Advertorial Bisnis Online

Cara Mengirim Uang ke Indonesia memakai Wiretransfer





Bila saat ini kamu sedang di luar negeri dan ingin mengirimkan uang kepada keluarga di tanah air, cara yang paling mudah adalah menggunakan fasilitas wiretransfer.

Jangan bingung, wiretransfer itu sama seperti transfer. Perbedaan mendasar keduanya terletak pada lokasi. Iya betul wiretransfer itu layanan transfer antar negara!

Lantas bagaimana cara transfer ke Indonesia melalui wiretransfer ini? Tadi katanya mudah?

Mudah sekali kok, pembaca hanya perlu mendatangi bank terdekat di kantor atau di tempat tinggal. Seluruh Bank di Luar Negeri pasti memiliki fasilitas wiretransfer ini.

Misalkan anda sedang bekerja di Arab Saudi dan ingin memberikan sebagian uang untuk orang tua yang masih tinggal di tanah air. Asumsikan saja mereka memiliki rekening BRI ya, kan memang hanya BRI yang memiliki jaringan unit kerja luas di Indonesia.

Data-data yang perlu disiapkan adalah sbb :

Nama Penerima

Nama Penerima harus sesuai dengan nama yang terdaftar pada rekening BRI. Misal nama lengkap penerima adalah Bagus Sugito Wastandri namun di Buku Tabungan BRI hanya tertulis Bagus Sugito, sebaiknya dicatat "Bagus Sugito" saja sebagai nama penerima.

Kode bank

Beberapa Bank di Eropa maupun Amerika mungkin mengenal kode bank dengan nomor "ABA Routing Number". ABA itu American Banker Association. Bank di luar itu lebih mengenal SWIFT CODE. Karena pura-puranya kita mau transfer dari Arab Saudi ke Indonesia, maka swift code lebih dikenal. Tetapi jangan kawatir setiap bank biasanya terdaftar di ABA Routing Number maupun SWIFT CODE.

Khusus ABA anda bisa menggunakan Google dengan contoh seperti ini :

bank rakyat indonesia ABA routing number pasti deh langsung dapet kode ABA Routing Number nya.

Nah khusus Swiftcode bisa di cek di http://www.swiftbic.com ya.

kalau sudah cek disitu pasti dapet kode BRINIDJA untuk bank BRI.


Nama Bank

Disini sudah jelas nama bank nya adalah "Bank Rakyat Indonesia", gunakan nama bank lain untuk mengirim ke rekening bank tersebut, tetapi swiftcode nya harus di sesuaikan ya.


Alamat Bank

Yang kami maksud alamat bank disini adalah alamat kantor bank tempat penerima transfer membuka rekening. Misal dia membuka rekening di BRI Surabaya Kaliasin, maka alamatnya diisi alamat kantor bank BRI Surabaya Kaliasin.


Nomor Rekening Bank

Tentunya ini poin yang paling penting diantara keseluruhan syarat untuk mengirimkan uang dari Arab Saudi ke Indonesia ya. Tanpa nomor rekening pastinya uang yang di transfer tidak akan lari kemana-mana. Periksa dan pastikanlah nomor rekening BRI yang dituju sudah benar sebelum mengisinya di wiretransfer form di Bank yang terdekat dengan anda.


Setelah mengirimkan uang menggunakan layanan wiretransfer. Uang tersebut diproses oleh Bank di Arab Saudi hingga ke Indonesia dalam jangka waktu 1 minggu.

Oleh karena itu mintalah keluarga anda menunggu beberapa waktu hingga uang yang dikirim dari Arab Saudi berhasil masuk ke rekening BRI di Indonesia ^.^


Tips : Bila kamu mengalami kesulitan dalam mengisi form wiretransfer, mintalah bantuan petugas bank di negara anda untuk membantu mengisi.

ABA Routing Number biasanya diisi bila pengiriman ke negara eropa dan america, untuk ASIA lebih dikenal SWIFT daripada ABA Routing Number.

O iya biaya kirimnya bervariasi antar bank, cobalah untuk bertanya kepada petugas terlebih dahulu ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::