Advertorial Bisnis Online

Cara mudah menjadi youtuber

Semangat Pagi rekan pembaca, salam sukses bisnis untuk kita semua.
Kali ini penulis ingin berbagi cerita tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari youtube. Aneh tidak kedengarannya? Saya rasa tidak.

Dulu mungkin iya saat pertama kali youtube dan koneksi internet di Indonesia mulai kencang, namun sekarang sudah banyak sekali artis Indonesia yang justru mengandalkan youtube untuk menghasilkan uang. Beberapa diantara mereka adalah Rafi Ahmad, Baim Wong, Ria Ricis, Dedy Corbuzer dsb.

Berapa memang yang mereka hasilkan dalam sebulan?

Menurut beberapa sumber (google aja kalau ragu) range pendapatan Ria Ricis mencapai 497 Juta  - 7,9 Milyar per bulan. Bila disetahunkan bisa mencapai Rp. 5,9 M s/d 95 Milyar.

Wajar dong banyak artis yang berebut uang di youtube. Biasa sih, dengan modal famous yang sudah tinggi, mereka pasti mendapatkan subscriber dan view yang banyak. Inilah sumber uang mereka yang baru.

Gak perlu lagi tahun baruan di Televisi atau di Ancol, rutin upload konten ke youtube, aliran uang dijamin tetap lancar.

Tingginya pendapatan yang berasal dari youtube inilah yang kemudian membuat masyarakat Indonesia berlomba - lomba menjadi youtuber.

Saya masih ingat ada seseorang pemuda dari malang yang cukup terkenal dengan nama channel bayu skak. Kalau di kira - kira, dia mendapatkan 8 juta - 140 juta per bulan dari youtube. Wow banget tidak sih.

Dulu generasi penulis bila ditanya cita - cita mau jadi apa ? Pasti dijawab dokter, polisi, tentara dsb. Generasi sekarang bila ditanya mau jadi apa, bisa jadi banyak yang menjawab youtuber!

Sekarang gimana sih cara menjadi youtuber? Atau kok bisa youtube menggaji youtuber? Darimana duitnya?
Pelan - pelan sob, kalau dijelasin terlalu cepat nanti malah gak masuk.


Pertama - tama, ingatlah youtube adalah miliknya Google. Google sendiri mendapatkan uang dari iklan. Ya betul sekali lagi Google mendapatkan uang dari iklan. Iklan dimana? banyak sekali diantaranya adalah iklan di halaman web, Iklan di mobile game, hingga iklan di video youtube.

Iklan di youtube sendiri ada banyak ya. ada yang di awal video, di tengah video maupun di akhir video. Ada juga iklan yang muncul saat kita search maka dia akan tampil di sekitar search bar dan hasil search. Jenius!

Kedua bagaimana jadi youtuber?

Gampang sekali, semua orang yang memiliki account gmail pasti bisa jadi youtuber. Caranya tentu saja dengan membuat channel terlebih dahulu. Kira - kira 1 email google diperkenankan untuk membuat 1 buah channel.

Setelah itu tinggal mengupload video ke youtube melalui youtube studio.

Apakah benar se simple itu gan?

Memang benar semudah itu kok. Hanya saja saat ini google menerapkan satu batasan dimana tidak semua orang yang menjadi youtuber langsung bisa mendapatkan uang.
Batasannya seperti apa?

Setiap channel yang ingin menampilkan iklan dan mendapatkan uang wajib mengikuti persyaratan Google yaitu memiliki subscriber sebanyak minimal 1000 orang dan memiliki jam tayang rata-rata setahun mencapai 4000 jam.

Susah tidak sih?

Sebetulnya sih susah kalau gak niat, kalau niat ya masih mudah. coba dihitung berarti hanya dengan mendapatkan 33 subscriber sehari, maka dalam sebulan, kita bisa mendapatkan 1000 subscriber bukan? 

Betul juga

Permasalahan berikutnya adalah jam tayang. 4000 jam public view bukanlah nilai yang sedikit. terutama bagi mereka yang kuota internetnya terbatas. upload video besar pasti terkendala kuota, kalau mau generik ya harus mengupload konten bagus supaya subscriber dan publik viewnya natural.

Nah kalau rajin bermain di internet sebetulnya ada sih beberapa group yang isinya mereka yang bertukar subs dan bertukar view. Cara ini yang bisa kita manfaatkan agar jumlah subscriber kita cepat meningkat sob.

Misal ada youtuber pemula gabung ke group youtube, dia akan menawarkan untuk menjadi subscriber dengan balasan orang lain juga subcribe ke channelnya. Saling menguntungkan menurut saya selama mereka semua tidak saling unsub di kemudian hari ya.

mengenai jam tayang juga sama, coba bayangkan dengan menggunakan 10 HP sekaligus, kita bisa memperoleh jam tayang minimal 20 jam sehari (rata - rata 1 HP 2 jam). Bila 1 tahun ada 365 hari maka jumlah view yang kita peroleh sudah mencapai 7300 jam perhari. Langsung deh bisa nampilin iklan di video kita.

10 HP terlalu banyak? rasanya tidak. Untuk HP xiaomi ada aplikasi dual apps, sehingga cukup 5 HP untuk mendapatkan view 20 jam sehari. Kenapa dibatasi 2 jam sehari? ya gak mungkin juga 1 orang bisa view lebih dari 2 jam secara normal ya.

Apakah harus normal?

Saya jawab iya, sama seperti iklan youtube di web atau di mobile games. Semua yang tidak natural akan di cap sebagai spam dan berujung banned permanen dari aplikasi google.

Jadi gimana cara curang menjadi youtuber namun tidak dinilai spam?

  • Tentukan channel
  • Tukar subs dengan channel yang sealiran
  • Tukar view hanya dengan mereka yang account youtube nya valid (bukan account dadakan yang dibuat hanya untuk menaikkan subscriber dan view)
  • Baru subs dan like setelah nge view minimal 3 menit (logikanya gak banyak orang suka video dan subscribe langsung sebelum 3 menit bukan?)
  • Rajin upload konten baru 
  • Usahakan punya konten dengan durasi 3 menit, 5 menit dan 10 menit. Biasanya tuker view maunya di angka menit tersebut
  • Setelah mendekati 1000 subscriber, segera buat konten dengan durasi 1 jam. Konten ini dipakai untuk meningkatkan jumlah view dikemudian hari dan jangan dadakan uploadnya. Ingat semuanya harus natural.
Bila ada yang mau ditanyakan tulis di kotak komentar ya. O iya kalau boleh, minta supportnya dong untuk subscribe channel saya di youtube. Saya pasti subs balik, tulis aja di komentar nama channelnya ya. saling bantu subs4subs kita.

search saja konten saya dengan judul




2 komentar:

  1. Video di konten saya rata2 di bawah 3 menit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila dibawah 3 mnt sebaiknya di view sampai habis ya

      Hapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::