Advertorial Bisnis Online

Internet 3G dan Flash Telkomsel




Beberapa minggu lalu penulis sempat kebingunan mengenai proses perhitungan koneksi internet Telkomsel Flash. Bagaimana tidak setelah beberapa bulan berlangganan internet dengan simPati Flash Ultima - Volume Based, permasalahan baru muncul ketika bulan ketiga berlangganan.

Penulis mengalami permasalahan cukup unik yaitu ketika berlangganan Internet Flash Ultima - Volume Based senilai Rp. 60.000 penulis mendapatkan dua buah paket volume internet sebesar 2 GB dengan rincian 1 GB Flash dan 1 GB 3G. (O iya cara berlanggan Telkomsel Internet cukup dengan menekan *363#, nanti pembaca akan dipandu dengan menu layanan yang ada)

Berhubung penulis rajin memeriksa kuota dengan cara menekan *889# maka penulis mengetahui paket data mana yang masih bersisa dan berapa banyak yang telah digunakan untuk membuka internet.

Herannya adalah pada bulan ketiga penulis baru mendapatkan pengalaman unik dimana koneksi internet Telkomsel Flash selalu memakai jatah paket data 3G dan tidak pernah memakai jatah paket data Flash sama sekali. Alhasil setelah seminggu pemakaian, paket data 3G sudah habis dan paket data Flash masih tersisa 899 MB namun tidak dapat digunakan.

Setelah melakukan searching pada beberapa situs, didapatlah informasi bahwa paket data 3G akan otomatis digunakan apabila pelanggan Telkomsel berada pada jaringan 3G keatas. Sebaliknya, paket data Telkomsel Flash akan aktif apabila pelanggan Telkomsel Internet berada pada jaringan Non 3G (pada beberapa smartphone ditampilkan dengan tulisan EDGE).

Dari pengalaman ini penulis mengambil kesimpulan apabila jatah paket data 3G kita sudah habis dan masih memiliki jatah paket data Flash, kita bisa mengatur jaringan kita menjadi maksimal EDGE pada setinggan smartphone kita.

Pada Windows Phone misalkan, kita bisa masuk menu setting dan menurunkan pilihan Highest Connection Speed dari semula 3G menjadi E (EDGE) seperti tampak pada gambar diatas. Nah semoga para pembaca tidak ada yang bingung lagi ya dengan pemakaian jatah koneksi Internet Telkomsel antara 3G dan Flash

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::