Advertorial Bisnis Online

Tips Hemat Baterai Android


HP Android merupakan HP sejuta umat yang berhasil mengalahkan pamor gadget lain seperti iPhone dengan iOS nya, Samsung Bada, dan keluarga Nokia lain seperti Nokia Symbian, Nokia Asha dan bahkan Nokia Lumia. Kehebatan android rupanya juga diakui oleh Nokia dan hal ini terbukti dengan munculnya Nokia X Platform yang dikembangkan dari Android Jelly Bean.

Keunggulan dari HP Android ada pada fasilitas open source dimana banyak sekali developer dunia yang membuat aplikasi games ataupun tools baik berbayar atau gratis di Google Play. Banyaknya aplikasi dan games di android tentunya meningkatkan funsionalitas dari HP android. Namun demikian penggunaan dari HP itu sendiri pastinya dibatasi oleh Kapasitas Memori dan Baterai.

Kali ini pusat informasi internet akan membahas mengenai tips menghemat Baterai Android yang sangat membantu penulis dalam menghemat daya tahan Bateri Smartphone atau Tablet Android.


Layar

Salah satu poin yang paling memakan baterai adalah layar. Variabel yang dapat kita seting untuk menghemat baterai adalah tingkat kecerahan layar. Kurangi brightnes untuk menghemat baterai HP dan Tablet.


Wifi

Pemakan baterai kedua setelah layar adalah koneksi Wifi. Bila anda lebih mementingkan baterai, matikan selalu koneksi wifi pada saat tidak digunakan. Jangan hidupkan wifi secara terus menerus karena secara default Smartphone dan Tablet Android akan mencari konektifitas jaringan wifi dan hal ini tentunya sangat memakan baterai.

Ada beberapa sumber mengatakan setelah koneksi wifi dimatikan, masih ada job Android yang bertugas mencari konektifitas wifi dan hal ini tentunya memboroskan energi. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi matikan opsi Wi-Fi Scanning dengan cara mengakses "Wi-Fi Setting" lalu tab "Advanced" dan hilangkan opsi Wi-Fi Scanning dengan menghilangkan centang.


GPS

Satu hal yang sering mencuri energi baterai adalah GPS. Bila opsi GPS dihidupkan maka secara otomatis Android mencari titik lokasi kita melalui penerimaan satelit, tower Telekomunikasi (BTS) maupun Wi-Fi Akses Poin.

Untuk menghindari pemborosan energi, bila kita tidak ingin lokasi kita terdeteksi atau tidak ingin ada aplikasi lain yang mengakses lokasi kita, maka matikan pilihan GPS location and History pada menu Setting ==> Location ==> Google Location Reporting


Google Now Card

Google Now merupakan salah satu aplikasi Google yang bertugas untuk menginformasikan kepada kita mengenai berbagai hal tentang hal yang kita definisikan (card). Misalkan kita saat ini sedang mengunjungi suatu tempat. Maka Google Now Card akan mencari informasi tentang "nearby places" dan card tersebut akan muncul untuk memberitahu kita bahwa ada event atau lokasi yang menarik bagi kita diluar rute yang biasa kita kunjungi.

Matikan Google Now Card untuk menghemat baterai android dengan cara Pilih Google Now, lalu pilih gambar tongkat sihir (magic wand). Disini pilihlah hal-hal (card) yang benar-benar penting bagi kita.

Sebagai informasi GPS-reliant Card sangat memerlukan energi dan sangat memboroskan baterai Android. Bila perlu matikan card seperti "Travel Time" dan "Nearby Places" untuk menghemat baterai Android.


Battery Tools

Diluar kemungkinan diatas masih terdapat banyak hal yang dapat diperhatikan untuk menghemat Baterai Android seperti memastikan semua aplikasi telah mati bila kita tidak menggunakannya.

Aplikasi yang berjalan di Backgroud juga tentunya mengurangi umur baterai dan memboroskan energi terlebih lagi bila dia secara rutin meminta lokasi kita untuk dilaporkan ke server.

Cara termudah untuk mengetahui hal ini adalah dengan cara menginstall Battery Tools untuk menghemat daya tahan Baterai Android.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::