Advertorial Bisnis Online

Mobile Cash Bank BRI

Sebagai salah satu Bank BUMN terbesar di negara ini, rupanya Bank BRI juga memiliki fitur Mobile Cash yang bisa digunakan oleh masyarakat umum yang telah memiliki rekening Bank BRI. Hampir sama dengan fitur e-cash dari perusahaan lain, mobile cash BRI dapat digunakan di semua tipe HP apapun mulai dari feature phone (HP yang hanya bisa untuk telp dan sms) hingga deretan smartphone seperti iPhone, Android dan BlackBerry.

Mobile Cash sangat berguna bagi penjual dan pembeli yang tidak ingin bertransaksi tunai. Khususnya segmen penjual menengah ke bawah dengan jumlah transaksi kecil yang belum memerlukan EDC (Electronic Data Capture) sebagai alat bayar.

Mobile Cash Bank BRI dapat ditemukan pada menu aplikasi BRI Mobile yang dapat di download pada Apps Store pada iPhone, Play Store pada Android maupun Application World pada BackBerry. Berikut adalah tampilan awal dari BRI Mobile pada smartphone BlackBerry


Aplikasi BRI Mobile pada BlackBerry

Tampilan Menu Bank BRI Mobile

Fitur Mocash Sendiri dapat digunakan pada menu Mobile Banking > Mocash dengan tampilan sebagai berikut :


Menu Mocash (Mobile Cash) Bank BRI

Untuk melakukan pembayaran, pembeli diwajibkan untuk mengisi data-data merchant meliputi Store ID, Jumlah Pembayaran dan Order ID.

Cara Pengisian Mocash Bank BRI

Penjelasannya adalah sebagai berikut :

Store ID merupakan nomor yang melambangkan toko yang ingin kita bayar. Biasanya kasir yang telah tedaftar sebagai merchant mocash BRI akan menempelkan nomor store id yang dapat digunakan oleh pembeli.

Jumlah Pembayaran adalah nominal rupiah yang harus kita bayar kepada toko tersebut. Masukkan sejumlah uang untuk membayar sesuai dengan nominal tagihan yang harus kita bayar.

Order ID dapat dikosongkan namun dapat juga diisi. Merchant Mocash yang administratif seharusnya mencatat setiap transaksi mocash BRI dan tiap-tiap pembeli mendapatkan order id yang unik. Hal ini berguna untuk melakukan penelusuran apabila terjadi masalah pada transaksi mocash seperti transaksi telah sukses namun penjual / merchant tidak menerima notifikasi yang sama seperti pembeli.


Bagaimana Mendaftar sebagai Merchant Mocash BRI

Cara mendaftar sebagai merchant BRI sangatlah mudah. Calon merchant hanya perlu untuk mengisi form permohonan yang telah disediakan oleh pihak BRI dengan melengkapi data sebagai berikut
  1. Calon merchant telah memiliki rekening BRI dan terdaftar pada fitur sms banking financial. Ada baiknya apabila merchant tersebut ditunggu oleh kasir yang bukan pemilik toko maka terdapat satu buah nomor telephone beserta HP yang ditinggal di kasir agar kasir tahu bahwa transaksi mocash pembeli berhasil atau tidak.
  2. Calon merchant menyampaikan surat keterangan usaha
  3. Calon merchant menggunakan provider telephone yang telah bekerja sama dengan BRI yakni Telkomsel, Indosat dan XL.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::