Advertorial Bisnis Online

Telegram Bot : Apa lagi itu?



Telegram Bot 
(https://telegram.org/blog/bot-revolution)


Pengertian Bot

Bot -- dikenal juga dengan robot -- adalah serangkaian script atau bahasa pemrograman yang ditulis untuk melakukan aktifitas tertentu yang telah didefinisikan oleh pembuat bot

Untuk mudahnya, pembaca yang suka games mungkin pernah mendengar permainan Pokemon Go! Permainan ini sangat booming di Indonesia jauh sebelum game resminya rilis di negara kita. Nah melalui sebuah bot pokemon entah itu necrobot, pokeninja, go simulator (bot pokemon go versi android) dll seorang pemain pokemon dapat mencurangi sistem kerja game pokemon menggunakan bot tersebut sehingga seolah - olah account game dia menangkap pokemon sendiri, mencari pokestop sendiri dsb hingga naik ke level terakhir yaitu level 40!

Bagi yang tidak suka game, secara mudah bisa saya gambarkan begini. Misalkan pembaca memiliki sebuah toko dengan database sendiri dan memiliki jaringan sendiri namun toko tersebut dijaga oleh pramuniaga toko tidak dijaga sendiri. Setiap tutup toko pramuniaga toko akan menyampaikan laporan penjualan hari itu diikuti dengan stok yang keluar.

Cara ini mungkin efektif bila toko pembaca tidak terlalu ramai, bila sangat ramai atau toko buka 24 jam, mungkin sebuah bot adalah jawabannya. Bila pembaca sudah menanamkan bot di dalam sistem, bisa saja kita bertanya jumlah stok kepada bot dan bot akan menjawab stok saat itu juga.

-- semoga sudah terbayang ya kegunaan botnya --


Bot Telegram

Bot Telegram memiliki konsep bot yang sama seperti yang lain bahkan lebih unggul dari bot whatsapp yang dulu pernah penulis gunakan dari segi legalitas, kecepatan maupun dukungan dari pihak telegram sendiri. Bot Telegram sendiri merupakan layanan yang diberikan oleh pendiri telegram sehingga sebuah bot dapat membaca pesan yang dikirim dalam group maupun secara personal sesuai perintah yang diberikan kepadanya.

Bot Telegram sama halnya seperti account chating telegram hanya saja dioperasikan oleh system, bukan orang. Jadi kalau kita berbicara dengan bot, maka system yang menjawab. ini seperti aplikasi simsimi ketika blackberry masih berjaya di Indonesia ^.^


Fungsi Bot Telegram

Terbayang tidak bila pembaca memiliki sistem yang bekerja 24 jam maka pembaca akan memerlukan tim monitoring dengan 3 shift untuk menjaga sistem tersebut. Ada biaya tenaga kerja yang harus dikeluarkan termasuk listrik untuk menghidupi PC maupun biaya lembur saat libur hari raya.

Melalui Bot Telegram, walaupun sistem berjalan 24 jam kita mungkin hanya perlu 1 shift pekerja yang tugasnya memonitor kinerja bot telegram. Bot telegram yang memonitor, manusia yang memonitor apakah bot masih bekerja.

Sebuah bot dapat juga difungsikan sebagai penasehat bila dia mendapatkan data yang cukup.  Misalkan pembaca memiliki apotek yang melayani pemesanan online dan juga melayani pembelian offline. Bot yang dapat mengakses stok bisa saja mengirim pesan kepada kita bahwa kita perlu melakukan restok. Atau justru bot telegram sendiri yang melakukan pemesanan re-stok dan dia hanya perlu memberi tahu kita bahwa stok menipis dan dia sudah melakukan re-stok.

-- Sempurna bukan --


Cara Membuat Bot Telegram

Rasanya terlalu berat jika saya mengulas cara membuat bot telegram disini. Mungkin pertama-tama pembaca bisa baca dulu di situs : https://telegram.org/blog/bot-revolution

Bila ada pertanyaan boleh deh di tulis di kotak komentar. Saya akan bahas pembuatan bot telegram di waktu dekat.

-- Stay tuned --



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::