Advertorial Bisnis Online

Kredit Kepemilikan Rumah – KPR



Cara mengajukan KPR
Syarat Mengajukan KPR
Agar KPR cepat di setujui

Bicara bisnis memang tidak ada habisnya. Bisnis online maupun bisnis offline seperti binis pulsa elektronik/pulsa elektrik yang sedang saya geluti memang menghasilkan keuntungan yang sedikit karena pendapatan sampingan dari hal ini juga termasuk kategori recehan.

Kali ini saya ingin sharing dengan rekan pebisnis online dan rekan reseller bisnis pulsa elektronik dan pulsa elektrik mengenai KPR. Beberapa waktu lalu saya membeli sebuah rumah di daerah jambangan Surabaya. Nama perumahannya Palm Spring Regency tapi jangan terpana dulu, uang saya gak cukup untuk membeli yang di dalam regency jadi saya beli Blok D yang nota bene berada di luar regency.

Nah karena saya hanya tahu persayaran KPR di Bank BRI saya coba membahas KPR Bank BRI saja ya! Saya yakin persyaratan KPR Bank Mandiri, KPR Bank BNI, KPR Bank BTN, KPR Bank BCA, KPR Bank Permata, KPR Bank Jatim, KPR bank Syariah Mandiri dll sama saja. Hanya berbeda di masalah bunga rasanya. Ini juga karena memang ketentuan mengenai bunga ditentukan oleh kantor pusat masing-masing bank dan bank pelaksana di daerah mempunyai kebijakan lain mengenai hal ini.

Pada prinsipnya cara mengajukan KPR adalah sebagai berikut :

Fotocopy Suami Istri
Fotocopy Kartu Keluarga / KK / KSK
Fotocopy NPWP Pribadi / SPT PPH21
Fotocopy Rekening Koran Tabungan/Giro Pribadi

Sedangkan dokumen jaminan yang dipersyaratkan adalah asli sertifikat HM / HGB (Hak Guna Bagungan). Asli bukti pembayaran PBB tahun berjalan, asli IMB dan atau asli rencana anggaran biaya (RAB) untuk mereka yang melakukan renovasi rumah.

Sebagai informasi produk KPR ini bias kamu gunakan untuk melakukan pembelian rumah, ruko, rukan sampai keperluan renovasi rumah. Khusus untuk apartment bank mengeluarkan produk sejenis dengan nama KPA (Kredit Kepemilikan Apartment). Di Bank BRI maksimal kredit yang dipersyaratkan adalah sebesar Rp. 5 Milyar sedangkan maksimal angsuran yang diperkenankan adalah 40% dari Take Home Pay (THP)/pendapatan bersih (Laba) bagi mereka yang menjalankan bisnis. Kalau kamu sudah menikah maka pendapatan ini bisa digabung antara pendapatan suami dan pendapatan istri sehingga total angsuran yang bisa kamu bayarkan juga naik. Pertanyaannya apakah nanti kebutuhanmu tidak meningkat kalau sudah menikah. Susu bayi mahal lho :p

Usia debitur yang diperbolehkan untuk meminjam KPR minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun untuk karyawan. Bagi pengusaha maksimal usia yang dipersyaratkan adalah 65 tahun. Agunan KPR adalah tanah dan bangunan yang kamu beli. Inilah mengapa bank perlu SHGB/SHM kamu untuk dijaminkan ke bank sebagai jaminan debitur dapat melunasi pinjaman KPR tersebut sampai lunas. Bila debitur karena suatu hal tidak mampu melunasi KPR tersebut, agunan berupa rumah dan bangunan kemudian akan diserahkan oleh Bank kepada kantor lelang KP2LN untuk kemudian di lelang.

Mendengar kata lelang berarti kamu punya kemungkinan untuk membeli rumah dengan harga murah dari kantor lelang bukan? Kami akan ulas mengenai cara membeli rumah dari kantor lelang lain kali aja ya. Diteruskan dulu neh ngomongin KPR.

Uang Muka KPR sangat tergantung dari kerja sama antara bank dan developer. Pihak bank biasanya hanya mempersyaratkan uang muka sebesar 20% dari harga jual rumah, namun diwaktu pameran hal ini bisa saja berubah tergantung dari kebijakan developer ketika pameran.

Jangka waktu KPR yang diperbolehkan biasanya mencapai 20 tahun namun perlu pebisnis online ingat bahwa dengan mengambil KPR selama 20 tahun kamu akan dibebani bunga dan harus mengangsur selama 20 tahun. Padahal biasanya karyawan masa baktinya kisaran 25 th– 20 th.

2 komentar:

  1. Informasi tentang kredit rumah melalui bank ini memang menarik. Sangat membantu bagi mereka yang butuh properti rumah atau property tanah.

    BalasHapus
  2. trims, info dari anda juga sepertinya tidak kalah menarik. Perumahan/Property memang salah satu kebutuhan yang pasti diperlukan, tanah tidak bertambah tetapi pembeli selalu bertambah, inilah kenapa rumah dan tanah selalu naik

    salam

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::