Advertorial Bisnis Online

Nanya cara Mixing dan Mastering di FL Studio ? Kok ke ChatGPT?

Gak usah bingung sama judulnya?

Jadi gini sejak ChatGPT sudah bisa diakses melalui web hampir seluruh kehidupan browsing saya berubah. Searching di google menjadi berkurang. Mungkin ini sebabnya pengunjung blog saya turun juga ya (Curcol hiks)

Tapi tidak apa-apa, pendapatan iklan dari blog sebetulnya kami jadikan bonus, misi pusat informasi dari awal adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara ahaha.

Kalau kamu masih nanya apa itu chatgpt, kamu tulis di kolom komentar deh, nanti saya ulas di posting berikutnya. Disini saya akan membagi pengalaman bagaimana saya menghemat beberapa ratus dollar, dengan tidak mengikuti kelas mixing dan mastering, dan malah hanya bermodalkan internet, mencoba dan mencoba.

Singkat cerita, lagu yang saya release di DSP (Digital Sound Provider) kali ya. kualitasnya masih jauh dibanding DJ luar negri. kalau sama dalam negri udah sama, sama - sama gitu2 aja maksud nya.

Nah menurut penduduk group WA nya mr Bonz Borneo, yang harus saya upgrade ada banyak, diantaranya pakai headphone khusus monitoring, lalu beli speaker monitoring (jangan hanya modal headset), terakhir adalah pastikan mixing dan mastering nya sudah bener.

Nah yang ketiga ini paling sulit, gmn cara memastikan nya? apa harus les dulu?

Well cara yang mudah adalah mendownload file FLP gratisan lalu menjadikan file tersebut sebagai standar stem dari mixing, dijamin langsung Cus bisa bikin lagu sehebat alan walker (kalau kamu dapat flp nya alan walker).

Tapi kalau gak punya kan perlu bikin sendiri ya, bagian mixing nya yang perlu di tanya ke ChatGPT,

Menurut hasil chat, saya perlu memperbaiki Mixing dan Mastering.

Mastering

Pada step ini cukup pastikan tiap track memiliki volume seimbang. Setelah dirasa imbang baru kita melakukan equing (equalization) pada tiap track untuk memastikan tidak ada track yang tabrakan suaranya.

langkah berikutnya adalah efek reverb, chorus dan delay untuk memperkaya suara.

bila perlu gunakan kompresor untuk meratakan suara dan tidak ada suara yang terlalu menonjol / kurang terdengar. 

Nah disini tadi karena saya kurangjelas apa itu equalization, saya nanya detail deh sama si robot, apakah ada standar EQ untuk kick, snare, clap, hi hat, bass, chords, pluck maupun melody?

Dijawab ada dong sama chatgpt, untuk deep house dia menyarankan komposisi EQ sbb :

Kick Drum : Bass Drum (60 sd 80 Hz) dan Treble Drum (2 kHz sd 4 kHz)
Hi-hat : (5 kHz sd 10 kHz)
Snare Drum: (200 Hz sd 5 kHz)
Clap: (200 Hz sd 5 kHz)
Bass: (40 Hz sd 120 Hz)
Chord: (200 Hz sd 2 kHz)
Pluck: (1 kHz sd 5 kHz)
Lead: (1 kHz sd 5 kHz)  

Pertanyaan lanjutan saya adalah bagaimana cara nge set frekuensinya menjadi seperti menggunakan plugin bawaan FL Studio ?

Chatgpt menyarankan plugin bawaan fl studio sbb :

- Parametric EQ 2
- Fruity EQ 2
- Fruity Filter
- Fruity Love Philter
- Fruity Convolver 

Saya tadi nanya ke dia bagaimana cara menggunakan parametric EQ2 untuk melakukan proses equing (equalization)? Jawabannya detail lho kawan, mungkin lama kelamaan tulisan saya ini gak ada yang baca ya, karena chatgpt aja cukup, dan google juga akan release layanan serupa dalam waktu dekat uhuy.

Kira2 gambarannya begini .. maaf sengaja screenshot supaya tidak kena pasal auto generated content oleh blogger.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::