh pemerintah.

Perbankan BUMN yang sudah memiliki produk uang elektronik adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan produk BRIZZI, Bank Mandiri dengan produk e-money dan Bank Negara Indonesia (BNI) dengan produk Tap Cash. Selain Bank BUMN, Bank Swasta yang juga memiliki produk uang elektronik adalah Bank Central Asia (BCA) yang memiliki produk Flazz.

Kartu uang elektronik seperti Flazz, E-Money, Tap Cash maupun BRIZZI kedepannya dapat dibeli di gerai Indomart, Alfamart maupun alfamidi. Setelah pembelian kartu tentunya yang perlu diperhatikan oleh pembeli adalah kemudahan dalam pengisian kartu uang elektronik tersebut.

Flazz, Brizzi, E-Money dan Tap Cash dapat topup dengan mudah di ATM yang bertanda khusus. Tidak semua ATM bisa digunakan untuk melakukan topup karena belum semua ATM terpasang modul khusus yang dipakai Bank untuk membaca dan menulis Kartu Uang elektronik mereka.



Cara isi ulang dan topup kartu tol yang lain adalah dengan menggunakan aplikasi mobile yang disediakan oleh Bank. Kartu Brizzi yang memiliki dua jenis saldo (saldo aktif dan saldo deposit) dapat diisi dan ditopup melalui menu topup online maupun topup deposit melalui aplikasi BRI Mobile yang ada di Handphone.

Kartu Tol keluaran BNI saat penulis coba, hanya bisa dibaca saja melalui aplikasi BNI Experience sehingga kartu Tap Cash hanya bisa di cek saldo saja, tidak bisa diisi melalui Handphone.

Kartu Tol keluaran Bank Mandiri (e-money) ternyata lebih dulu bisa diisi ulang memakai aplikasi HP yang bernama Mandiri online selama HP yang digunakan sudah support fitur NFC (Near Field Communication).

Penulis akan share isi ulang menggunakan ATM maupun HP untuk kartu Tapcash dan e-money dalam waktu dekat. Khusus untuk BRI memang harus berjuang keras mengedukasi masyarakatnya karena adanya dua buah saldo yaitu saldo online (saldo aktif) dan saldo deposit.

Memang sering terjadi masalah dimana nasabah BRI merasa sudah isi ulang kartu BRIZZI namun tidak bisa dipakai bayar TOL, ternyata setelah di cek bersama oleh jasa marga, pengisian nasabah BRI menggunakan menu topup deposit padahal saldo deposit harus di aktifasi dulu menjadi saldo online (saldo aktif) sebelum bisa dipakai transaksi bayar TOL.
Jangan sampai salah topup ya pembaca!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::