Advertorial Bisnis Online

BlackBerry Application Storage



Penulis yakin pembaca sekalian pernah mengalami masalah BB Lemot, BB Hang ataupun selalu tampilan jam pasir pada saat digunakan. Bila ini terjadi pada saat penting tentunya hal ini membuat kita sangat frustasi dan bisa saja kita kehilangan keuntungan hanya karena kontak bisnis tidak dapat berkomunikasi dengan kita.

Bila pembaca sekalian tidak mau repot dan memiliki dana lebih, ada pilihan untuk membawanya ke service center Blackberry terdekat untuk mengatasi hal ini. Namun demikian terkadang Gadget tersebut harus direlakan untuk menginap sehari atau dua hari untuk keperluan perbaikan.

Nah penulis memiliki trik lain untuk mengatasi permasalahan umum Blackberry seperti lambat, lemot, sering hang atau sering sekali tampilan jam pasir. Kalau penulis perhatikan, permasalahan tersebut terjadi karena memory pada handset blackberry yang dikenal sebagai application memory telah penuh sehingga free memory yang tersisa dibawah 15MB.

Ada banyak sekali cara mengatasi hal ini, diantaranya adalah dengan menghapus pilihan bahasa yang tidak pernah kita gunakan seperti yang telah penulis ulas pada kesempatan sebelumnya dengan judul meningkatkan application storage pada BB. Nah Kali ini penulis ingin sharing cara lain untuk meningkatkan respon Blackberry dengan cara menghapus file "other" yang tidak diperlukan di handset blackberry.

Untuk mengetahui seberapa besar file "other" yang memakan application memory blackberry dengan cara memilih "option/device/application management" lalu pilih tabs dengan nama "application storage" : contoh tampilan pada BlackBerry Davis adalah sebagai berikut :


Disitu juga terlihat seberapa besar application memory yang masih free serta application memory dengan nama other yang seharusnya bisa kita hapus secara aman.

Application storage dengan kriteria other merupakan flash memory yang digunakan oleh system atau aplikasi tertentu dan menurut penulis aplikasi atau system tersebut memiliki sebuah bug dimana dia meminta space kosong tetapi tidak pernah mengembalikan space tersebut ke system untuk dihapus dan digunakan kembali.

Alasan inilah yang dapat kita gunakan sebagai pegangan bahwa file-file yang termasuk kategori other dan membanjiri application storage relatif aman untuk dihapus.

Berikut adalah hal-hal yang aman untuk dilakukan untuk meningkatkan application storage BlackBerry, terutama space yang digunakan oleh kriteria others


Search

Pada beberapa seri BlackBerry terutama OS6, Metode Search pada system bekerja dengan membaca index dari seluruh file yang dibuat pada saat system BlackBerry dijalankan yaitu saat Booting atau Restart.

Semakin banyak kita melakukan restart dengan cara cabut pasang baterai maka total file yang di index oleh system ini bisa menumpuk dan membanjiri Application Storage dengan kriteria others.

Untuk meningkatkan Application Storage kita bisa saja mendelete search history dengan cara pilih Option/Device/Search. Disitu akan muncul menu delete search history, klik saja pada tombol tersebut dan selanjutnya pilih data resources yang diinginkan untuk muncul ketika kita ketik sebuah kata yang dicari untuk di search.



Backup BBM Contact dan Group

Secara berkala, system BlackBerry akan melakukan Backup terhadap kontak BBM termasuk Group BBM yang kita ikuti. File backup tersebut ukuranny variabel dan dapat semakin besar bila semakin banyak kontak BBM dan Group BBM yang kita ikuti. Cara menghapus Backup BBM Contact dan Group dengan menghapus manual menggunakan system explorer pada : Application/files

Untuk menambah Application Storage kita bisa menghapus Backup BBM Contact beserta Group pada alamat device/home/user/im/blackBerry messenger/[nomor PIN]/backup. Nomor Pin akan berisi nomor PIN dari Gadget kita sendiri. Tips dari penulis adalah hapuslah sebanyak mungkin backup kontak tersebut namun sisakan satu database backup dengan data terbaru.

Backup tersebut akan sangat berguna bila suatu saat aplikasi BBM kita rusak sehingga perlu dihapus dan di install ulang kembali. BBM akan membaca backup tersebut dan secara otomatis menambahkan kontak kita sebelumnya sesuai database kontak pada file backup tersebut.


App World Log

Pada saat kita membuka BlackBerry Application World maka BB OS akan membuat file log yang berisi informasi apa saja yang telah kita buka dan apa yang telah kita beli. Lama kelamaan tentunya file tersebut menjadi besar dan dapat mengurangi application storage pada BlackBerry.

Untuk menghapusnya pembaca bisa mengakses file Device/home/user/appworld/logs sebagaimana gambar berikut



Evernote Log

Sama seperti Blackberry Application World, applikasi evernote kerap membuat log serupa yang dapat mengurangi application storage. Untuk meningkatkan application storage dengan kriteria others, kita bisa langsung mendelete file tersebut sebagaimana gambar berikut :



Whatsapp Message Store

Sama seperti Evernote dan App World, aplikasi whatsapp, line, kakao talk juga bisa menyimpan log file serupa, hapus saja file yang tidak dibutuhkan untuk meningkatkan application storage blackberry yang telah termakan oleh kriteria others




4 komentar:

  1. Oke gan infonya,sebelumnya saya pernah melakukan cara" diatas dan bahkan lebih,aplikasi di bb saya sedikit,bahasa sudah saya hapus,log dll secara rutin saya hapus,tp aplication storage saya cepet sekali habis,bahkan sampe pada 0.00kb,udah bingung saya harus gmn lg..mohon pencerahanya gan.tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa sudah dicoba untuk delete contact yang tidak related lagi dengan pembaca ?

      BBM sangat concern dengan Media Sosial dan ada kemungkinan otomatis mengupdate / mendownload data-data dari internet untuk disimpan.

      Apakah sudah di coba untuk mengurangi aplikasi media sosial yang tidak diperlukan lagi?

      Hapus
  2. Sudah saya lakukan gan,untuk apps sosmed smua sudah saya non aktivkan,tp storage aplication cepet bgt habisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau penulis boleh kasih saran, di hard reset saja Blackberry mungkin ada beberapa aplikasi pada saat di install dan di uninstall, masih ada di handset dan masih melakukan sinkronisasi yang memerlukan space

      Hapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::