Advertorial Bisnis Online

Membeli Laptop



asus zenbook

Sudahkah rekan pembaca mengganti laptop pembaca dengan keluaran terbaru? Apakah saat ini rekan pembaca sedang mencari laptop atau sekedar membandingkan harga laptop terbaru?

Membeli sebuah barang elektronik memang gampang-gampang sulit, ada beberapa orang yang ingin membandingkan harga terlebih dahulu sebelum membeli dan sebagian lagi membeli barang elektronik hanya kepada toko terpercaya karena menganggap layanan adalah hal yang paling penting terutama jaminan service elektronik tersebut.

Nah rupanya membeli sebuah Laptop juga berlaku hukum yang ada diatas. Namun demikian penulis menyarankan agar pembaca yang sedang mencari laptop baru atau sekedar membandingkan harga terlebih dahulu untuk mencocokkan antara budget dan fitur yang ada di Laptop tersebut.


Biasanya memang budget dan harga akan berbanding lurus. Ini artinya semakin tinggi fitur yang ditawarkan maka akan semakin tinggi pula harga sebuah Laptop tersebut.

Untuk membeli Laptop harus diperhatikan beberapa hal diantaranya :
- Processor
- Memory
- VGA Card
- Hard Disk Drive
- Operating System


Processor (Prosesor)


Prosesor merupakan otak sebuah Laptop. Pembaca yang hanya membutuhkan laptop/notebook yang banyak digunakan untuk mengetik saja tidak perlu menggunakan prosesor super cepat. Penggunaan prosesor dengan inti ganda seperti pentium i7 sangat berlebihan bila hanya digunakan untuk mengetik.


Memory


Bila prosesor kita ibaratkan sebagai individu yang bekerja maka memory bekerja seperti halnya sebuah meja kerja bagi prosesor. Nah semakin besar meja kita untuk bekerja tentunya lebih mudah untuk mengatur berkas kerja kita bukan, rupanya hal ini juga berlaku untuk memory, semakin besar dan semakin cepat memory kita maka akan semakin teratur kerja prosesor sehingga kinerja komputasi Laptop menjadi semakin cepat.


Yang perlu diketahui adalah memory yang terlalu besar dapat menjadi sia-sia bila kita hanya memakainya untuk keperluan mengetik. Bisa diibaratkan kita duduk dan bekerja di meja makan panjang ala eropa yang mengharuskan kita berdiri mengambil berkas di ujung meja dan bekerja di ujung meja satu lagi. O iya di saat penulis menulis artikel ini, memory yang penulis sarankan adalah minimal 2 GB. Penulis sendiri menggunakan memory 3GB dan berencana untuk membeli laptop baru yang dipersenjatai minimal memory 4 GB untuk keperluan running Windows 7 dengan Windows Phone Emulator.


VGA Card


VGA Card bisa dibilang salah komponen paling mahal pada Laptop. Pembaca yang menggunakan untuk keperluan sehari-hari mengetik sebaiknya memilih tipe VGA Card yang tidak mendukung komputasi yang terlalu berat seperti VGA dengan chipset intel. Apabila Laptop tersebut digunakan untuk keperluan gaming dan editing gambar maupun video, lebih baik memilih vga card dengan chipset nVidia atau ATI Radeon.


Hard Disk Drive (HDD)


Untuk menentukan seberapa besar hardisk yang kita perlukan, kita perlu melihat sendiri tingkat kebutuhan kita akan media penyimpanan. Apakah kita ingin menyimpan file office seperti word dan excel saja, apakah kita akan menyimpan foto maupun video juga?


Pada saat ini perkembangan fotografi dan video termasuk sangat cepat. Sebuah file jepretan kamera digital atau dari handphone sekalipun bisa berukuran hingga 5 MB. Untuk video tentu saja bisa lebih tinggi dari sekedar 50 MB.


Karena inilah bila kita memang ingin menyimpan foto dan video ada baiknya untuk memilih hardisk yang agak besar. Namun demikian apabila dana terbatas bisa dipertimbangkan untuk memilih hardisk yang tidak terlalu besar dengan harapan apabila nanti ada dana yang tersisa dapat dikumpulkan untuk pembelian Hardisk Portable yang sudah semakin murah.

Operating System


Operating System (sistem operasi) merupakan salah satu hal vital yang patut pembaca pertimbangkan. Beberapa rekan mengaku mereka mengalami pemeriksaan laptop di Bandara dan didapati tidak menggunakan windows asli (bajakan) dan dikenakan denda hingga 9jt. Bagi pembaca yang sering bepergian ke luar kota dengan menggunakan pesawat rasanya pembaca patut memperhitungkan untuk menggunakan software operating system yang asli. 

Bagi pembaca yang tidak ada budget tambahan, linux dengan lisensi bebas merupakan pilihan terbaik. Tetapi bagi pembaca yang cinta mati dengan windows pembaca harus rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan software windows original (genuine). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::