Advertorial Bisnis Online

Setting HP Sebagai Modem Internet

posting ini didasari kebutuhan penulis untuk "online" sehingga bisa sekedar cek email, update status di Facebook, menulis blog, mengupdate script iklan dan sekedar memeriksa total komisi yang telah diperoleh dari layanan pay per click.

Berdasarkan pengalaman pribadi, berikut adalah salah satu cara untuk melakukan koneksi internet dengan menggunakan HP dan bluetooth sebagai modem. Penulis menggunakan kartu im3 dengan voucher gprs 5rb untuk koneksi selama 250 menit. Kalau dihitung maka tiap 1 jam nya kita hanya membayar Rp. 1250,--. Lebih murah dari warnet? belum tentu!



"Setting Modem Over Bluetooth link"


Siapkan Bluetooth Module



Bluetooth yang digunakan oleh penulis adalah bluetooth class 1. Module Bluetooth ini ketika dimasukkan pada USB port langsung terdeteksi oleh windows XP SP2 sebagai generic bluetooth radio setelah itu akan muncul icon bluetooth di kiri bawah.

Tambahkan Handphone sebagai bluetooth modem

Handphone yang digunakan oleh penulis adalah Nokia 6120c yang telah support HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) atau yang lebih dikenal dengan istilah 3.5G. Untuk menambahkan sebagai bluetooth modem pertama-tama hidupkan terlebih dahulu bluetooth pada HP. Untuk informasi Bluetooth pada HP penulis telah direname dengan nama desainternet.

Setelah itu klik kanan pada icon bluetooth di pojok kanan bawah dan pilih menu add bluetooth device. Centang checkbox pada tulisan my device is set up and ready to be found. Setelah itu pilih HP yang akan digunakan sebagai bluetooth modem dan klik next







Pada jendela baru yang muncul isikan passkey pada radio button "let me choose my own passkey". Sebagai contoh kita bisa isikan "1234" (tanpa tanda petik) dan klik next. Komputer kemudian melakukan koneksi ke HP dan isikan passkey yang sama pada HP. Pada hal ini penulis isikan 1234 juga di HP yang digunakan sebagai bluetooth modem.



Setelah passkey dimasukkan, Windows akan mengenali HP kita sebagai bluetooth modem dan melakukan penginstallan secara otomatis. Bila berhasil dengan baik maka ketika kita membuka menu bluetooth device pada control panel, maka HP kita telah dimasukkan pada daftar phone and modem.



Untuk memastikan kita telah melakukannya dengan benar maka bukalah menu "phone and modem option" pada control panel dan pilih tab menu "modems". Disini akan muncul pilihan "standar modem over bluetooth" dan keterangan bluetooth modem mengunakan com port berapa. Pilih "properties", lalu buka tab menu "Diagnostic" lalu tekan tombol "query modem"



Bila muncul hasil :

ATQ0V1E0 - OK
AT+GMM - Nokia 6120
AT+FCLASS=? - 0
AT#CLS=? - COMMAND NOT SUPPORTED
AT+GCI? - COMMAND NOT SUPPORTED
AT+GCI=? - COMMAND NOT SUPPORTED
ATI1 - 359807017745154
ATI2 - V 03.70
25-05-07
RM-243
(c) Nokia
ATI3 - Nokia 6120
ATI4 - 2006_wk41_v9
ATI5 - OK
ATI6 - OK
ATI7 - OK


maka dipastikan bluetooth modem telah terkoneksi dengan sempurna. Biasanya muncul tulisan error bila bluetooth modem belum terkoneksi sempurna. Bila anda mendapatkan pesan eror, periksa kembali com port yang digunakan oleh komputer.

Ada kemungkinan bluetooth modem menggunakan port yang berbeda bila anda memasukkan bluetooth module pada slot USB yang berbeda dengan pertama kali melakukan setting. Namun bila anda menggunakan internal bluetooth modem, rasanya error seperti ini jarang muncul.



Setting Dial Up Connection

Untuk menambahkan koneksi internet dengan menggunakan bluetooth modem kita harus membuat koneksi dial up baru. Caranya adalah dengan membuka network connection pada control panel. Pada jendela baru yang muncul pilih create new connection (pojok kiri atas). Klik next dan akan muncul jendela network connection type.

Di halaman pertama ini pilih radio button "connect to the internet" lalu klik next. pada halaman kedua ini pilih "setup my connection manually" lalu klik next. Di halaman ketiga ini pilih menu "connect using dial-up modem" lalu klik next. Pada halaman berikutnya akan muncul jedela pilihan device yang bisa kita gunakan. Disini pilihlah "Standar modem over bluetooth connection" lalu klik next.

Berikutnya kita harus mengisikan ISP name. Disini kita bisa mengisi ISP name dengan bebas namun karena saya menggunakan im3 sebagai operator selular saya isikan saja indosatgprs (anda bisa mengisi dengan "pusatgprs" atau nama apapun yang anda suka) lalu klik next

Berikutnya kita harus mengisikan phone number. Disini karena saya menggunakan operator GSM maka bisa diisi dengan "*99#" (tanpa tanda kutip) lalu klik next.

Berikutnya kita harus mengisi username dan password. Anda bisa melihat setting lengkap mengenai hal ini bila anda menggunakan operator selular lain di tulisan saya sebelumnya yang berjudul setting internet dengan HP dan Bluetooth. Disini karena saya menggunakan im3 dan saya ingin agar dikenakan time based charging maka saya isikan

username : indosat@durasi
password : indosat@durasi
confirm password : indosat@durasi

setelah itu klik next/finish.

Bila anda berhasil maka akan muncul jendela



tekan dial komputer akan melakukan sejumlah proses dan bila anda menemui pesan error pastikan kembali bahwa anda telah memilih "standar modem over bluetooth link" dengan menekan properties pada jendela tersebut. Bila tidak ada pesan error maka anda akan terhubung ke internet dalam waktu yang tidak terlalu lama.


Catatan :

Bila anda ingin melakukan koneksi time based maka akan lebih murah bila anda membeli voucher gprs im3 dengan nominal 5rb anda bisa mendapatkan koneksi internet selama 250 menit. Voucher ini bisa anda dapatkan di seluruh pengisian voucher elektronik. Mungkin mereka belum tahu mengenai kode voucher im3 gprs ini untuk itu tanyakan terlebih dahulu apakah mereka dapat menjual voucer elektronik ini atau tidak.

untuk memutuskan koneksi anda bisa mematikan bluetooth pada HP atau klikkanan pada icon networking di kanan bawah dan klik disconnect.

O iya kalau masih belum bisa juga coba deh pastikan kamu telah mengaktifkan setting GPRS, 3G ataupun 3.5G di handphone. Kalau belum coba baca artikel saya tentang pengaktifan GPRS, 3G dan 3.5G

1 komentar:

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::