Advertorial Bisnis Online

Bisnis Online - Tidak harus menjual barang

Menindak lanjuti komitmen saya untuk menulis tentang cara memulai bisnis online di internet, saya update satu lagi neh hari ini.

Perkembangan Bisnis Online

Bisnis online rupaya mulai berkembang pesat di Indonesia. Salah satu hal yang nyata ialah banyaknya sistem MLM yang mulai merambah ke pasar bisnis online di Indonesia. Banyak dari mereka menawarkan produk masing-masing secara online dan memberi pilihan kepada pengguna internet untuk tidak berhubungan langsung (ketemu muka) namun hanya lewat email, chat maupun blog.

Bisnis online dengan cara ini mungkin terlihat berbahaya bagi pengguna internet awam. Oleh karena itu biasanya tetap dilakukan pertemuan dengan pemilik situs bisnis online (MLM) tersebut sebelum user membeli produk.

Bisnis Online - ebook

Sementara bisnis online yang banyak dilirik oleh pengguna internet (baik awam maupun master :D) adalah mediasi jual beli ebook lewat situs internet mengenai berbagai bahasan diantaranya yang populer adalah : tips bisnis online, trik bisnis onlie, memulai bisnis online, rahasia bisnis onlie maupun teknik lain yang terkait dengan bisnis online lainnya. Bahasan yang tak kalah menariknya adalah mengenai teknik SEO, mendapatkan uang dari google adsense, VCC paypal dsb.

Bisnis online dengan penjualan ebook ini biasanya menawarkan harga relatif tinggi, karena nantinya si pembeli mempunyai hak untuk menjualkan kembali (funsi bisnis online referral) dengan komisi 50%. Win win solution mungkin, tapi tetap yang sangat diuntungkan adalah kamu - pemilik awal bisnis online penjual ebook tersebut bukan? Kalau seperti itu kenapa kamu tidak membuka bisnis online penjualan ebook kamu sendiri? Pasti sisi bisnis online ini lebih menguntungkan bukan?

Bisnis Online - Layanan Gratis

Salah satu geliat bisnis online lain yang saya perhatikan adalah mulai menjamurnya layanan - layanan masyarakat versi Indonesianya layanan masyarakat luar negri seperti : bisnis online PPC, bisnis online review produk, bisnis online referral, layanan upload dan share video, music , pictures, files etc. Layanan lainnya adalah layanan sejenis yahoo answer, layanan email, layanan sejenis friendster dsb.

Satu hal yang mungkin belum anda sadari adalah dari mana layanan gratis itu mendapatkan uang? Binsis online macam apa itu?? Jawabannya menurut saya cukup sederhana. Sama seperti stasiun TV dan radio maupun majalah (eh tidak majalah itu harus beli). Mereka mendapatkan uang dari penjualan iklan!! Iya betul bisnis online yang mereka garap masih di periklanan. Coba kamu bayangkan berapa yang diperoleh Google dari bisnis iklan?? Menurut satu situs yang saya baca seh omzet tahunannya lebih besar daripada hartanya sebuah negara kecil di afrika!

Bisnis Online tidak Menjual Barang

Intinya begini suatu situs bisnis online ternyata tidak harus menjual barang. Layanan gratis semacam ini bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Tentunya bila sudah ramai dan banyak pengiklan ataupun pengeklik iklan yang ada berkungjung di situs kamu. Saya sendiri memimpikan punya sebuah layanan gratis sendiri seperti indowebster, kliksaya, ppcindo dan layanan lain yang mulai menjamur di Indonesia.

Jadi siapa bilang bisnis online itu harus menjual barang?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::