Advertorial Bisnis Online

Iklan PPC Lokal


Perkembangan PPC di Indonesia

Pay Per Click merupakan salah satu ladang bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Penyedia layanan PPC di Indonesia mulai bermunculan seperti jamur di musim hujam. Beberapa diantaranya adalah kliksaya.com, ppcindo.com, adsentra.com, adsensechamp.com, kumpulblogger.com dll. Mereka semua menawarkan hal yang sama yaitu layanan pay per click seperti halnya Google AdSense for Content yang terlebih dahulu booming di luar negeri.

Namun demikian karena akses Google Adsense yang terbatas dan tidak mendukung bahasa Indonesia, terdapat celah kecil yang bisa dimanfaatkan PPC Lokal untuk bermain sebagai penyedia layanan pay per click.

Publisher PPC Lokal

Blogger di tanah air rupanya sangat mendukung kehadiran PPC Lokal ini. Mereka berlomba-lomba mendaftar menjadi publisher untuk mendapatkan kumpulan receh dari layanan PPC Lokal. Beberapa situs besar rupanya juga tidak mau kalah, sebuah situs hosting files besar di tanah air juga ikut menjadi publisher dan tidak tanggung-tanggung dalam sebulan indowebster mendapatkan lebih dari 5000 klik.

Kalau misalkan satu klik memiliki harga rata-rata Rp. 300 maka keuntungan Indowebster dari iklan minimal adalah Rp. 1.500.000,-- ini berarti sumbangan pendapatan sebesar 1,5 jt bagi pemiliki kliksaya.com. Jumlah ini tentunya masih disumbang lagi oleh publisher lain sehingga pendapatan kliksaya.com dari bisnis iklan menjadi sangat besar. Inilah rupanya salah satu hal yang mendasari banyaknya provider PPC Lokal di tanah air

Advertiser PPC Lokal

Ada publisher yang menampilkan iklan, sudah semestinya ada juga advertiser yang menampilkan iklan. Advertiser PPC Lokal ternyata banyak juga di situs kliksaya.com sendiri telah ada setidaknya 200 iklan. Jumlah Advertiser PPC Lokal di Indonesia tentunya ditambah dengan jumlah advertiser dari PPC lain seperti ppcindo, kumpulblogger dll.

Jenis Iklan

Ada fenomena menarik mengenai jenis iklan PPC Lokal yang ada di Indonesia. Kebanyakan dari iklan di Indonesia masih di dominasi oleh program afiliasi berupa penjualan e-book, program MLM, viral marketing bisnis pulsa dan tipe bisnis online yang mengadopsi sistem piramida. Iklan dari advertiser masih belum ada yang diluar tema iklan diatas. Belum ada iklan yang menawarkan penjualan barang semisal rumah atau jasa tukang, jasa pembuatan roti dll.

Saya sendiri masih memimpikan adanya iklan dari perusahaan besar seperti telkomsel, xl maupun indosat yang mau bekerja sama dengan para blogger di Tanah air melalui penjualan content Handphone seperti ringtino, ringbacktone, wallpaper, smspremium, premium call dll. Masih belum ada juga iklan tentang bagaimana membuat blog yang bagus, iklan tentang situs pertemanan di Indonesia misalnya, atau forum nasional mengenai topik tertentu.

Iklan yang umumnya merupakan penawaran bisnis online sebetulnya membuat para publisher yang tidak sepaham menjadi tidak suka memasang iklan tersebut. Mereka berharap agar isi situs yang diiklankan bukanlah harapan kosong belaka namun sesuatu yang nyata.


1 komentar:

  1. Gak usah merendah gitu boss
    Artikel boss juga bagus2 kok..!!
    Salam kenal dan sukses yah

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::