Advertorial Bisnis Online

Meningkatkan Application Storage pada BB Curve 9300

Meningkatkan Application Storage pada BB Curve 9300







Beberapa waktu lalu, rekan penulis mengeluh bahwa BlackBerry Curve 9300 yang dia gunakan tidak bisa lagi di install aplikasi tambahan padahal dia sudah membeli memory card yang jauh lebih besar kapasitasnya dibanding memory card asli yang didapat pada saat pembelian awal.

Dia juga memberikan informasi bahwa dia sudah melakukan seting yang diperlukan untuk memindahkan seluruh dokumen seperti image, mp3, wallpaper dsb dari phone memory ke memory card dengan harapan free space pada phone memory bertambah. Namun demikian rupanya hal ini kurang efektif karena berbagai aplikasi yang dia install pada BlackBerry nya tidak dapat dipindah ke memory card dan harus disimpan di phone memory.

Setelah bertanya kesana kemari dan tentunya dengan sedikit percobaan (trial and error) penulis kemudian mendapatkan salah satu trik / cara untuk meningkatkan free space pada application storage pada BlackBerry Curve 9300 dan penulis yakin cara ini juga dapat di aplikasikan ke tipe BlackBerry yang lain.

Sebelum penulis jelaskan cara untuk meningkatkan free space pada phone memory, penulis ingin berbagi ide dulu kenapa cara ini dianggap paling masuk akal dibanding harus men-delete aplikasi penting lain yang sudah terinstall sebelumnya.

BlackBerry yang kita beli entah dengan garansi TAM, Telkomsel, XL, Indosat atau apapun itu biasanya memiliki setting language Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris. Namun demikian rupanya BlackBerry secara default memiliki pilihan bahasa yang sangat banyak dan ini sudah ada di phone memory / application memory. Dengan kata lain, ada banyak sekali bahasa yang tidak akan kita gunakan dan pilihan bahasa tersebut sudah terinstall di BlackBerry kita. Inilah yang bisa kita hapus untuk mendapatkan free space pada phone memory / application memory BlackBerry.

Caranya cukup mudah, pengguna dapat memilih menu setup pada pilian menu utama BlackBerry lalu memilih language pada sub menu personalization. Pada halaman yang terbuka, kita bisa melihat setting manage language dengan penjelasan "Select only the languages you use and click Update". Nah terlihat bukan bahwa ada banyak sekali pilihan bahasa yang tidak kita gunakan pada BlackBerry kita?

Untuk menghapus bahasa yang tidak kita gunakan seperti Italy, French, dll kita diminta untuk mencentang bahasa yang kita gunakan saja lalu klik update. Cara ini akan menghapus bahasa yang tidak digunakan dan tentunya kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan yaitu free space pada phone memory / application memory sebesar kurang lebih 40 MB. Cukup besar bukan?

Lalu bagaimana cara mendapatkan kembali pilihan bahasa tersebut?

Kalau anda memang berniat untuk menginstall kembali bahasa-bahasa yang sebenarnya tidak mungkin digunakan tersebut, anda bisa mengikuti blog ini untuk membaca tips berikutnya :D



baca juga tips kami untuk Meningatkan Application Storage pada BlackBerry karena termakan file others

6 komentar:

  1. terima kasih banyak,,, bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. @tebe gilang :

    terima kasih kembali, pengalaman ini kami tulis sekedar berbagi pengalaman dan solusi bagi yang membutuhkan

    Baca juga tulisan kami tentang blackberry application storage untuk menghasilkan space lebih banyak

    BalasHapus
  3. mksh gan infonya,,,salam kenal

    BalasHapus
  4. @kincow

    Terima Kasih kembali, kami senang informasi ini berguna bagi pembaca sekalian

    BalasHapus
  5. Informasi yang sangat bermanfaat 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, kami sengaja melakukan sharing untuk membantu pembaca internet yang membutuhkan informasi peningkatan application storage blackberry

      Hapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::