Advertorial Bisnis Online

Larangan Pemakaian Kartu Kredit

Bagi beberapa orang memiliki kartu kredit sangatlah mudah, namun demikian tidak sedikit dari mereka kemudian terjerumus dalam hutang karena kebiasaan penggunaan kartu kredit yang tidak bijak. Memiliki kartu kredit memang sangat mudah. Anda bisa mendapatkan formulir permohonan kartu kredit BRI di situs ini dan segera mengisi dan mengirimkan ke card center BRI.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, segera setelah permohonan anda diterima secara lengkap, card center BRI kemudian akan melakukan konfirmasi mengenai beberapa data untuk memeriksa kebenaran data yang anda isikan. Setelah itu kartu kredit pun dikirim ke alamat anda. Begitu mudah bukan untuk mendapatkan kartu kredit.

Satu hal yang pasti dalam penggunaan kartu kredit adalah pemeliharaannya yang gampang-gampang susah tergantung dengan kebiasaan keuangan yang kita miliki. Berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari agar kartu kredit yang kita miliki tidak membuat kita terjebak dalam perilaku berhutang.

Pembayaran minimum kartu kredit

Bunga kartu kredit lebih tinggi dari pada produk pinjaman perbankan lainnya seperti KPR, KKB, kredit modal kerja dan kredit investasi. Karena hal inilah karena bunga kartu kredit dihitung dari sisa tagihan yang belum dilunasi, sedapat mungkin bayarlah lunas tagihan kartu kredit anda. Hindari fasilitas pembayaran minimum karena anda diharuskan membayar jumlah yang lebih tinggi daripada hutang yang anda lakukan.

Sebagai ilustrasi dengan bunga kartu kredit BRI sebesar 2.68% maka dalam setahun kita akan terkena total bunga hingga 32%. Bila kita menggunakan kartu kredit bank lain yang bunganya lebih tinggi maka total bunga yang harus kita bayar juga menjadi lebih tinggi. Periksa bunga bulanan kartu kredit anda dan beralihlah ke kartu kredit BRI bila perlu namun yang pasti usahakan agar anda selalu membayar lunas tagihan kartu kredit anda atau usahakan membayar lebih tinggi daripada minimal pembayaran yang harus dilakukan.


Memiliki Lebih dari satu kartu kredit

Sebagai salah satu orang yang bertugas untuk memasarkan kartu kredit BRI, saya harus menjual kartu kredit BRI sebaik mungkin. Namun demikian karena saya memiliki tanggung jawab moral maka perlu kami sampaikan kepada anda untuk tidak memiliki lebih dari satu kartu kredit.

Hal ini penting karena biasanya mereka yang memiliki lebih dari satu kartu kredit akan membuat kita sulit untuk melacak penggunaan kartu kredit. Bila kita kesulitan untuk melacak penggunaan kartu kredit (terutama bagi mereka yang memiliki hingga 4 atau 5 kartu kredit) maka kita akan lupa dengan tanggal pembayaran tagihan kartu kredit dan bahkan lupa untuk membayar kartu kredit tersebut.

Bila anda termasuk orang yang memiliki kartu kredit untuk berjaga-jaga dan jarang untuk menggunakannya maka sebaiknya anda memilih kartu kredit dengan bunga murah dan iuran tahunan yang murah seperti kartu kredit BRI (bunga 2.68% dan iuran tahunan 90rb). Namun bila anda termasuk orang yang memiliki kartu kredit untuk membeli fasilitas yang diberikan oleh kartu kredit tersebut, sebaiknya anda membatasi pengeluaran dengan cara membatasi kepemilikan kartu kredit hingga dua kartu kredit saja.


Terlambat Membayar Tagihan Kartu Kredit

Ketika kita terlambat membayar tagihan kartu kredit, kita akan dikenakan denda keterlambatan pemabayaran yang cukup besar. Namun demikian satu hal yang perlu dilihat adalah nilai hutang yang kita lakukan juga akan meningkat karena kita terkena bunga kartu kredit. Sebagai solusinya catatlah selalu tagihan kartu kredit yang kita terima beserta tanggal pembayaran maksimalnya. Bila perlu lakukan pembayaran secara online dan teleponlah kartu kredit tersebut bila anda sudah membayar di waktu yang terakhir agar segera terbuku dan anda tidak dikenakan bunga kartu kredit.

Penarikan Tunai dengan Kartu Kredit

Penarikan tunai dengan kartu kredit harus dibayar dengan harga yang tinggi. Saya yakin anda hanya melakukan penarikan tunai dengan kartu kredit bila terpepet. Namun demikian kondisi darurat ini juga harus anda bayar dengan sejumlah beban bunga penarikan tunai yang tinggi. Untuk itu bila tidak perlu, jangan melakukan penarikan tunai dengan menggunakan kartu kredit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::