Advertorial Bisnis Online

Dari mana musisi mendapatkan uang?

Pembaca yang angkatannya sama dengan saya pasti pernah melihat tayangan TV yang menampilkan video klip dari musisi terkenal. Lagu - lagu lama tersebut sampai sekarang masih saja di daur ulang dengan jenis musik yang benar-benar baru sebetulnya apakah mereka masih untung?

Sebetulnya mereka masih untung ! Ya betul masih untung, lalu dari mana saja mereka mendapatkan uang?
Berdasarkan pantauan penulis, aliran uang yang masuk ke musisi biasanya berasal dari dua hal yaitu job manggung dan royalti


Job Manggung

Top survey paling atas terkait asal muasal uang yang masuk ke dompet musisi adalah dari tawaran untuk mengisi acara atau yang terkenal dengan job manggung. Kontrak bisnis seperti ini sangat menguntungkan karena dengan bekerja beberapa jam (bisa di layar TV, bisa di acara live konser dsb) nilai kontraknya sangat tinggi.


Royalti Musik

Royalti musik berasal dari penjualan CD ataupun kaset (jaman sekarang mungkin sudah gak ada) yang dilabeli oleh perusahaan musik seperti sony music, universal music. Kalau melihat label perusahaan, mungkin dulu banget ada PADI dengan judul andalan Sobat yang masih berlabel indie berupa kaset kompilasi.

Perkembangan jaman membuka peluang bagi provider telekomunikasi menjual hak intelektual musisi dalam bentuk ringbacktone ataupun ringtone. Dari sini provider telekomunikasi membagi hasil penjualan antara label dan provider telekomunikasi. Label yang tugasnya membagi royalti milik musisi.

Seiring perkembangan jaman penjualan kaset, CD dsb mungkin mulai menurun. Saat itu iCloud mulai booming karena penjualan lagu bisa dilakukan per lagu. Hal ini menguntungkan kedua belah pihak, dari sisi pembeli lebih murah karena biasanya dari satu kaset atau CD, lagu yang bagus hanya beberapa saja. Sedangkan dari sisi musisi bisa lebih untung karena penjualan meningkat dan mungkin 1 lagu jatuhnya lebih mahal dibanding kalau dijual per CD / Kaset.

Saat ini perusahaan label maupun musisi sudah melirik hal lain yang juga menguntungkan yaitu iklan! Iya betul, iklan yang saya maksud adalah iklan dari google. Perusahaan label mulai mengupload video clip yang diproduksi di media youtube. 

Tidak tanggung - tanggung, iklan youtube mungkin saat ini menjadi sumber utama musisi yang berasal dari royalti. Coba perhatikan musik dari justin timberlake berikut :

 

Jumlah view lagu diatas mencapai 425 juta bayangkan kalau tiap 2 view ada iklan masuk dari Google Adword dengan nilai iklan $0.10? Kira-kira jumlah uang yang masuk sekitar $21,25 juta dolar kalau dirupiahkan dengan kurs 10.000 saja kira-kira nilainya mencapai 212,5 Milyar untuk satu lagu ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::