Advertorial Bisnis Online

Tips Hemat Komunikasi di Arab Saudi

Banyak dari kita menjadikan ibadah umroh sebagai keharusan sebelum berangkat haji. Tidak sedikit dari mereka yang ingin bermunajat di dekat Ka'bah agar doanya cepat dikabulkan. Di sisi lain banyak juga yang berangkat kesana memang secara rutin sebagai ungkapan syukur atas nikmat Allah.

Apapun niat pembaca sekalian, kami doakan ibadah umroh maupun Haji yang dilaksanakan lancar tidak terkendala apapun, selamat di perjalanan baik ke tanah suci maupun kembali ke tanah air.

Nah penulis kali ini ingin memberikan sedikit informasi mengenai tips hemat berkomunikasi saat menjalankan ibadah haji maupun umroh ya!

Yang pertama perlu diketahui adalah, Kerajaan Arab Saudi memang membatasi layanan VoIP (Voice Over Internet Protocol). Gampangnya VoIp adalah layanan telepon berbasis internet seperti WhatsApp Call maupun Skype. Beberapa sumber mengatakan sejak awal 2016 Arab Saudi memang mengambil kebijakan tersebut untuk melindungi operator lokal. Namun demikian memang harus diakui bahwa tarif telepon ke Arab Saudi termasuk yang paling mahal dibandingkan tarif telepon ke negara lainnya.

Lalu bagaimana caranya bisa berkomunikasi murah saat di Arab Saudi?

Pertama-tama tentunya kita memerlukan perangkat untuk mengubungi keluarga dari Arab Saudi ya. Saat ini kehadiran ponsel sudah tidak asing mulai dari yang hanya bisa untuk menelpon dan sms, hingga smartphone canggih yang bisa dipakai untuk Telpon via Internet maupun Video Call dimana kita bisa melihat lawan bicara saat menelpon.

Untuk urusan pertama penulis yakin pembaca sekalian yang akan berangkat haji atau umroh pasti sudah memilikinya, selanjutnya adalah cara menelpon ke Indonesia.

Gambarannya cukup sederhana, sama seperti menelpon antar kota (interlokal) menggunakan jaringan kabel Telkom (PSTN : Public Switch Telepon Network), saat menelpon ke luar negeri kita perlu memasukkan kode negaranya. Untuk Indonesia, kode Negara nya adalah +62. Jadi bila ingin menelpon ke Surabaya, cukup tekan +62-31-(nomor telpon rumah). Bila ingin menelpon ke HP bisa tekan +62-(nomor HP). Contoh +6281333414771.

Sebaliknya bila keluarga dirumah ingin menelpon ke Arab Saudi, maka mereka bisa mengubungi nomor +966-(nomor HP Arab Saudi). Bila nomor HP dari Indonesia sudah didaftarkan, bisa langsung menghubungi nomor tersebut namun mereka yang sedang di Arab Saudi akan terkena biaya roaming Internasional. (Baca sini untuk mengetahui apa itu biaya roaming)


Pertanyaan berikutnya adalah seberapa mahal biayanya?

Tujuan melakukan Haji dan Umroh tentunya adalah beribadah. Oleh karena itu biasanya mereka yang berangkat Haji dan Umroh berpesan agar keluarga hanya menelpon saat darurat saja. Alasan ini memang sangat tepat karena selain mengganggu proses ibadah, biaya menerima telepon di Arab Saudi adalah Rp. 30.000 per menit. Cukup mahal bukan? Inilah kenapa kami ingin memberi informasi cara menelpon murah dari Arab Saudi.

Hemat Komunikasi Umroh dengan Telkomsel

Salah satu provider besar di tanah air sebetulnya sudah menjawab tantangan komunikasi di tanah suci dengan membuka Grapari di Arab Saudi tepatnya di Lantai P3 / Food Court di Grand Zam Zam/Abraj Al Bait (Depan Masjidil Haram). Pelanggan Telkomsel yang ingin menikmati murahnya komunikasi di Arab Saudi bisa mendapatkan bantuan aktifasi paket Umroh dan Haji di sana. Sangat membantu bila kita tidak sempat mengaktifkan layanan tersebut di Indonesia.

Adapun tarif komunikasi murah di Arab Saudi yang ditawarkan Telkomsel sebagai tarif Promo Umroh adalah :

- Telepon ke nomor Indonesia, Arab saudi, atau ke negara lain akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per menit
- Telepon ke negara lain akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per menit
- Terima telepon di Arab Saudi akan dikenakan biaya Rp 2.500 per menit
- SMS ke suluruh nomor tujuan dikenakan biaya Rp 750 per 160 karakter
- Akses Internet dikenakan biaya Rp 5.000 per MB
- Batas maksimum pemakaian GPRS per hari sebesar Rp 35.000

Untuk Paket Umroh diberikan layanan Gratis Data Roaming dengan biaya Rp. 275rb (9 hari) atau Rp. 375rb (14 hari) aktifasi paket data umroh dapat dilakukan dengan menghubungi *266# berlaku untuk kartu Hallo maupun Simpati / As.

Hemat Komunikasi Umroh dengan Indosat

Indosat Ooredoo rupanya juga memberikan layanan khusus umroh seperti Telkomsel. Tarif murah komunikasi yang ditawarkan Indosat adalah sbb :

- Paket Telpon dan SMS Umroh (Rp. 200 rb / 10 hari) memiliki fasilitas : 25 Menit Telpon ke Indonesia, 25 Menit menerima Telpon, 25 SMS
- Paket Internet (Rp. 220rb / 10 hari) memiliki fasilitas Internet Sepuasnya
- Paket Komplit (Rp. 350rb / 10 hari) memiliki fasilitas : Internet Sepuasnya, 30 Menit Telpon ke Indonesia, 30 Menit Terima Telpon dan 30 SMS

Cara aktifasi paketnya dengan menghubungi nomor *122*1# dari HP atau melalui aplikasi MyCare. O iya khusus Indosat di web resminya disebutkan bahwa paket tersebut mulai aktif terhitung saat kita berada di Arab Saudi, jadi bila pembaca melakukan pendaftaran sekarang, paket tersebut akan diaktifkan saat kita tiba disana (pertama menghidupkan HP di Arab Saudi).

