Advertorial Bisnis Online

Error 501 Not Implemented




samsung galaxy tab 2

Hari ini penulis kedatangan tamu dari daerah. Dia adalah salah satu kawan penulis sejak sekolah mulai dari SD, SMP, SMA dan hingga sekarang pada saat bekerja.

Satu pemandangan yang membuat penulis bangga adalah dia tidak lagi membawa buku agenda yang tebal. Pada saat ini yang ada di tangan kirinya adalah sebuah gadget Galaxy Tab 2 terbaru.

Memang seperti saat ini bagi seorang marketer penampilan yang meyakinkan adalah bahan utama penunjang keberhasilan untuk memasarkan produk. Gadget seperti Galaxy Tab 2 setidaknya membuat dirinya semakin percaya diri dan "nyambung" ketika diajak bicara untuk mencari solusi terutama terkait produk yang dijual dan tentu saja teknologi perusahaan yang mensupport produk tersebut.

Setelah berbicara panjang lebar mulai dari pekerjaan, teman-teman dan keluarga, dia kemudian mulai bertanya mengenai "error" yang terjadi pada Galaxy Tab -nya. Dia mengatakan bahwa ketika membuka situs internet banking seperti https://ib.bri.co.id (internet banking Bank BRI). Herannya lagi ketika dia membuka situs Internet Banking Bank lain seperti KlikBCA, Mandiri maupun BNI selalu muncul pesan error yang sama yaitu "Error 501 Not Implemented"

Nah hal ini tentunya membuat rasa percaya diri yang semula tinggi menjadi turun bukan? Bayangkan bila ada user dia yang mengalami masalah sama namun dia belum bisa memberikan solusi?

Berbekal pertanyaan tersebut penulis kemudian mencoba membuka Galaxy Tab -nya. Awalnya penulis sedikit kesulitan ketika mengetahui bahwa bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia. Namun setelah beberapa saat penulis bisa juga membuka browser dengan tampilan full Bahasa Indonesia tersebut.

Memang dia memberikan alasan bahwa fitur Bahasa Indonesia diaktifkan untuk memperlancar si kecil dalam belajar membaca dan bermain melalui permainan interaktif. Jelas sudah fungsi Android Tab, semahal apapun memang digunakan untuk dua macam yaitu pekerjaan dan hiburan. Untuk keperluan pekerjaan tentu saja bisa berupa meningkatkan gengsi dan percaya diri ataupun hal lain yang dapat meningkatkan produktifitas seperti keperluan presentasi, sharing file dsb.

Kembali ke permasalahan semula yaitu pesan error "Error 501 Not Implemented". Pesan Error tersebut muncul karena browser secara otomatis hanya akan membuka halaman web secure (https) dengan modsecurity yang sama.

Bila setting bahasa (modsecurity) yang digunakan pada browser adalah bahasa Indonesia maka browser akan membaca ke halaman secure yang diimplementasi dengan modsecurity bahasa Indonesia pula. Bila halaman secure tidak ada yang berbahasa Indonesia, maka munculah pesan error "Error 501 Not Implemented" entah pada browser opera, firefox, brower android, safari pada iPad / iPhone dsb.

Mengatasi "Error 501 Not Implemented"

Untuk mengatasi hal ini cukup mudah yaitu dengan mengganti bahasa Galaxy Tab menjadi bahasa Inggris atau mengganti bahasa browser yang digunakan menjadi bahasa Inggris. Setelah melakukan penggantian bahasa, maka browser tersebut dapat digunakan untuk membuka halaman secure (https) seperti halaman Internet Banking BRI (https://ib.bri.co.id)

Apakah masih ada pembaca yang menemui pesan "Error 501 Not Implemented" ketika membuka internet banking setelah mengganti bahasanya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::