Advertorial Bisnis Online

Strategi Pemasaran Pada Bisnis Online


Bisnis online dan bisnis offline ternyata berbeda strategi menjualnya.

Seperti yang pernah kami bahas pada point penting bisnis online beberapa waktu lalu, strategi pemasaran pada bisnis online berbeda dengan bisnis offline (jual beli secara konvensional).

Bisnis Online - Strategi Menjual Para Sales

Ehm betul saya sendiri belum memikirkan hubungan antara bisnis online dan strategi menjual pada sales. Ini sekedar sharing aja tentang strategi menjual para sales yang dating di kantor silih berganti. Siapa tahu di akhir artikel ini kamu bisa memetik pelajaran penting dalam strategi menjual bisnis online kamu sendiri.

Bisnis Online - Catat Data Pembeli

Salah satu strategi menjual para sales yang sering di kantor adalah dengan cara mencatat data pembeli. Kamu mungkin bertanya kenapa data pembeli harus dicatat? Begini data pembeli merupakan satu hal vital dalam seluruh proses jual beli. Hanya dengan mencatat data pembeli berikut dengan tipe barang dan kapan penjualan itu terjadi seorang manajer pemasaran mungkin dapat mengambil strategi pemasaran yang jitu untuk meningkatkan penjualan.

Bisnis Online - Contoh Strategi Pemasaran

Sebuah contoh strategi pemasarannya adalah berikut : ketika seorang sales datang ke sebuah kantor dan berhasil menjual produk bayi semisal selimut bayi kepada seorang pegawai yang bernama Bunga (bukan nama sebenarnya ß mirip korban pemerkosaan aja). Bila sales tersebut jeli seharusnya dia mencatat transaksi yang terjadi hari itu. Ketika laporan ini dibaca oleh manajer pemasaran, maka bila suatu saat nanti perusahaan mempunyai produk bayi yang lain missal produk mesin penghangat susu otomatis atau mesin steril botol susu otomatis maka manajer pemasaran dapat menugaskan sales lain yang berkompeten di produk tersebut untuk kembali mengunjungi Bunga.

Bisnis Online - Sebuah Dialog

Dialog yang mungkin terjadi antara sales dan petugas keamanan (penghalau para sales) adalah sebagai berikut :

Sales : Permisi pak, saya ingin bertemu dengan ibu Bunga
Petugas keamanan : Ada perlu apa ya pak? Sudah ada janji?

Sales : Sudah pak, ibu Bunga mau melihat produk penghangat susu otomatis dan steril botol otomatis kami
Petugas keamanan : silahkan Ibu Bunga di Lt. 4

Mulus bukan? Hanya dengan mengetahui nama orang maka sales dapat masuk ke kantor tersebut dengan mulus. Kalau gak mulus ya kasih salam tempel aja sama pak satpam :D

Sesampainya di Lt 4 dimana ibu Bunga bekerja, sales tersebut langsung menawarkan panjang lebar dengan nafas panjangnya sehingga membuat ibu Bunga tidak dapat menolak dan mempersilahkan sales untuk melakukan demo.

Nah demo ini sendiri merupakan strategi pemasaran yang bagus, ketika sales melakukan demo rekan ibu Bunga akan tertarik untuk ikut melihat. Ini merupakan prospek bisnis (bukan bisnis online) yang bagus karena semakin luas pasar untuk menjual produk dari sales.

Bisnis Online - Kesimpulan

Data pembeli merupakan hal vital bagi penjualan, sedapat mungkin catat dalam register tersendiri untuk keperluan penjualan dan promosi di masa depan. Hal ini tentunya sama dengan cara strategi pemasaran bisnis online. Ketika pembeli memerikan alamat emailnya, kita bisa melakukan promosi secara gratis melalui media email yang gratis. Dengan cara ini pula Bisnis online dapat berkembang sama seperti kisah strategi menjual sales diatas.

Mendapat ilmu baru dalam berbisnis online? Selamat membuka bisnis online :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::