Advertorial Bisnis Online

Belajar PHP dan MySQL - Step 01

Salam kenal bagi pembaca pusat informasi yang baru. Penulis sebetulnya juga lulusan informatika lho, hanya saja pekerjaan saat ini memang bukan programer, tetapi karena masih seneng coding, akhirnya ketemu lagi sama yang nama PHP dan MySQL.

Langsung aja deh postingan kali ini kami ingin berbagi cerita mengenai cara mudah belajar PHP dan MySQL, O iya judul kali ini mungkin akan kami sampaikan dalam beberapa artikel bersambung jadi jangan lupa bookmark blog ini untuk mendapatkan informasi terbaru. Kalau mau cepet ahli mungkin bisa langsung belajar online atau ikut kursus pemrograman

Apakah saya membuka jasa belajar ?

Saya belum membuka jasa belajar, tetapi kalau mau tanya - tanya di kotak komentar, pasti saya jawab / respon.

Sebelum belajar PHP dan MySQL, pertama - tama pembaca harus memiliki aplikasinya bukan? Nah saya yakin hingga saat ini masih banyak yang memakai sistem operasi Windows. Untuk itu xampp adalah pilihan terbaik untuk belajar PHP dan MySQL.



Setelah mendownload xampp installernya, langsung saja install. secara default xampp akan terinstall di c:\xampp sebaiknya biarkan default supaya tidak sulit dalam belajar kedepannya.

Apabila kita membuka xampp control panel akan muncul halaman sbb :



Nah sebelum lebih jauh belajar, simak dulu isi folder di dalam c:\xampp


secara otomatis web di localhost akan aktif. Seluruh file yang ada di webhost kita akan ada di folder htdocs ==> c:\xampp\htdocs

seluruh konfigurasi php ada di folder php. untuk urusan database, xampp sudah menginstall webaplikasi bernama phpMyAdmin seperti yang tampak di folder. 

Kalau menurut saya sebaiknya folder phpMyAdmin tersebut di delete atau di rename karena banyak sekali celah keamanan yang terbuka bila aplikasi ini masih tertanam di komputer, terutama di server.

Lalu untuk urusan database sebaiknya pakai apa bang?

Penulis sendiri menggunakan aplikasi HeidiSQL. Aplikasi ini bukan database sendiri lho melainkan reader dari database lain seperti MySQL maupun SQL Server. Kalau kamu dulu suka pakai SQL Server maka ini seperti SQL Server for Client lah rasanya.

Download HeidiSQL dimana bang?

https://www.heidisql.com

Heidi SQL bisa di download disini atau klik di gambar diatas ya.

Setelah heidi terinstall, koneksikan heidi sql ke server database (dalam hal ini tetep di localhost sih, ketik aja localhost di alamat IP atau 127.0.0.1). Masukkan user root dan password root sebagai password default MySQL nya.

Kita bisa mengubah passwordnya nanti ya.

Sementara cukup dulu di pertemuan kali ini, kita jumpa lagi di Belajar PHP dan MySQL - Step 02 dalam waktu dekat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::