Advertorial Bisnis Online

Tips Hemat Internet Volume Based

Posting ini didasarkan atas kebutuhan internet yang tinggi dan putusnya koneksi internet (gratis) dari Kantor

Iya betul setelah koneksi internet (gratis) dari kantor diputus tampaknya handset nokia 6600 ku harus beraksi kembali bersama dengan bluetooth module class 1 untuk menangkap sinyal GPRS sebagai konektifitas internet. Nah berawal dari sinilah saya kemudian mencermati sesuatu hal yang menarik.

Seperti yang mungkin telah anda ketahui, koneksi GPRS biasanya dilakukan dengan tarif volume based. Ini artinya kita harus membayar berdasarkan banyaknya paket data yang dikirim/diterima. Berikut adalah beberpa tips hemat internet volume based dengan menggunakan HP sebagai modem.

Non aktifkan images/gambar

Images/gambar memang merupakan salah satu hal yang memperindah tampilan situs. Namun demikian untk menghemat koneksi internet sebaiknya kita menonaktifkan tampilan gambar. Sebagai ilustrasi sebuah gambar biasanya memiliki besaran minimal 22kb. Ini berarti anda harus membayar Rp. 22 untuk 1 buah gambar (asumsi 1kb = 1 Rp).

Kalau di sebuah halaman web ada 10 gambar maka sudah harus membayar 220. Masalahnya kita tidak mungkin membuka 1 halaman saja bukan? Dan ukuran 22kb adalah ukuran minimal. Bagaimana bila anda harus membuka forum dengan banyak avatar dan gambar yang berukuran besar?

Untuk melakukan hal ini anda tingal masuk ke tools >> option >> content. Hilangkan tanda centang pada kata load images automatically (pada mozilla). Untuk Internet Explorer dan browser lainnya anda tinggal menghilangkan opsi ini pula.

Non Aktifkan Java

Java adalah bahasa pemrograman yang memungkinkan browser untuk menampilkan animasi dan data pihak ketiga sehingga sebuah situs tampak lebih indah. Sekali lagi karena ini dapat meningkatkan konsumsi data anda dan membuat biaya internet membengkak, jangan lupa juga untuk menonaktifkan java pada browser Internet anda.

Untuk mozilla anda dapat menghilangkan tanda centang pada kata "load java" pada menu yang sama dengan images dan gambar

Non Aktifkan Javascript

Sama seperti ulasan diatas javascript juga digunakan oleh browser untuk menerima perintah dari server dan diterjemahkan sebagai html bagi browser untuk ditampilkan ke pengguna internet. Javascript diperlukan oleh beberapa situs untuk mengalihkan parameter-parameter tertentu, fungsi forward otomatis, refresh otomatis dll.

Berhubung fungsi-fungsi tersebut dapat membebani volume data maka pada koneksi internet dengan volume based javascript juga harus dinonaktifkan. Walaupun demikian perlu diingat bahwa banyak sekali situs internet yang memerlukan javascript. Anda harus mengaktifkannya untuk membuka facebook, Google AdSense hingga ppc lokal seperti kliksaya

Untuk menonaktifkan javascript pada mozilla anda bisa membuka menu tools >> option >> content dan hilangkan tanda centang pada kata javascript.

Sebagai perbandingan setelah saya menonaktifkan java dan javascript, Ketika saya harus mengupdate blog dan membalas pesan di forum, saya bisa menghemat pemakaian volume based internet hingga 2.500 kb lebih kecil dibandingkan hari sebelumnya (dengan pemakaian yang relatif sama tanpa menonaktifkan java dan javascript)

Selamat mencoba dan semoga berhasil!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::