Advertorial Bisnis Online

Bermain Saham




Masih kurang mood untuk menulis artikel dengan serius dan berbobot. Postingan kali ini terpaksa tidak tentang bisnis online tetapi sesuatu yang lebih ringan yaitu secuplik pengalaman saya tentang bermain saham.

Rasanya sudah bertahun-tahun saya mengamati perkembangan saham. Masih ingat benar saya ketika mencatat pembelian dan penjualan saham lewat excel sebagai bentuk bermain saham secara virtual.

Saham unggulan saat itu dan memang yang saya beli secara virtual adalah BBRI dan JPFA. Keduanya berlatar belakang berbeda yaitu saham blue chip dan saham secondary line.

Seingat saya lagi, BBRI waktu itu hanya seharga 3600 dan JPFA tidak sampai 2000. Tetapi setelah beberapa tahun semuanya memang berubah. BBRI menanjak naik hingga diatas 12.000 sehingga saat ini sahamnya di split dan pada saat tulisan ini ditulis diperdagangkan di harga 6500.

Berbeda dengan JPFA, saham yang tergolong secondary line memang tidak sekencang dan se stabil bluechip seperti BBRI. JPFA hanya diperdagangkan di level 3500.

Satu kesimpulan yang dapat diambil disini adalah investasi saham itu seharusnya adalah investasi jangka panjang. Apabila ada orang yang bermain harian (trading saham), maka dapat dipastikan dia bisa saja mendapatkan keuntungan pada saham BBRI misalnya tetapi ketika sudah terlanjur dijual, BBRI bisa naik lagi dan dia terpaksa membeli lagi untuk mendapatkan kenaikan berikutnya.

Pada praktek trading saham, seorang pialang dapat saja mendapatkan keuntungan besar dalam waktu cepat dan sebaliknya mengalami kerugian besar dalam waktu yang tidak kalah cepat pula.

Ada banyak sekali pengalaman bermain saham, yang ingin saya ceritakan namun saya masih belum mood untuk menulis lebih. Kalau anda tertarik tentang tata cara bermain saham dan triknya, mungkin kita bisa berdiskusi disini, tulis saja di kotak komentar ya kawan, selamat berinvestasi saham

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::