Advertorial Bisnis Online

Mengenal Jenis Pengunjung Situs






Pasive income yang bisa didapatkan dengan mengikuti program Pay Per Click (PPC) memang sangat fluktuatif. Salah satu hal yang mempengaruhi hal ini adalah jumlah trafik atau pengunjung dari situs kita. Tema inilah yang kemudian membuat penulis merasa perlu untuk membuat catatan berantai mengenai jenis pengunjung, jenis content dsb sebagai bahan pembelajaran diri sendiri maupun sharing dengan rekan pembaca pusat informasi.

Menurut pengamatan penulis, ada banyak sekali jenis kunjungan / trafik yang datang ke situs kita. Cara yang paling mudah bila menggunakan blogger, maka rekan sekalian bisa memanfaatkan stats yang ada di menu dashboard blogger.


Kunjungan dari Search Engine

Trafik / kunjungan yang berasal dari search engine umumnya sangat potensial berubah menjadi valid klik yang menghasilkan uang. Ini terjadi karena pengunjung yang berasal dari search engine memang sedang mencari informasi tertentu dan bisa saja dia mendapatkannya di iklan yang muncul di situs kita.

Kunjungan dari search engine memang salah satu hal utama yang harus diperhatikan oleh publisher. Inilah mengapa muncul berbagai macam wacana mengenai SEO yang intinya adalah berusaha mendapatkan kunjungan dari search engine dengan muncul di halaman pertama search engine seperti Google, Yahoo, Bing dll.


Kunjungan dari Forum

Hampir sama dengan kunjungan dari search engine, kunjungan dari forum juga memiliki potensi untuk berubah menjadi valid klik yang menghasilkan uang. Kunjungan dari forum biasanya membawa manfaat yang positif bagi situs kita karena jumlah trafik yang cukup tinggi.

Namun demikian umumnya ada satu hal / content yang sedang dicari oleh forum tersebut. Apabila content yang dicari adalah download link, maka hendaknya kita selalu memonitor link tersebut apakah masih hidup atau sudah mati (broken link). Ada baiknya walaupun link downloadnya masih hidup, kita tambahkan dengan mirror link lain sehingga kunjungan dari forum tersebut selalu konstan.


Kunjungan dari Social Media

Kunjungan yang berasal dari social media hampir sama jenisnya dengan forum. Namun demikian satu hal mendasar yang membedakannya adalah kunjungan dari social media seperti facebook umumnya tidak bertahan lama karena link yang di share pada social media secara cepat akan turun / menghilang karena banyaknya update pada social media.


Kunjungan dari Blogwalking

Umumnya kunjungan yang berasal dari blogwalking hanya bertujuan membalas kunjungan yang telah kita lakukan ke situs rekan kita. Bila ini yang terjadi maka bisa dipastikan, bisa saja rekan kita tersebut tidak tertarik dengan artikel yang dia komentari. Bisa saja dia berkomentar hanya untuk mendapatkan kunjungan balik dari kita.

Kunjungan yang berasal dari blogwalking tentu saja sangat kecil kemungkinannya menjadi valid klik PPC yang menghasilkan uang. Bila yang terjadi adalah sebaliknya, anda pernah melakukan hal yang sama, maka besar kemungkinannya situs kita akan di banned karena diduga masuk dalam jaringan click ring.

Menurut penulis, Blogwalking sendiri masih bermanfaat untuk menaikkan rank situs kita. Selain itu dengan melakukan blogwalking tentunya situs kita menjadi lebih dikenal. Coba bayangkan bila ada orang yang menyukai situs kita (entah karena contentnya atau tampilannya) dan merekomendasikannya di sebuah forum?


Kunjungan dari Loyal Customer

Berbeda dengan seluruh kunjungan yang ditulis diatas, kunjungan yang berasal dari loyal customer / pengunjung yang loyal biasanya tidak terpengaruh apapun kecuali jenis content yang kita sediakan. Kunjungan dari loyal customer juga bisa menjadi valid klik yang menghasilkan uang dengan catatan iklan yang muncul memang diminati oleh pengunjung.


Kesimpulannya adalah salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak valid klik yang menghasilkan uang dari program Pay Per Click (PPC) adalah dengan memperbanyak content atau merawat content / link yang ada di situs kita. Alasan inilah yang membuat penulis saat ini berkonsentrasi untuk memperbanyak jumlah content. Namun demikian tidak sembarang content, tetapi killer content.

Seperti apa sih yang disebut dengan killer content? Tunggu ya ulasan penulis berikutnya mengenai jenis content^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::