Advertorial Bisnis Online

Mendisable Autoplay Windows XP

Beberapa waktu ini mulai beredar serangan virus komputer varian baru yang menularkan dirinya lewat sistem autoplay yang terdapat pada komputer. Celah ini dimanfaatkan oleh script virus untuk membuat dirinya tersebar dikomputer lain dengan memanfaatkan fitur autoplay yang ada pada Windows XP maupun Windows Vista.

Beberapa virus yang menyebar dengan cara ini adalah tipe virus conflicker, virus haris potter sampai dengan malware dan trojan lain yang sejenis. Penularan virus ini relatif cepat karena kita memang sudah terbiasa menggunakan media flashdisk untuk bertukar file misal antara komputer rumah/kos dengan warnet atau komputer rumah/kos dengan komputer kantor atau bahkan komputer yang terhubung dengan internet dengan komputer lain di rumah/kantor. Virus ini memang memanfaatkan kebiasaan kita yang sering bertukar file (mp3, presentasi, document, video dll).

Untuk mencegah penularan virus dari flashdisk ke komputer kita sebaiknya kita mendisable fitur autoplay pada komputer kita sehingga setiap flashdisk/CD/DVD yang masuk ke komputer kita tidak langsung menularkan virus namun bisa discan terlebih dahulu untuk dibersihkan.

Berikut adalah cara untuk mendisable autoplay pada Windows XP

Klik Start – Run, ketik gpedit.msc



Pilih Local Computer Policy - Computer Configuration – Administrative Templetes – System seperti gambar dibawah



Klik 2 kali Turn Off Autoplay pada kolong sebelah kiri seperti gambar dibawah



Pilih Enabled untuk mematikan autoplay nya, dan di bagian Turn Off Autoplay on: pilih All Drives seperti gambar dibawah, kemudian klik OK untuk mengaktifkan.



Restart komputer agar setting berjalan efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::