Advertorial Bisnis Online

Tips Hemat Komunikasi di Arab Saudi

Banyak dari kita menjadikan ibadah umroh sebagai keharusan sebelum berangkat haji. Tidak sedikit dari mereka yang ingin bermunajat di dekat Ka'bah agar doanya cepat dikabulkan. Di sisi lain banyak juga yang berangkat kesana memang secara rutin sebagai ungkapan syukur atas nikmat Allah.

Apapun niat pembaca sekalian, kami doakan ibadah umroh maupun Haji yang dilaksanakan lancar tidak terkendala apapun, selamat di perjalanan baik ke tanah suci maupun kembali ke tanah air.

Nah penulis kali ini ingin memberikan sedikit informasi mengenai tips hemat berkomunikasi saat menjalankan ibadah haji maupun umroh ya!

Yang pertama perlu diketahui adalah, Kerajaan Arab Saudi memang membatasi layanan VoIP (Voice Over Internet Protocol). Gampangnya VoIp adalah layanan telepon berbasis internet seperti WhatsApp Call maupun Skype. Beberapa sumber mengatakan sejak awal 2016 Arab Saudi memang mengambil kebijakan tersebut untuk melindungi operator lokal. Namun demikian memang harus diakui bahwa tarif telepon ke Arab Saudi termasuk yang paling mahal dibandingkan tarif telepon ke negara lainnya.

Lalu bagaimana caranya bisa berkomunikasi murah saat di Arab Saudi?

Pertama-tama tentunya kita memerlukan perangkat untuk mengubungi keluarga dari Arab Saudi ya. Saat ini kehadiran ponsel sudah tidak asing mulai dari yang hanya bisa untuk menelpon dan sms, hingga smartphone canggih yang bisa dipakai untuk Telpon via Internet maupun Video Call dimana kita bisa melihat lawan bicara saat menelpon.

Untuk urusan pertama penulis yakin pembaca sekalian yang akan berangkat haji atau umroh pasti sudah memilikinya, selanjutnya adalah cara menelpon ke Indonesia.

Gambarannya cukup sederhana, sama seperti menelpon antar kota (interlokal) menggunakan jaringan kabel Telkom (PSTN : Public Switch Telepon Network), saat menelpon ke luar negeri kita perlu memasukkan kode negaranya. Untuk Indonesia, kode Negara nya adalah +62. Jadi bila ingin menelpon ke Surabaya, cukup tekan +62-31-(nomor telpon rumah). Bila ingin menelpon ke HP bisa tekan +62-(nomor HP). Contoh +6281333414771.

Sebaliknya bila keluarga dirumah ingin menelpon ke Arab Saudi, maka mereka bisa mengubungi nomor +966-(nomor HP Arab Saudi). Bila nomor HP dari Indonesia sudah didaftarkan, bisa langsung menghubungi nomor tersebut namun mereka yang sedang di Arab Saudi akan terkena biaya roaming Internasional. (Baca sini untuk mengetahui apa itu biaya roaming)


Pertanyaan berikutnya adalah seberapa mahal biayanya?

Tujuan melakukan Haji dan Umroh tentunya adalah beribadah. Oleh karena itu biasanya mereka yang berangkat Haji dan Umroh berpesan agar keluarga hanya menelpon saat darurat saja. Alasan ini memang sangat tepat karena selain mengganggu proses ibadah, biaya menerima telepon di Arab Saudi adalah Rp. 30.000 per menit. Cukup mahal bukan? Inilah kenapa kami ingin memberi informasi cara menelpon murah dari Arab Saudi.

Hemat Komunikasi Umroh dengan Telkomsel

Salah satu provider besar di tanah air sebetulnya sudah menjawab tantangan komunikasi di tanah suci dengan membuka Grapari di Arab Saudi tepatnya di Lantai P3 / Food Court di Grand Zam Zam/Abraj Al Bait (Depan Masjidil Haram). Pelanggan Telkomsel yang ingin menikmati murahnya komunikasi di Arab Saudi bisa mendapatkan bantuan aktifasi paket Umroh dan Haji di sana. Sangat membantu bila kita tidak sempat mengaktifkan layanan tersebut di Indonesia.

Adapun tarif komunikasi murah di Arab Saudi yang ditawarkan Telkomsel sebagai tarif Promo Umroh adalah :

- Telepon ke nomor Indonesia, Arab saudi, atau ke negara lain akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per menit
- Telepon ke negara lain akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per menit
- Terima telepon di Arab Saudi akan dikenakan biaya Rp 2.500 per menit
- SMS ke suluruh nomor tujuan dikenakan biaya Rp 750 per 160 karakter
- Akses Internet dikenakan biaya Rp 5.000 per MB
- Batas maksimum pemakaian GPRS per hari sebesar Rp 35.000

Untuk Paket Umroh diberikan layanan Gratis Data Roaming dengan biaya Rp. 275rb (9 hari) atau Rp. 375rb (14 hari) aktifasi paket data umroh dapat dilakukan dengan menghubungi *266# berlaku untuk kartu Hallo maupun Simpati / As.

