Advertorial Bisnis Online

Tips Aman Transaksi di ATM

Masih ingat beberapa cara pembobolan ATM yang di posting beberapa tahun lalu ? Nah kali ini penulis ingin sharing pengalaman untuk melengkapi peningkatan keamanan dalam melakukan transaksi di Mesin ATM.

Jangan beritahukan PIN ke siapapu.

Sudah jelas bahwa nomor PIN adalah nomor yang wajib untuk dirahasiakan. Seluruh pengambilan di ATM dengan menggunakan kartu yang sah dan nomor PIN yang benar adalah murni kelalaian nasabah, untuk itu kita harus selalu menjaga kerahasiaan nomor PIN dengan cara tidak menggunakan tanggal lahir sebagai nomor PIN atau menulis nomor PIN di dalam dompet.

Pada saat memasukkan PIN, jangan lupa untuk menutup tangan dengan badan dan salah satu tangan yang lain sehingga tidak ada orang ataupun kamera tersembunyi yang merekam nomor PIN yang telah dimasukkan.


Pastikan Slot Tempat Kartu Aman 

Sebelum melakukan transaksi di ATM, pastikan bahwa slot tempat memasukkan kartu telah aman. Terkadang ada alat khusus pembaca magnetic stripe yang ditempelkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengatasi hal ini cobalah untuk menarik atau menggoyang ujung tempat memasukkan kartu. Bila ada perangkat yang lepas atau goyang, ada kemungkinan mesin ATM tersebut tidak aman untuk digunakan bertransaksi.

Pastikan juga tidak ada benda asing yang mengalangi slot tempat kartu seperti batang korek api , peniti atau benang. Benda asing tersebut biasanya sering digunakan sebagai modus kartu tersangkut oleh pelaku. Dalam keadaan panik, nasabah yang bertransaksi akan diarahkan oleh pelaku lain yang bersiaga di sekitar mesin ATM untuk menghubungi nomor call center palsu dan call center tersebut akan meminta nomor PIN. Ketika Nomor PIN telah didapatkan, pelaku dapat saja langsung mengambil kartu dan melakukan transaksi di mesin ATM dengan menggunakan nomor PIN tersebut.

Periksa Keyboard ATM

Salah satu teknik mengetahui nomor PIN adalah dengan menggunakan perekam keylogger yang diletakkan diatas keyboard ATM menutup keyboard ATM yang asli. Pastikan keyboard ATM tidak dimodifikasi dengan cara menarik keyboard tersebut. Bila terlepas maka ada kemungkinan keyboard tersebut telah dimodifikasi.

Keadaan Sekitar ATM

Pastikan keadaan sekitar ATM relatif aman sebelum bertransaksi. Pelaku dengan kekerasan biasanya memaksa masuk setelah kita memasukkan PIN dan menguras seluruh rekening dengan cara transfer, tarik tunai atau bahkan pembelian pulsa yang memang tidak ada batasannya di ATM.

Carilah ATM lain bila keadaan sekitar dirasa tidak aman atau carilah bantuan Satpam apabila anda ingin bertransaksi di ATM tersebut.


1 komentar:

  1. JIKA ANDA BUTUH ANGKA JITU 2D.3D.4D SGP& HK DI JAMIN100% TEMBUS SILAHKAN HUB KI-RONGGENG :(085256200352)ATAU KUNJUNGI WEBsite ASLI {KLIK} http://kironggeng.blogspot.com terimah kasih///////

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::