Advertorial Bisnis Online

Install Windows 8 dari USB

Ketika membeli laptop, pertimbangan akan harga laptop, berat laptop, ukuran laptop dan daya tahan laptop pastinya menjadi hal yang sangat penting. Satu hal penting lain adalah ada tidaknya Sistem Operasi yang telah terinstall di dalamnya. Apabila harga menjadi pertimbangan biasanya kita memilih untuk menginstall sendiri sistem operasinya menggunakan CD atau DVD.

Pertanyaan pun berkembang bagaimana bila laptop kita tidak memiliki CD atau DVD reader? Nah ternyata kita bisa menginstall Windows dengan menggunakan USB Flash Drive. Berikut adalah beberapa hal yang diperlukan untuk install Windows 8 dari UBS Flash Disk.
  1. Iso Image Windows 8 (bisa didapatkan di toko resmi ataupun download dari internet)
  2. Program Rufus (rufus_v1.2.0.exe)
  3. USB Flash Disk 8 GB

Setelah pembaca memiliki dua buah file tersebut pasang USB Flash Disk dan jalankan program rufus_v1.2.0.exe, gunakan hak akses administrator bila menggunakan windows vista, windows 7 dan windows 8.
 

Tampilan Rufus pada saat dijalankan adalah sbb :






 


Pilih Windows 8 iso images yang telah didapatkan sebelumnya dengan klik logo DVD drive dan tekan start. Selanjutnya Rufus akan melakukan format pada Flash Disk dan mengcopy seluruh isi Windows 8 ISO ke Flash Disk namun sebelumnya akan muncul peringatan bahwa seluruh content yang ada di Flash Disk akan terhapus.

Klik OK lalu proses akan berjalan seperti tampilan dibawah ini :





 
Bila proses telah selesai maka Windows 8 dapat diinstall dengan menggunakan Flash Disk dengan sebelumnya melakukan seting bios agar melakukan boot dari USB.

O iya flash Disk tersebut masih bisa digunakan untuk menyimpan file lain, namun file windows 8 yang asli jangan terhapus. Selalu simpan file tersebut karena suatu saat bila terjadi Blue screen pada Windows 8 pembaca akan sangat memerlukannya :D
Sumber : pengalaman pribadi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::