Advertorial Bisnis Online

Tips Mencairkan Western Union

Masih seputar bisnis online dan google adsense, rasanya semenjak tahun 2012 penulis belum pernah sharing cara pencairan Google Adsense melalui Western Union. Sudah beberapa kali sih mencairkan namun rata-rata dicairkan di Kantor Pos dan tidak bisa di BRI Unit, apa lagi Indomaret!

Pertama mencairkan Google Adsense sudah lama banget, padahal waktu itu hanya bermodalkan fasilitas Google Search, lamanya menunggu payout minta ampun belum lagi cemooh keluarga yang menurunkan motivasi dengan kata mutiara sadis "gak mungkin bisa dibayar google!".

"Sekalinya dibayar baru deh mereka ikut jejak saya"

Lanjut ya mengenai cara mencairkan western union dari Google Adsense.

Sebetulnya pembayaran Google Adsense melalui western Union dapat dicairkan di seluruh rekanan western union di Indonesia. Ada yang berupa agen resmi berbentuk rumah (namanya juga agen), tetapi ada juga skala besar seperti Kantor Pos, Bank BRI maupun Indomaret.


Pencairan Google Adsense di Bank BRI

Di Tahun 2017 ini penulis pernah mencoba mendatangi Bank BRI namun ternyata fasilitas Western Union di Bank BRI sudah lama tidak aktif alias mereka sudah tidak melayani pembayaran dan pengiriman uang melalui Western Union. Mungkin Bank BRI sendiri mengembangkan pengiriman uang ke luar negri, begitu pikir saya ^.^


Pencairan Google Adsense di Indomaret

Western Union sebetulnya bisa dicairkan di Indomaret, terbukti banyaknya indomaret yang memampang tulisan western union segede gaban dibawah logo Indomaretnya sendiri. Namun demikian menurut pengalaman penulis, tidak semua indomaret yang memiliki stiker western union mau dan mampu mencairkan western union dari Google Adsense.

Pertama yang saya sebut mau adalah, kadang mereka tidak mau repot melayani pencairan Google Adsense lalu dengan enteng akan bilang form nya habis, Western Union sedang error dsb. Kedua yang saya sebut tidak mampu adalah belum tentu kepala toko atau tim kasir yang saat itu jaga, bisa melayani pencairan western union T.T

Saya pribadi lebih suka sesuatu yang handal, maka dari itu mulai sekarang penulis tidak mau mencairkan Google Adsense via Western Union di Indomaret ^.^


Pencairan Google Adsense di Kantor Pos

Nah ini dia pilihan handal saya untuk pencairan Google Adsense, Kantor POS! Kantor Pos sendiri buka di jam kerja. Rata-rata minggu tutup namun sabtu masih buka, lumayan cukup lah pencairan Google Adsense di hari Sabtu bagi pekerja seperti saya.

Cara pencairannya cukup mudah kok, pembaca hanya perlu membawa beberapa hal sbb :
  1. Kode MTCN (Money Transfer Control Number)
  2. Data pengirim (cukup nama dan alamat saja)
  3. Data penerima (penerima datang sendiri, tidak bisa dikuasakan)
  4. Menunjukkan kartu identitas asli yang masih berlaku (e-KTP)
  5. Menyerahkan dua lembar fotokopi e-KTP.
Setelah membawa 5 data tersebut, kita hanya perlu mengisi form dibawah ini :

gambar western union kantor pos
Form Western Union Kantor Pos (klik to enlarge)
Setelah semua terisi, petugas Kantor Pos akan memproses pemabayaran Western Union melalui aplikasi agen WU yang mereka miliki. Kita mungkin dipersilahkan menunggu sembari mereka menghitung nominal uang yang akan kita tarik. Bila nominalnya terlalu besar dan Kantor Pos tidak memiliki Cash, bisa saja permohonan pencairan kita ditolak T.T

Saran saya datang ke kantor pos agak pagi, mereka mungkin masih memiliki tunai yang kita perlukan. Bila memang kita mencairkan Google Adsense dengan nominal lebih dari $200 sebaiknya menggunakan transfer bank saja ya ^.^ Apa itu Bank Transfer, saya jelaskan di lain waktu ya hehe biar stay tune disini lah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::