Advertorial Bisnis Online

Bisnis Online - Point Penting

Sedikit update dari pengalaman bisnis online rekan saya. Dia membuka sebuah toko online dengan bermodal blogspot. Menawarkan banyak kebutuhan manusia terutama selimut dan kasur ala jepang dan benda berbau jepang lain termasuk mainan bayi.

Prinsip Bisnis Online

Prinsip marketing bisnis onlinenya cukup mudah untuk ditiru, dia membuat suatu ulasan tentang produk yang dia jual dan kemudian membandingkan harga tersebut dengan harga yang ditawarkan secara online baik di luar negri dan dalam negri. Saya sendiri tidak membandingkan apakah ada harga yang lebih murah di suatu situs lain, karena bisa saja dia hanya menampilkan situs pesaing yang harganya lebih mahal hehehe.

Stok Barang Pada Bisnis Online

Ok diluar teknik perbandingan harga tersebut, ternyata omzet penjualan dari bisnis online ini lumayan besar. Hari ini saya dapat kabar bahwa salah satu barang yang dia jual - shiki pad (semacam sleeping bag ala jepang) sudah terjual habis sementara pesanan di situs onlinenya sangat banyak dan antri.

Herannya barang yang dia jual memang tidak di stok secara khusus. Bisnis online dia ini memang bukan sumber penghasilan utama, karena teman saya ini sudah ada kerjaan offline dengan gaji melimpah (percaya deh). Nah berawal dari sini saya memetik suatu point penting dalam bisnis online adalah selalu stok barang dagangan kamu yang mempunyai nilai jual dan omzet tinggi. Dalam kasus bisnis online teman saya ini pabrik yang memproduksi belum mengirimkan barang pesanan padahal pesanan di toko online sudah sangat banyak. Sangat disayangkan bukan?

Tapi anehnya ketika saya tanya kenapa tidak di stok padahal bisnis onlinenya lagi rame? Ternyata sudah di stok dan emang saking ramenya :D saya tanya lagi itu pasarnya kemana? Jawabannya adalah ke teman-teman kuliah dan teman kantor lebih dulu.

Merangkul Pasar Bisnis Online

Satu poin lagi bukan dalam belajar bisnis online, ambil terlebih dulu pasar bisnis online di dekat kamu. Teman chat di YM, teman kuliah, teman SMA atau bahkan saudara. Dengan cara ini mereka akan membantu penjualan kamu lewat getok tular ketika mereka puas akan barang yang dijual di toko online. Dengan begini bisnis online menjadi lebih lancar bukan?

Target Keuntungan Bisnis Online

Terus saya tanya lagi, berapa keuntungan dari penjualan satu item? Eh ternyata dia hanya mengambil untuk 20-45rb dari penjualan. Sedikit memang, tapi yang dia pentingkan adalah kerja sama dan silaturahmi. Saya jadi berpikir ada benarnya juga, bisnis online dibangun dengan landasan yang kuat, dengan demikian orang lain bisa menjual kembali barang dagangannya. Inilah mengapa omzet menjadi naik walaupun blog dia tidak pernah muncul di halaman depan search engine :D

Selamat berbisnis online!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::