Advertorial Bisnis Online

Mengenal Jenis Content







Menyamung tulisan penulis sebelumnya yang banyak membahas tentang cara mengenal jenis pengunjung, kali ini penulis ingin mengajak lebih dekat dalam mengenal jenis content untuk mendapatkan lebih banyak trafik / kunjungan.

Pada dasarnya, menurut pengamatan penulis, saat ini terdapat 6 jenis content utama untuk menarik pengunjung internet yaitu

1. Information Based
2. File Based
3. Streaming Based
4. Image Based
5. Map based
6. Animation Based


Information Based

Walaupun penulis yakin bahwa sebagian besar content yang ada di internet berisi informasi, information based yang penulis kategorikan disini lebih ke arah text based berupa artikel blog, posting pada forum, email atau update status pada facebook maupun twitter.

Content yang berisi information based umumnya memiliki peluang tertinggi mendapatkan valid klik yang menghasilkan uang. Information based juga relatif murah karena siapapun bisa membuatnya dan bahkan copy paste dari situs lain.



File Based

Yang dikategorikan dalam file based disini adalah content yang harus di download untuk dinikmati. yang termasuk file based tentu saja video, image, audio/mp3, powerpoint template atau bahkan blogspot template atau wordpress template.

Situs yang memiliki content seperti ini biasanya memiliki banyak sekali pengunjung dengan tipe loyal. Mereka kembali membuka situs karena ingin tahu update terbaru dari content atau sekedar melihat apakah ada content lain yang menarik untuk di download.

Karena file based content merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pengunjung entah dari search engine, loyal customer atau forum, maka jenis content ini juga akan dicari oleh blogger yang suka menjual informasi akan info link download.


Streaming Based

Content dengan jenis ini mengharuskan pengguna internet selalu terhubung ke internet untuk menikmatik content. Streaming based yang terkenal adalah video sharing seperti youtube dan internet radio.


Image Based

Penulis memisahkan image based dari jenis content lain karena memang jenis content ini memiliki pengguna yang berbeda dengan jenis konten lainnya. Aplikasi image based bisa didapat dari situs yang menawarkan layanan baca komik secara online ataupun situs porno yang banyak memberikan gambar - gambar menantang.


Map Based

Situs dengan jenis konten map based mungkin tidak terlalu banyak dikenal oleh pengguna secara umum. Hal ini memang wajar karena aplikasi peta online sudah sangat banyak dan cukup dominan seperti Google Map, Garmin, Ovi Map dll.

Penulis pernah menemukan satu situs yang menawarkan sharing alamat dengan menggunakan Google Map sebagai peta dasar. Menurut penulis layanan ini bisa saja berkembang karena detail data yang ada di situs tersebut tidak akan didapat dari peta manapun seperti Google, Garmin dsb.


Animation Based

Yang penulis maksudkan pada jenis konten animation based lebih kearah animasi yang berupa game online yang dibangun dari flash. Jenis konten seperti ini tentunya akan memiliki pengunjung loyal yang bertambah seiring dengan popularitas game tersebut di Internet.

Penulis sendiri saat ini lebih banyak membuka situs animation based dan membuka game memasak atau game berdandan untuk dimainkan oleh anak penulis yang sedang belajar memegang mouse.

Itulah beberapa jenis konten yang ada di internet menurut pengamatan penulis. Kalau anda sedang mencari killer content yang dimaksud oleh penulis, rupanya harus menunggu beberapa saat lagi pada postingan berikutnya, selamat mengikuti ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::