Advertorial Bisnis Online

Investasi Online iDRFinance




Beberapa waktu lalu seorang teman memberitahu ada satu buah situs yang menawarkan investasi online dengan pengembangan dana yang sangat cepat hingga mencapai 1,3% per hari (bunga 39% per bulan). Saya kemudian jadi berpikir apakah ini termasuk salah satu model bisnis HYIP di Indonesia? Berbekal mesin pencari maka ada beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari model investasi online ini.


Fakta

Ketika seorang teman menyarankan kepada saya untuk membuka situs ini, sayapun kemudian bertanya kepada dia, berapakah hasil Investasi yang sudah dia dapat? Dia menjawab dari modal 500 ribu yang sudah dia setor, saat ini modal tersebut telah ditarik kembali dan diapun hanya menginvestasikan hasil dari pengembangan dana awal yang berjumlah Rp. 500 ribu pula.

Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa iDRFinance benar-benar membayar investornya, namun demikian kata hati saya masih berkata lain, saya kemudian bertanya berapa lama situs ini sudah berdiri? Ternyata statistik situsnya mengatakan sejak "Oct 26, 2010".

Teman saya bergabung pada November 2010, ini berarti dia merupakan investor awal dari program bisnis online ala iDRFinance ini. Inilah mengapa situs iDRFinance masih mampu mengembalikan modal pokok teman saya dan membayar sebagian dari hasil pengembangan modalnya.

Perdebatan

Tidak ada Investasi dengan bunga yang sangat tinggi dan stabil

Konsep bisnis yang saya anut adalah "high risk high gain". Ini berarti semakin tinggi resikonya maka semakin tinggi pula hasil yang bisa di dapat. Dalam hal ini saya langsung membayangkan beberapa opsi Investasi umum yaitu reksadana, saham, obligasi dan deposito.

Saham umumnya sangat "volatile" inilah sebabnya bisa menghasilkan keuntungan yang tinggi, namun demikian biasanya tidak stabil hingga bisa dipastikan bunga 1,3% per hari.

Obligasi dan Deposito jauh lebih stabil dari saham, namun demikian return yang diberikan juga masih jauh dibawah 1,3%.

Reksadana merupakan gabungan dari opsi investasi saham, obligasi maupun deposito, oleh karena itu reksadana juga tidak mungkin memiliki return mencapai 1,3%

Dari kesimpulan diatas, saya masih tanda tanya bagaimana cara iDRFinance mengembangkan dana investornya?

Saya kemudian melihat logo alpari di situs iDRFinance, kalau membaca situsnya maka bisa dikatakan dia bekerja sama dengan alpari sebagai broker partner. Namun sebenarnya alpari itu apa sih? Kalau menurut google :

"Alpari is a retail forex broker that was established in Russia in 1998"

Saya kemudian berpikir, oh saya lupa ada beberapa instrumen investasi lain yaitu forex dan index. Tetapi apakah benar bisa stabil hingga 1,3% per hari? Kalau bisa dibagikan kepada investornya maka harusnya keuntungan per hari diatas 1,3% bukan?

Anda jawab sendiri saja ya!


Kesimpulan

Rekan saya merupakan investor awal
Rekan saya berhasil menarik modal investasi awal beserta sebagian bunganya
Tidak ada investasi dengan pengembalian bunga diatas 1,3% per hari (setahu saya)

Lalu bagaimana dia bisa mengembalikan modal investasi beserta hasil pengembangan investasi (membayar bunga)?

Inilah pertanyaan yang bagus! Dalam salah satu model investasi anda mungkin sudah mengenal yang dinamakan scam? Nah kalau iDRFinance ini merupakan kategori HYIP (High Yield Investmen Program) maka bisa dipastikan ini adalah scam (penipuan)

Model HYIP

Model HYIP sering dikaitkan dengan model penipuan yang dikenal dengan nama Ponzi scheme.

Model penipuan Ponzi scheme berjalan dengan cara :

1. Tidak ada investasi dalam arti investasi sebenarnya (forex, index, saham, obligasi dll)

Lihat penjelasan sebelumnya mengenai instrumen investasi

2. Admin bisa membayar investor dengan menggunakan dana investor lainnya.

3. Bunga investor awal dibayar dari modal yang disetor investor selanjutnya, ini artinya bunga dan modal investor selanjutnya akan dibayar dari modal investor selanjutnya lagi.

Bila ini terjadi maka lama kelamaan sistem investasi ini aka runtuh dengan sendirinya ketika beban bunga investasi yang ditanggung jauh lebih tinggi bila dibandingkan jumlah investor baru yang masuk berinvestasi.

Model Investasi ini pun akan menjadi runtuh ketika tidak ada investor baru yang bersedia untuk melakukan deposit uang.


PS : Saya sendiri ingin mencoba tetapi tidak berani, lagian investasi dengan modal 10rb? Jumlah segitu kan uang bensin motor selama setengah minggu, sayang ah hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::