Hemat Komunikasi Umroh dengan XL

Tidak lengkap rasanya membahas paket umroh dari operator besar tanpa menyebutkan si Biru. Bener Lho XL juga memiliki layanan paket umroh yang bisa dijadikan solusi telepon hemat ke tanah air. Untuk Kartu Pasca Bayar tarif telponnya hanya Rp. 5.000 per menit sedangkan layanan datanya sebesar Rp. 35rb per hari.

Khusus untuk kartu prabayar, dengan melakukan registrasi terlebih dahulu, kita bisa menikmati hematnya komunikasi umroh dari Arab Saudi hanya dengan membayar mulai Rp. 200rb untuk 10 hari. Tarif lengkapnya adalah sbb :


Benefits

Umroh Combo S
10 Hari

Umroh Combo M
10 Hari

Umroh Combo L
15 Hari

Masa Aktif

10 Days

10 Days

15 Days

Tarif (Rp)

200,000

300,000

450,000

Kuota Nelpon ke Nomor Indonesia atau Nomor Arab Saudi, dan terima telepon

25 menit

50 menit

75 menit

Kirim SMS

25 SMS

50 SMS

75 SMS

Internet

Unlimited

Unlimited

Unlimited

Adapun layanan roamingnya adalah sbb :


Layanan

Tarif (Rp)

Nelpon ke Nomor Indonesia

5.000/ menit

Nelpon ke Nomor Arab Saudi

5.000/ menit

Terima Telepon

2.500/ menit

Kirim SMS

1.000/ SMS

Terima SMS

GRATIS

Internet dan Blackberry Harian

35.000

O iya layanan Paket Umroh dari XL dikhususkan untuk kartu prabayar. Cara Aktivasi, Cek paket & Cek Sisa Paket Umroh Combo tekan *123*4254# atau *123*747#. Sama seperti Indosat Ooredoo, masa aktif paket dihitung saat kita tiba di Arab Saudi.

Bicara komunikasi murah tentunya adalah menggunakan teknologi internet yang saat ini sudah berkembang pesat.



Tarif Sms paling murah dari Arab Saudi adalah Rp. 750 per sms dari Indosat, apabila menggunakan smartphone, dengan layanan WhatsApp, Telegram, Line atau BBM, biaya kirimnya bisa gratis bila menggunakan jaringan internet Hotel.


Terkait menerima dan melakukan panggilan telepon, biaya yang paling murah adalah Rp. 5000 per menit dari Telkomsel. Tetapi bayangkan bila kita menggunakan teknologi Telepon melalui Internet (VoIP : Voice Over Internet Protocol) maka biaya teleponnya juga bisa gratis, ditambah kita bisa melihat wajah keluarga dirumah bila teleponnya melalui video call seperti Skype atau WhatsApp Call.

Bila anda membaca bahwa saya menulis di awal tahun 2016, kerajaan Arab Saudi memblokir beberapa layanan telepon via internet, maka saya sarankan agar pembaca yang ingin menghubungi keluarga melalui internet, cobalah untuk menginstall aplikasi voIP lain seperti Viber, ICQ, Just Talk, Tango dsb.

Kerajaan Arab bisa saja telah memblokir beberapa layanan Telepon via internet, namun pengembang layanan serupa sangat banyak, penulis yakin pasti ada beberapa layanan internet call yang bisa dipakai sebagai tips hemat menelpon dari Arab Saudi saat ini

2 komentar:

  1. Kisah Sukses Saya Jadi TKI Kontrak di Jepang berkat bantuan bpk drs AGUSDIN SUBIANTORO beliau selaku deputi bidang penempatan di kantor BNP2TKI pusat no hp dinas beliau 0823-5240-6469 Perkenalkan Nama Saya ridwan topik Budiman Asal Dari Samarinda (Kal-tim). Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi saya. KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi orang tua saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota Samarinda (kal-tim), dimana struktur tanah tempat kelahiran saya adalah pinggir laut dengan mata pencaharian masyarakat sekitar bagang dan empang , Pengorbanan keluarga yang selama mendidik membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi seorang nelayan, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1, Pada pertengahan tahun 2017 saya bertemu dengan seorang teman lama mantan TKI di jepang pertemuan saya di Jalan muara badak SAMARINDA kal-tim, Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT yang pernah membantu dia sewaktu di jakarta, Beliau adalah kepala deputi bidang penmpatan di kantor BNP2TKI pusat jakarta, atas nama bpk DRS AGUSDIN SUBIANTORO, Alamat kantor beliau Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770 kantor BNP2TKI pusat, Dan Teman Saya Memberikan No Kontak Hp Bpk AGUSDIN di Nomor 0823-5240-6469 dan saya mencoba menghubungi tepat jam 5 sore, singkat cerita sayapun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliau'pun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke akun email beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang. Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung didalamnya sangat luar biasa di rasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah saya bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri. Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekat’pun saya belum pernah sama sekali, Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan kami, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman saya, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga. MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, kami di jemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan kami diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa mencoba untuk menberani’kan diri menhubungi Bpk kepala deputi bidang penempatan BNP2TKI, BPK DRS AGUSDIN SUBIANTORO Ini No TLP/HP Beliau: 0823-5240-6469 siapa tau beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan. TERIMA KASIH

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::