Advertorial Bisnis Online

Berada di Halaman Depan Mesin Pencari



Rekan-rekan pembaca umumnya ingin ya berada di halaman depan mesin pencari seperti Google dan Yahoo? Nah sebetulnya ada banyak sekali kata yang tepat untuk menggambarkan strategi ini. Penulis pernah mendengar istilah asingnya yaitu SEO (Search Engine Optimization), tetapi terlalu muluk rupanya tekniknya karena memang hanya Google yang mengetahui algoritma dari mesin pencari mereka, penulis juga yakin ini berlaku untuk Yahoo, Bing, Baidu dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana bisa berada di halaman depan mesin pencari? Apa saja teknik yang mungkin bisa dilakukan? Atau setidaknya bagiamana penulis melakukan hal ini? Nah kalau pertanyaan yang terakhir mungkin penulis bisa menjawab dengan jelas.

Pada awalnya dulu penulis menggunakan teknik bold, underline, warna yang berbeda hingga penggunaan tanda kutip dua untuk kata kunci yang penulis inginkan. Kali ini penulis merasa teknik itu sudah tidak terlalu memenuhi tujuan penulis yaitu berada di halaman depan mesin pencari.

Baiklah, jujur saja disini penulis menggunakan pengulangan kata bukan? coba perhatikan ada berapa kata "berada di halaman depan mesin pencari". Lihat bahkan penulis masih menggunakan tanda kutip? Oh tidak itu hanya untuk membantu rekan semua bahwa penulis masih menggunakan perulangan kata kunci di setiap tulisan. Tapi hal itu hanyalah teknik ringan yang sangat gampang ditiru oleh blogger lain. Lalu apa yang harus dilakukan agar kita bisa tampil di halaman depan mesin pencari (ups tertulis lagi .. ..)

Untuk bisa tampil di halaman depan, sebetulnya kita harus memiliki konten yang unik. Kami ulangi, kita harus memiliki konten yang unik. Dalam bahasa luarnya bisa dinamakan sebagai "killer content". Maksud penulis disini adalah sedapat mungkin kita mencari topik yang sedang hangat dibicarakan dan akan terus dibicarakan. Misalkan kita menulis tentang saham. Maka kita akan bahas segala hal yang berkaitan dengan pergerakan saham terutama history serta alasan - alasan yang mendukung pada saat dimana terjadi lonjakan harga saham tertentu ataupun penurunan harga saham tertentu termasuk pergerakan IHSG.

Dengan semakin jelasnya tulisan tersebut, sebetulnya yang penulis bidik adalah komunitas. Iya betul komunitas! Bahkan Google sendiri meluncurkan Google Plus dengan harapan membidik komunitas seperti Facebook membidik komunitas?

Sekarang coba bayangkan, dengan tulisan yang menarik maka ada kesempatan tulisan tersebut akan di share oleh sebuah komunitas. Tentunya kita akan mendapat pengunjung dari komunitas tersebut dan apabila ada pembaca lain yang datang dari mesin pencari dan dia diarahkan ke situs komunitas tersebut maka bisa dipastikan akan diarahkan kembali ke situs kita sebagai asal dari tulisan yang di share di komunitas tersebut.

Dalam bahasa lain, artikel kita akan mendapatkan bobot tersendiri setelah di link dari situs lain yang lebih besar. Coba bayangkan misalkan kita mendapatkan link dari detik.com di halaman utamanya. Berapa banyak jumlah pembaca yang mungkin bisa kita dapatkan? Nah kenaikan jumlah pembaca inilah yang menurut penulis berakibat pada ranking kita di Google. Dimana semakin tinggi ranking kita maka semakin besar kesempatan untuk tampil di halaman depan mesin pencari.

Penulis sendiri memiliki beberapa situs lain yang saat ini memang sudah 5 bulan tidak pernah di update kembali karena kesibukan penulis dan untuk menyeimbangkan dunia maya dan dunia nyata. Situs tersebut dulunya tampil sebagai nomor 1 di mesin pencari untuk satu kata kunci yang memang penulis bidik. Namun demikian berhubung hobi berkembang, penulis memutuskan untuk tidak terlalu banyak melakukan update dan hanya melakukan link dari situs lain (link farm). Namun demikian hasilnya, sekarang situs tersebut hanya tampil di halaman ke dua dari mesin pencari sekelas Google. Dan tampil di halaman antah berantah di mesin pencari lainnya.

Selamat Mencoba!

1 komentar:

  1. Hey there! I'm at work browsing your blog from my new iphone!
    Just wanted to say I love reading through your blog and look forward to
    all your posts! Carry on the superb work!

    Take a look at my site Filing bankruptcy

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::