Advertorial Bisnis Online

Turunnya Rasio Klik Iklan

Beberapa hari terakhir ini ada sesuatu yang menyita perhatian saya terkait dengan penurunan dari pendapatan iklan pay per click kliksaya.com. Saya menggunakan 3 zona iklan di salah satu situs saya yang ramai pengunjung. Salah satu zona favorit yang berhasil memasok income per hari sampai dengan minimal Rp. 3.000 / hari mulai berkurang kinerjanya. Walaupun jumlahnya tidak seberapa (cuma cukup untuk bayar biaya bulanan listrik dan air) saya terganggu juga dengan kinerja satu zona iklan ini. Berawal dari sinilah saya menyelidiki satu persatu penyebab yang mungkin terjadi.

Salah satu penyebab yang saya curigai adalah adanya proses penambahan server yang melayani kliksaya.com menurut David Ciang, admin kliksaya.com dia berencana untuk menambah satu server lagi sehingga kedepannya kliksaya.com akan dilayani oleh dua dedicated server. Sebetulnya ini merupakan salah satu keputusan yang bagus karena dengan dilayani oleh dua server maka publisher dan advertiser akan diuntungkan karena layanan iklan yang semakin cepat. Ini berimbas pada semakin cepatnya proses loading iklan yang secara langsung meningkatkan proses loading suatu situs. Dengan demikian pengguna internet akan semakin betah berlama-lama di situs dengan harapan dia tertarik terhadap salah satu artikel yang diiklankan dan melakukan klik atas iklan tersebut.

Namun demikian ternyata yang saya dapatkan adalah kebalikannya. Satu zona iklan yang saya tampilkan menjadi lebih lambat dari biasanya. Hal ini berimbas kepada pendapatan iklan yang berasal di satu Zona iklan tersebut. Singkat kata ini membuat pendapatan iklan dari minimal Rp. 3000 / hari menjadi setengahnya saja. Dan begitu pula jumlah klik iklan yang terjadi.

Kalau saat ini anda mengalami hal yang serupa, cobalah tinjau kembali efektifitas penggunaan zona anda. Satu hal yang saya tangkap dari zona kliksaya di situs saya adalah zona kotak berbentuk persegi (horizontal) yang biasanya disematkan di bagian atas posting menjadi lebih berat dari biasanya. Sebagai sebuah log di blog ini saya mencoba untuk mengganti zona persegi dengan zona horizontal biasa. Berhasil atau tidaknya akan di post lagi di blog ini sebagai feedback bagi teman-teman lain yang membutuhkan.

Menurut saya ada beberapa hal yang menyebabkan ini terjadi. Diantaranya adalah banyaknya pengguna kliksaya yang memasang zona seperti ini sehingga zona ini semakin berat loadingnya atau adanya proses penambahan server di kliksaya yang belum sempurna. Saya harap masalah ini cepat selesai sehingga baik publisher, advertiser dan pihak admin dapat mendapatkan hasil yang diharapkan seperti bulan-bulan lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::