Advertorial Bisnis Online

Belajar PostgreSQL

 
PostgreSQL

Sebelum  melanjutkan pembelajaran kemarin tentang PHP dan MySQL, tidak ada salahnya teman-teman mengenal salah satu bentuk database lain yang bisa dihandle dengan HeidiSQL sebagai SQL Client.


Penulis sendiri belum pernah menggunakannya, bukan karena berbayar lho. PostgreSQL ini sebetulnya gratis, namun entah kenapa di dunia akademis yang terkenal ya MySQL dan MS SQL Server.


Nah kali ini kita coba kenalan yuk sama si gajah biru yang bernama PostgreSQL.


Ingat, PostgreSQL sama seperti MySQL lho. Keduanya sama - sama gratis. Kalau MS SQL Server jelas berbayar. Microsoft gitu lho. Tapi Di dunia kerja umumnya SQL Server juga banyak digunakan khususnya perusahaan softwarehouse yang menerapkan rapid development terutama bila client nya tidak keberatan dengan harga langganan. 

Lanjut ya tentang PostgreSQL



Teman - teman bisa mendownload secara gratis aplikasi postgreSQL di alamat www.postgresql.org
O iya PostgreSQL bisa digunakan di berbagai operating System seperti :
BSD, Linux, MacOS, Solaris dan tentunya Microsoft Windows baik 32 bit maupun 64 bit. Penulis sendiri menginstall di Sistem Operasi Andalan Windows 7 yang sudah tidak di support Microsoft Januari Lalu T.T

Cara installnya cukup mudah, tinggal next, next, yes, yes, yes saja haha.

lebih detailnya saja ulas berikutnya. ini saya juga masih nyoba. yang jelas dia juga punya aplikasi web serupa dengan phpMyAdmin dengan tampilan sbb :


Rupanya HeidiSQL saya yang versi portable tidak bisa dipakai untuk membaca database postgreSQL. Error yang muncul terkait binary Visual C++ 2013 yang belum terinstall. Dan Walaupun sudah di install masih saja error.

So sebaknya pakai MySQL saja ya. Lumba - lumba biru ternyata lebih keren haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::