Advertorial Bisnis Online

Secarik Bisnis Online


Beberapa waktu lalu, saya masih berfikir bahwa pendapatan online yang berhasil saya dapatkan setiap bulan merupakan bentuk dari bisnis online yang saya geluti hingga saat ini. Namun demikian ketika mendengar dari teman mengenai ide sebenarnya dari bisnis online, saya sendiri jadi berfikir ternyata apa yang telah saya geluti selama ini barulah sebatas penghasilan online.

Apa yang telah dibayarkan dari website-website di internet tersebut hanya menandakan bahwa saya pribadi sebagai seorang blogger meluangkan sedikit waktu luang saya untuk bekerja sambilan menulis konten dan di posting ke blog hanya untuk mendapat uang dari pihak ketiga yang telah merekrut saya. Dengan kata lain penghasilan online yang saya dapatkan barulah hasil jerih payah saya untuk orang lain. Dengan kata yang lain lagi, sama saja saya bekerja untuk orang lain di dunia internet.

Lalu apa bedanya dengan ide dasar dari bisnis online? Bukankah mendapatkan uang dari internet juga sama dengan bisnis online? Ternyata tidak! ketika anda bekerja untuk mendapatkan klik iklan dari kliksaya.com ataupun kumpulblogger.com dan google.com sekalipun, anda barulah sebatas pekerja yang memperkaya mereka dan tidak memperkaya diri anda. Mungkin saat ini bisa saja anda mendapatkan hingga ratusan ribu per bulan atau bahkan ratusan dollar per bulan. Namun demikian ingat bahwa anda bekerja untuk mereka?

Lalu apa masalahnya? Menurut pengalaman beberapa rekan yang juga menggeluti dunia PPC (pay per click) dan telah berhasil mendapatkan gaji bulanan secara online, mereka masih was-was mengenai kapan situs PPC seperti google akan memecat mereka? Kalau sekarang anda bertanya ngapain google memecat mereka? maka ada banyak sekali cerita bahwa publisher Indonesia jatuh karena banyaknya klikfraud pada situs mereka yang anehnya berasal dari Indonesia pula!

Saya hanya ingin mengatakan bahwa ketika anda bekerja untuk orang lain di dunia online, maka anda belum membangun bisnis online. Anda hanya dapat dikatakan menjadi pekerja online :) Sedih? silahkan karena bila anda sedih maka anda sadar bahwa situs PPC bisa memecat anda kapanpun ketika terjadi fraud klik pada situs anda. Kemungkinan besar fraud klik dilakukan oleh orang yang tidak menyukai anda atau sedang dendam dengan anda.

Berhati-hatilah dan bangunlah bisnis online anda sendiri ya!

2 komentar:

  1. maksudnya kita harus semaksimal mungkin menggunakan internet untuk berjualan?

    BalasHapus
  2. @anonim

    betul sob, emang begitu ide dasar dari binsis online dan itulah bagaimana sebuah bisnis online bisa menjadi kerajaan yang besar

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::