Hemat Komunikasi Umroh dengan Indosat

Indosat Ooredoo rupanya juga memberikan layanan khusus umroh seperti Telkomsel. Tarif murah komunikasi yang ditawarkan Indosat adalah sbb :

- Paket Telpon dan SMS Umroh (Rp. 200 rb / 10 hari) memiliki fasilitas : 25 Menit Telpon ke Indonesia, 25 Menit menerima Telpon, 25 SMS
- Paket Internet (Rp. 220rb / 10 hari) memiliki fasilitas Internet Sepuasnya
- Paket Komplit (Rp. 350rb / 10 hari) memiliki fasilitas : Internet Sepuasnya, 30 Menit Telpon ke Indonesia, 30 Menit Terima Telpon dan 30 SMS

Cara aktifasi paketnya dengan menghubungi nomor *122*1# dari HP atau melalui aplikasi MyCare. O iya khusus Indosat di web resminya disebutkan bahwa paket tersebut mulai aktif terhitung saat kita berada di Arab Saudi, jadi bila pembaca melakukan pendaftaran sekarang, paket tersebut akan diaktifkan saat kita tiba disana (pertama menghidupkan HP di Arab Saudi).

Hemat Komunikasi Umroh dengan XL

Tidak lengkap rasanya membahas paket umroh dari operator besar tanpa menyebutkan si Biru. Bener Lho XL juga memiliki layanan paket umroh yang bisa dijadikan solusi telepon hemat ke tanah air. Untuk Kartu Pasca Bayar tarif telponnya hanya Rp. 5.000 per menit sedangkan layanan datanya sebesar Rp. 35rb per hari.

Khusus untuk kartu prabayar, dengan melakukan registrasi terlebih dahulu, kita bisa menikmati hematnya komunikasi umroh dari Arab Saudi hanya dengan membayar mulai Rp. 200rb untuk 10 hari. Tarif lengkapnya adalah sbb :


Benefits

Umroh Combo S
10 Hari

Umroh Combo M
10 Hari

Umroh Combo L
15 Hari

Masa Aktif

10 Days

10 Days

15 Days

Tarif (Rp)

200,000

300,000

450,000

Kuota Nelpon ke Nomor Indonesia atau Nomor Arab Saudi, dan terima telepon

25 menit

50 menit

75 menit

Kirim SMS

25 SMS

50 SMS

75 SMS

Internet

Unlimited

Unlimited

Unlimited

Adapun layanan roamingnya adalah sbb :


Layanan

Tarif (Rp)

Nelpon ke Nomor Indonesia

5.000/ menit

Nelpon ke Nomor Arab Saudi

5.000/ menit

Terima Telepon

2.500/ menit

Kirim SMS

1.000/ SMS

Terima SMS

GRATIS

Internet dan Blackberry Harian

35.000

O iya layanan Paket Umroh dari XL dikhususkan untuk kartu prabayar. Cara Aktivasi, Cek paket & Cek Sisa Paket Umroh Combo tekan *123*4254# atau *123*747#. Sama seperti Indosat Ooredoo, masa aktif paket dihitung saat kita tiba di Arab Saudi.

Bicara komunikasi murah tentunya adalah menggunakan teknologi internet yang saat ini sudah berkembang pesat.



Tarif Sms paling murah dari Arab Saudi adalah Rp. 750 per sms dari Indosat, apabila menggunakan smartphone, dengan layanan WhatsApp, Telegram, Line atau BBM, biaya kirimnya bisa gratis bila menggunakan jaringan internet Hotel.


Terkait menerima dan melakukan panggilan telepon, biaya yang paling murah adalah Rp. 5000 per menit dari Telkomsel. Tetapi bayangkan bila kita menggunakan teknologi Telepon melalui Internet (VoIP : Voice Over Internet Protocol) maka biaya teleponnya juga bisa gratis, ditambah kita bisa melihat wajah keluarga dirumah bila teleponnya melalui video call seperti Skype atau WhatsApp Call.

Bila anda membaca bahwa saya menulis di awal tahun 2016, kerajaan Arab Saudi memblokir beberapa layanan telepon via internet, maka saya sarankan agar pembaca yang ingin menghubungi keluarga melalui internet, cobalah untuk menginstall aplikasi voIP lain seperti Viber, ICQ, Just Talk, Tango dsb.

Kerajaan Arab bisa saja telah memblokir beberapa layanan Telepon via internet, namun pengembang layanan serupa sangat banyak, penulis yakin pasti ada beberapa layanan internet call yang bisa dipakai sebagai tips hemat menelpon dari Arab Saudi saat ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::