Advertorial Bisnis Online

Kemanan Jaringan Komputer





Latar Belakang

Tulisan kali ini mungkin tergolong "freak" dan berbeda dengan tulisan penulis pada umumnya yang membahas tentang tips blogging, bisnis online maupun dunia saham. Kali ini penulis ingin bertukar pikiran dengan rekan pembaca mengenai keamanan jaringan komputer, semoga bila ada rekan pembaca yang mungkin sedang mencari ide untuk sekedar tugas sekolah atau Tugas Akhir kuliah, bisa saja suatu saat nanti ide tulisan ini bisa digunakan (amin)

Penulis memperoleh ide ini ketika membaca salah satu modus pelacakan yang bisa dilakukan melalui facebook ataupun gadget canggih sekarang ini entah melalui operating system iOS ataupun Android. Ide tulisan ini juga didapat ketika mendapati beberapa fakta bahwa "di luar sana" pemerintah suatu negara sekalipun menggunakan malware untuk mendapatkan data sensitif tertentu dari suatu kelompok, perusahaan maupun negara lain.

Lalu apa yang ingin penulis kemukakan disini? Ide tugas sekolah atau tugas akhir seperti apa yang ingin ditampilkan? Baiklah, sekali lagi ide ini termasuk "freak" dan bisa saja terjadi bila seluruh aspek di suatu negara bekerja sama dalam satu konspirasi yang sangat besar.

Tujuan Malware

Pernahkah anda memikirkan tujuan dibuatnya malware? Berbagai macam alasan ada di kepala penulis, tetapi inti dari malware sendiri tentunya adalah mendapatkan apa yang diperlukan oleh pembuat malware dari komputer korban. Bentuknya bisa macam-macam dari mulai pemasangan keyloger tersembunyi yang bisa melaporkan user id maupun password korban, ataupun penggunaan komputer korban secara remote untuk praktek pembobolan data.

Sejarah Penggunaan Malware

Penulis sendiri pernah membaca informasi dari detik bahwa Jerman pernah membuat malware khusus yang digunakan sebagai mata-mata di jaringan komputer. Namun demikian hal ini rupanya diketahui oleh suatu kelompok dan kemudian penggunaan malware tersebut dianggap sebagai salah satu hal yang mengganggu privasi.

Namun demikian siapa yang tahu tujuan akhir dari Malware yang sekarang ini beredar? Coba bayangkan kalau tujuan memata-matai ataupun remote komputer ini masih di jalankan oleh suatu negara? Bukankah beberapa waktu lalu kita pernah mendengat ada satu virus komputer tertentu yang dibuat dengan tujuan mengendalikan reaktor nuklir?

Antivirus Vs Malware

Tapi tunggu bukankah sudah ada anti virus? Seharusnya antivirus yang bagus bisa digunakan untuk menghilangkan virus atau malware/trojan bukan?

Bila ini masih ada di kepala pembaca mungkin kita harus melihat tujuan pembuatan lebih jauh lagi dan kemungkinan teori konspirasi yang bisa saja terjadi. Bukankah dari awal saya sudah menyampaikan bahwa ide ini cenderung "freak". Bagi yang tidak setuju, tidak apa-apa karena memang ini hanya ide. Silahkan tutup halaman ini dan kembalilah mencari ide lainnya, bagi yang masih tertarik membaca, mari kita lanjutkan ya.

Benak penulis masih terganggu dengan banyaknya antivirus "handal" yang berasal dari luar negri. Memang anti virus dalam negri juga sudah ada, tetapi seberapa handal untuk mengenali perkembangan malware maupun trojan atau bahkan virus?

Kalau system yang dibangun antivirus lokal berasal dari algoritma yang diadopsi dari antivirus luar, bukankah masih ada kemungkinan malware tersebut dapat menghindari antivirus dan tidak dikenal sebagai malware/trojan maupun virus?

Nah bila seluruh komponen pengenalan virus di Indonesia ini berasal dari luar dan bahkan virus list/virus databasenya, maka banyak sekali kemungkinan komputer di Indonesia akan terkena malware yang tergolong rahasia yang tugasnya bisa saja mulai dari pembobolan macam-macam account baik email, facebook, hingga internet banking. Tujuan yang lebih berat tentu saja bisa saja malaware melakukan kegiatan download dan install program jahat lain seperti pengontrol reaktor nuklir, pembobol sistem perbankan, pembobol sistem dana pensiun dsb.

Anti virus sendiri biasanya di buat di luar negeri. Artinya bila suatu negara pembuat malware dan pembuat antivirus itu sendiri bekerja sama. Maka bisa saja ada script tertentu yang ditugasi untuk meloloskan Malware/Virus/Trojan tertentu.

Nah untuk mendukung teori ini, penulis ingin menantang rekan pembaca yang mungkin sedang mencari ide tugas sekolah maupun tugas akhir, terutama bagi mereka yang ingin mendalami pengerjaan antivirus dan pengenalan virus maupun trojan untuk membuat script tertentu dimana antivirus tertentu tidak bisa mengenali namun antivirus lain dapat mengenalinya.

Ada ide lain yang mendukung ataupun sanggahan? Mohon disampaikan melalui kotak komentar ya. Mari kita diskusikan bersama ide ini untuk kemanan jaringan negara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::