Advertorial Bisnis Online

Alun-Alun Selatan kota Jogja


Beringin Kembar


Masih seputar kota Jogja, kali ini fokus penulis adalah salah satu alternatif wisata malam di Yogyakarta aka Jogja yaitu alun-alun selatan / alun-alun kecil jogja beserta potensi bisnis yang ada disana. Bagi yang belum pernah kesana, coba deh kunjungi wisata malam di alun-alun selatan sebelum ke tempat hiburan malam lain. Lokasi alun-alun selatan yogyajarta (Jogja) adalah sebagai berikut :



Alun-alun selatan jogja cukup ramai terbukti dari banyaknya kendaraan bermotor yang parkir disepanjang alun-alun tersebut utamanya pada malam minggu. Salah satu ikon menarik di alun-alun selatan jogja bagi wisatawan adalah keberadaan beringin kembar yang memiliki mitos tersendiri (klik disini untuk membaca mitos seputar beringin kembar). Potensi wisata inilah yang kemudian membuat daerah ini berkembang menjadi tempat wisata menarik khususnya malam hari.




Becak Hias/Lampu

Terdapat beragam becak lampu hias dengan kemudi bundar seperti mobil lengkap dengan rem tangan. Becak lampu ini kemudian jadi salah satu ikon yang menjadi nilai tambah alun-alun selatan jogjakarta. Permainan lampu di becak tertanyata menjadi pemandangan menarik di alun-alun tersebut.

Keindahan malam ini kemudian dilengkapi dengan penjual mainan anak berupa baling-baling dari bambu yang dilengkapi dengan lampu dan batre jam ("dikenal dengan nama kitiran menurut bahasa jawa"). Kombinasi permainan lampu dari becak, kitiran dan ikon beringin kembar memang menjadikan tempat ini ramai.

Kehadiran penajaja makanan kecil khas jogja cukup memanjakan pengunjung. Dengan harga yang cukup murah, pengunjung dapat beristirahat dan menikmati suasana malam beralaskan tikar dilengkapi menu makanan seperti tape, pisang goreng, rondhe, kopi susu dsb.

Penulis pun mencoba salah satu becak hias dan iseng bertanya tentang budget pembuatan berserta omzetnya. Menurut pemilik becak, harga pembuatan becak hias sejumlah Rp. 9 juta dapat balik modal dalam 3 bulan. Apbila diasumsikan hari ramai adalah jumat, sabtu dan minggu didapat perhitungan sbb :
  • Harga becak : Rp. 9.000.000
  • Harga Sewa : Rp. 20.000
  • Jml Sewa Jum'at : 10
  • Jml Sewa Sabtu : 20
  • Jml Sewa Minggu : 10
  • Jml sewa per bulan : 40
  • pendapatan per bulan : Rp. 3.200.000
  • gaji pegawai : Rp. 200.000
  • pendapatan bersih Rp. 3.000.000

Bagaimana? tertarik untuk berkunjung ke alun-alun selatan? atau justru tertarik membangun bisnis becak hias di sana?

Untuk informasi potensi bisnis lain yang bisa dibangun disana adalah persewaan blind fold (tutup mata) bagi mereka yang ingin membuktikan mitos dengan menerobos beringin kembar.

3 komentar:

  1. asik banget nih tempatnya,
    yang lum kesini nyesel banget dah

    BalasHapus
  2. @bisnis tiket
    terima kasih atas kunjungannya ke pusat informasi

    penulis ingin mengupas tempat wisata lain di Jogja diantaranya adalah tugu jogja (titik nol kilometer) dan borobudur

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::