Advertorial Bisnis Online

Cara Aktifasi Windows 8.1

Selamat bila pembaca telah berhasil melakukan instalasi Windows 8.1. Setelah instalasi ini sebetulnya ada satu step lagi yang cukup menantang yaitu melakukan aktivasi software Windows 8.1 itu sendiri.

Windows 8.1 yang telah terinstall tidak teraktivasi secara otomatis, oleh karena itu kita harus melakukan aktivasi kembali bila ingin menggunakan fitur windows 8.1 secara lengkap sepertim mengganti profile, wallpaper dan masih banyak lagi.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara mengaktifasi Windows 8.1? Nah masih ingat kan product key yang dimasukkan pada saat instalasi Windows 8.1, kali ini anda membutuhkannya lagi :D

Sebelum melakukan langkah dibawah sangat disarankan untuk melakukan proses disable semua jaringan internet dengan mengaktifkan modus air plane mode atau memutus jaringan wifi atau internet lan atau modem. Aktifkan command promt dengan hak akses administrator, caranya adalah dengan menekan tombol windows dan ketikkan cmd. akan ada pilihan run as administrator, klik saya pilihan tersebut. Pada jendela command promt ketikkan :

slmgr.vbs -ipk [product key] (masukkan tanpa tanda kurung siku)
slmgr slui 4

Akan muncul jendela aktivasi windows seperti gambar sbb :

Setelah itu telp ke nomor +448000188354 dengan menggunakan skype, penulis menyarankan untuk menggunakan headset supaya lebih jelas suara yang kita perlukan.

Saat menelpon, Mesin IVR (Interactive Voice Recorder) akan meminta kita menulis angka tertentu, tekan angka tersebut menggunakan dial pad yang ada pada skype (atau tekan dengan nomor pada keyboard, bukan keypad).



Mesin kemudian menanyakan 9 set nomor ID yang harus dimasukkan seperti gambar dibawah :



Masukkan seluruh nomor tersebut lalu mesin akan menjawab kembali ada 9 blok nomor yang harus kita masukkan sebagai confirmation ID untuk mengaktifkan windows 8.1.

Saran penulis, catat nomor tersebut di notepad atau di kertas. Lalu ulangi kumpulan nomor dimaksud dan diinput pada system windows 8.1 satu persatu.


Setelah selesai, cocokkan inputan kita dengan catatan pada kertas lalu tekan tombol activate windows. Selamat Windows 8.1 sekarang sudah aktif.



Cara memeriksa apakah benar sudah aktif atau tidak adalah dengan menjalankan command slmgr /xpr pada command promt dan lihatlah jendela konfirmasi yang keluar.
O iya beberapa sumber menyampaikan bahwa aktivasi melalui Skype sudah tidak bisa digunakan kembali. Sumber tersebut tidak benar karena penulis per 30 Januari 2014 masih menggunakan Skype untuk aktivasi.

Satu hal yang pasti dengan menulis bahwa Skype tidak bisa digunakan, maka pembaca internet akan mencari sumber lain atau "jasa aktivasi windows 8.1" dengan membayar sejumlah uang kepada penyedia jasa padahal sebenarnya tidak perlu dilakukan.

O iya sangat disarankan untuk membeli software asli, jangan gunakan bajakan. Kalau ada yang masih kurang jelas, boleh bertanya di kotak komentar.

Sumber : pengalaman pribadi :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::