Advertorial Bisnis Online

Membuat Blog




Menyambung tulisan kami sebelumnya dengan judul mendapatkan uang dari google adsense secara step by step kali ini penulis ingin membagi pengalaman mengenai cara membuat blog.


Cara Membuat Blog

Saat ini rekan pembaca memiliki banyak sekali opsi untuk membuat blog mulai dari gratisan hingga berbayar. Menurut pengalaman pribadi penulis, ada tiga buah blog gratis yang cukup populer penggunaannya diantaranya adalah blogger, wordpress dan multiply.

Bagaimana dengan blog versi berbayar? Apa kelebihan dan kekurangan ketiga blog versi gratis tersebut? Penulis akan membahas hal-hal tersebut pada kesempatan berikutnya. Kali ini penulis ingin memahas cara membuat blog pada google blogger.


Kenapa Blogger

Rekan pembaca mungkin bertanya kenapa blogger? Kenapa bukan wordpress yang katanya lebih mudah dan bagus tampilannya? Sedikit informasi saja, berbekal pengalaman penulis wordpress versi gratis tidak mengijinkan penggunanya untuk menampilkan iklan dari pihak ketiga.

Berhubung hingga saat ini belum ada iklan dari wordpress sendiri, kami rasa sudah saatnya meninggalkan wordpress dan beralih pada blogger yang memang sudah dibeli oleh Google.

Tentunya integrasi Blogger dan Google memberikan layanan yang lebih baik terutama jenis iklan yang muncul setidaknya lebih sesuai dengan ulasan / content yang kita tulis.


Mengaktifkan Account Blogger

Perhatikan, penulis menggunakan istilah mengaktifkan, bukan membuat account blogger. Hal ini disebabkan rekan pembaca dapat login ke blogger dengan menggunakan account Google yang telah dibuat sebelumnya.

Caranya cukup mudah, kita tinggal membuka halaman http://blogger.com, setelah beberapa saat akan muncul jendela login. Isikan dengan userid dan password yang sama saat membuat account google.

Bila sebelumnya anda sudah login ke google, maka jendela login tidak akan muncul. Rekan pembaca secara otomatis akan melihat jendela awal blogger seperti gambar berikut :



Pada halaman diatas masukkan password account google anda dan tekan tombol "sign in". Rekan pembaca lalu masuk ke pilihan bloger profile yaitu antara create a limited blogger profile dan google+ profile dengan gambar dibawah :



Dalam hal ini karena penulis tidak ingin bergabung dengan layanan google plus (google+) penulis memilih layanan create limited blogger profile sehingga pilihan yang harus diisi selanjutnya adalah display nama sebagaimana gambar dibawah.


Email notification digunakan oleh blogger untuk mengirimkan email kepada kita mengenai pembaharuan fitur blogger terbaru. Silahkan pilih tanda centang bila anda menginginkan hal tersebut.




Mudah sekali bukan cara untuk membuat blog,




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::