Advertorial Bisnis Online

Produk Baru vs Inovasi




Dalam memasarkan produk kita selalu dihadapkan pada dua pilihan. Apakah kita harus membangun bisnis dengan memasarkan produk baru ataukah kita memasarkan produk hasil inovasi dari produk pesaing? Ada beberapa poin yang mendasari pemasaran produk baru lebih menarik daripada produk inovasi, namun demikian ada juga poin lebih dari produk inovasi dibanding produk baru. Seperti apa perbandingan antar bisnsi produk baru vs inovasi?

Edukasi Pasar

Ketika kita memasarkan produk inovasi hasil modifikasi dari produk pesaing, maka tentunya kita tidak memerlukan biaya banyak untuk mengedukasi pasar. Hal ini terkait dengan biaya yang perlu kita keluarkan untuk memasarkan produk tersebut.

Biaya Penelitian

Dalam memasarkan produk inovasi hasil modifikasi dari produk pesaing, maka salah satu biaya yang dapat dikurangi adalah biaya untuk melakukan penelitian. Ini dikarenakan sebagian besar riset sudah dilakukan pesaing sehingga kita tidak perlu melakukan dari nol. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengamati pasar, menirunya dan memodifikasinya sebelum menerjunkan produk ke pasar.

Resiko Gagal

Mayoritas kegagalan umumnya sudah dialami oleh pemasar produk baru, oleh karena itu resiko gagal dalam memasarkan produk inovasi lebih kecil.

Trial and Error

Salah satu hal yang mendasari kenapa pemasaran produk inovasi lebih mudah adalah kita tidak perlu lagi melakuakn trial and error karena biasanya itu sudah dilakukan oleh pemasar produk baru.

2 komentar:

  1. Memasarkan barang merupakan tantangan bagi semua pengusaha, pengen tahu tips untuk memasarkan dan Mensukseskan Produk Baru di Laruno.com Portal Bisnis dan Karir Indonesia

    BalasHapus
  2. Memasarkan barang merupakan tantangan bagi semua pengusaha, pengen tahu tips untuk memasarkan dan Mensukseskan Produk Baru di Laruno.com Portal Bisnis dan Karir Indonesia

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::